Friday, February 18, 2011

Reward


As a person...tunggu...diganti Bahasa Indonesia. Sebagai seorang manusia hehehe...sebagai seorang manusia, gue berasumsi bahwa gue adalah manusia yang baik, pengertian, penuh kasih sayang, perhatian, murah hati, dsb. Dan sejauh ini sih...kayaknya sih iya hahaha...

Tapi tadi temen gue cerita, bahwa beberapa hari yang lalu dia naik taksi blue bird dan tas sepatu (yang isinya sepatu) dia ketinggalan di taksi. Waktu gue tanya kenapa sampe bisa ketinggalan, jawabannya adalah karena tukang taksinya nyebelin (argo 10rb, dibayar 50rb minta kembalian 40rb, tukang taksinya ngoceh minta langsung dibayar 10rb aja, temen gue bilang kalo enggak ada uang 10rb, tukang taksi kemudian ngasih 40rb sambil ngedumel gitu) dan temen gue juga kebetulan lagi bbm temen gue yang lain. Alhasil temen gue jadi buru-buru keluar dari itu taksi.

Taksi Blue Bird menurut gue adalah taksi yang memang dapat dipercaya. Meskipun mungkin banyak keluhan (biar bagaimanapun juga kan tergantung sopir taksinya itu sendiri), buat gue Blue Bird tetep yang terbaik. Jadi begitu gue tahu bahwa taksi yang dinaikin temen gue itu adalah Blue Bird, ya gue jelas kecewa dan gue langsung usul supaya temen gue kudu lapor. Temen gue lapor sih ke pihak Blue Bird, tapi laporannya adalah untuk barang yang hilang, padahal gue berharap dia lapor karena tingkah laku sopir. Hm...jadi inget temen gue yang lain juga pernah 'lapor' ke koran langsung hahaha...

Tadi temen gue ini cerita kalo ternyata tas sepatunya ketemu dan akan dianter ntar ke kantor dia (gue berasumsi sih ke kantor dia ya, karena gue enggak nanya lebih lanjut) dan temen gue ini nanya, mau dikasih duit berapa sopirnya.

Gue langsung bilang, enggak usah.

Hahahaha...

Dulu waktu Sufei tidak sengaja meninggalkan 3 (TIGA) hp nya di taksi, gue enggak mencegah dia untuk ngasih duit dan beliin buah. Kenapa? Karena kita berhubungan langsung dengan si sopir dan si sopir secara khusus janjian ketemu dengan kita untuk ngembaliin itu HP.

Sedangkan untuk kasus ini, sopirnya ngembaliin itu barang hari ini karena kemaren dia libur dan baru masuk hari ini. Plus temen gue itu gak suka sama perilaku sopir kemaren. Buat gue sih lucu kalo hari ini temen gue berbaik hati memberi reward duit. Yah gak tau juga ya apakah akhirnya temen gue jadi ngasih duit apa enggak :D

Tapi, karena jawaban gue itu mau enggak mau gue jadi mikir. Sejauh mana sih, kita kudu/wajib/harus memberikan reward? Kayak tadi pas pergi sama bokap nyokap ke Emporium Pluit. Biasa tukang parkir. Udah ada tulisannya 'no tipping', tapi tetep aja bokap ngasih duit, alasannya karena dikasih parkir dan itu tukang parkir berdiri deket mobil. Bukannya itu emang udah kerjaan dia ya? Mencarikan parkir dan membantu parkir? Apalagi udah ada tulisannya 'no tipping', jadi yah...buat gue agak aneh juga.

Bukannya gue enggak setuju dengan pemberian reward. Bukan itu. Tapi 'kan kudunya ada...apa ya...yang diberikan reward juga kudu menunjukkan sikap bahwa dia memang pantas dan layak untuk diberikan reward atau tip. Kan udah ada tuh etikanya. Kapan atau berapa banyak tip yang kudu diberikan.

Contoh paling gampang, kalo pergi ke restoran atau ke salon. Duluuuuu, gue enggak pernah ngasih tip ke salon, tapi sekarang ngasih. Dan kalo ke restoran, gue liat apa di tagihan udah ada service charge apa belum. Kalo udah ada, gue biasanya enggak ngasih lagi KECUALI emang gue sering banget manggil tuh waiter/waitress dan minta ini itu. Inget banget gue waktu pergi makan sama sepupu2 gue, berhubung datengnya enggak bareng jadi kan ordernya juga enggak bareng, mana nambah mulu, jadi kan waitress nya bolak-balik ke kita, dan ya kita tinggalin tip. Dan sepupu gue langsung bilang ke waitress yang emang ngelayanin kita kalo tip nya buat dia, bukan untuk yang lain (karena kan kadang yang ngeberesin meja bukan yang ngelayanin kita).

Menurut buku yang pernah gue baca soal etika (dan nonton Oprah) tip itu kurang lebih 10% dari total biaya yang kita keluarkan. Jadi misalkan total makan adalah 50ribu, ya tip nya 5rb. Minimal lah 5rb. Tapi, tip juga diberikan kalo kita PUAS dengan pelayanan yang diberikan. Jadi ya kalo enggak puas, jangan kasih tip. Pernah gue seperti itu. Cuma lupa dimana. Suer enggak gue kasih tip hahaha...

Tapi menurut nyokap gue (yang pernah ikut pelajaran etika, dibayarin kantor, dan gue sama adek gue ikut kecipratan dikit), yang namanya tip ya sukarela mau ngasih berapa. Cuma kalo sekarang sih suka enggak gue kasih, apalagi kalo udah ada yang namanya service charge hahaha...

Dan kalo udah ngomongin reward atau tip, gue jadi berasa kayak orang jahat yang tidak murah hati...padahal gue merasa bahwa gue orang baik .... hahahaha... yah tiap orang 'kan beda-beda ya? Sama kayak ada orang yang dengan rela memberikan uang ke pengemis, sementara yang lain memilih untuk tidak memberikan uang sama sekali.

I think this is who I am...

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com