Tuesday, August 6, 2013

Black Dagger Brotherhood - J. R. Ward







So...it's August already...

It's been awhile since I review a book or even read a book.  This time..3 books at once hahaha...Dont know why, but after I read these 3 books, I just feel like writing some review or what I think about these books.

Seperti yang bisa dilihat, ini buku berseri.  Black Dagger Brotherhood, atau disingkat BDB, karangan J. R. Ward.  Buku ini sempet "disinggung" oleh Mia, di bagian comment, waktu gue ngebahas (review) buku karangan Lynsay Sands. Kenapa BDB disinggung oleh Mia, karena buku ini kurang lebih memiliki latar belakang yang sama dengan buku karangan Lynsay Sands tersebut.  Vampire.

Yup.  Mahluk penghisap darah dan bertaring.

Jujur, dan gue enggak tau apa udah pernah gue singgung apa belum, gue termasuk yang suka dengan cerita vampire.  Apalagi waktu itu baca buku karangan Anne Rice "Interview with the Vampire".  Man! Love it! Inget banget baca tuh buku sampe ketakutan banget, karena tegang banget.

Tapi kemudian muncul Twilight....buyar dunia vampire gue hahahaha.

Twilight bisa jadi "merusak" citar vampire di mata gue, tapi di satu sisi, gue seolah-olah jadi kayak melihat bahwa you're allowed to have more than one kind of vampire.  Namanya juga mahluk khayal...mahluk gaib, jadi kayak enggak ada acuan baku soal vampire.

Setelah sebelumnya baca karangan Lynsay Sands punya cerita soal vampire, yang mana merupakan manusia tapi keturunan Atlantis, J. R. Ward punya vampire beda lagi ceritanya.

Menurut J. R. Ward, vampire merupakan species yang berbeda dari homo sapiens alias manusia.  Untuk bertahan hidup, vampire harus minum darah vampire lain yang berlawanan jenis.  Darah manusia bisa untuk bertahan hidup, tapi tidak untuk jangka waktu yang lama.  Vampire tidak bisa 'merubah' manusia melalui gigitan atau transfusi, meskipun untuk beberapa kasus vampire bisa memiliki keturunan dari spesies lain.  Vampire bisa menghilang sekehendak mereka, meski untuk melakukannya mereka harus tenang dan konsentrasi, serta tidak boleh membawa barang yang berat.  Mereka bisa menghapus ingatan manusia, dengan catatan ingatannya merupakan ingatan jangka pendek.  Beberapa vampire bisa membaca pikiran.  Usia vampire bisa mencapai ribuan tahun, bahkan hingga lebih.

Kesimpulannya, vampire adalah mahluk hidup.  Sama seperti manusia, cuma spesies yang berbeda.  

Sejauh ini, sudah 11 buku BDB yang keluar.  Gue baru baca 3, mau baca buku 4 dan 5, dan sayangnya di rumah cuma ada sampe buku 6.  Pembelian buku BDB terhenti karena gue belum sempet baca dan gue lupa udah sampe buku berapa yang gue punya.  Sangking enggak ingetnya, buku nomor 4 malah sampe kebeli 2x.  Hieh.

So...BDB bercerita tentang vampire yang termasuk kelas warrior, yang bisa dibilang keturanan raja, atau royalty.  Mereka berbeda dari civilianWarrior merupakan mahluk pilihan, yang memang bertugas melindungi dan menjaga kaum vampire dari kepunahan.  Yang menurut gue berbeda dari buku Lynsay Sands adalah, BDB ini punya musuh, Lesser Society atau lesser yang memang bertujuan membasmi para vampire.  Di sini, kaum lesser merupakan antagonis nya, karena mereka adalah manusia yang telah menjual jiwanya, demi membunuh vampire.

Meskipun demikian, BDB tetep masuk kategori roman sih menurut gue hahaha.  Okelah, ceritanya tentang para vampir  warrior, yang digambarkan begitu...apa ya...so huge.  Muscle man lah istilah kasarnya.  Masing-masing begitu...kuat, perkasa, jagoan dalam urusan berkelahi/berantem/bela diri.  Dan tetap, masing-masing punya "demon" nya masing-masing.

Yang menarik buat gue sih sebenernya nama-nama mereka.  Ya ampun...namanya lho..Wrath, Rhage, Zsadist, Dhestroyer, Vishous, Phurry, dll...terus belum lagi istilah-istilahnya...whalker, ahvenge, sehclusion, dll...hahaha...buat gue sih...lucu aja.  Tinggal diselipin huruh 'h', jadi berubah deh.

Dan karena ceritanya ini tentang sekumpulan warrior, jadi bahasanya juga...ya begitu deh...f word bertebaran, meskipun tidak di mana-mana, tapi tetep ada. Itu cuma bagian percakapan ya...tapi untuk bagian narasi sih menurut gue masih normal.  

Yang berbeda lagi adalah, menurut gue, masing-masing buku, meskipun menceritakan tentang salah satu brother, tapi cerita tentang anggota BDB yang lain juga tetep ada dan kisah-kisah mereka bener-bener berkaitan erat dengan cerita selanjutnya.  Jadi memang kudu baca dari awal (Dark Lover) baru ke akhir.  Sejauh ini yang gue liat, buku 1 bisa lah berdiri sendiri, karena kisah Wrath dan Beth memang 'selesai', tapi buku 2 dan 3, bisa dibilang menurut gue bener-bener bersambung, karena ending buku 2 ngegantung banget dan baru dilanjutkan di buku 3, baru kemudian 'selesai'.  Enggak tau buku 4 dan 5 gimana.

Sejauh ini, gue menikmati banget baca buku ini (3 buku dalam waktu 2 hari!).  Ikut ngerasain 'sakit hati', ikutan sedih pas ada adegan yang emang menyayat hati, dan ketawa pas bagian para anggota BDB saling guyon.  Komplit lah.

Gue gak tau apa ini ada terjemahan Bahasa Indonesianya apa enggak, karena buat gue ini cerita yang bagus dan lumayan berbeda.  

So yeah...Mia akhirnya buku ini dibeli dan dibaca juga, dan ternyata menarik untuk diikuti...

1 comment:

Anonymous said...

Aq baru pertama baca nih bdb #5 ...omg, seneng bgt, ampe baca berkali2, ya ampun baru tau ada buku beginian, akhirxa aq beli seri sebelumnya, ya ampun V, knp ms.ward ga ngasih kesempatan bt V nice life after terrible things happen .. kykxa ga adil, mgkn buku berikutxa mudah2 muncul keadilan..

Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com