Tuesday, September 8, 2009

Rumah

Gue rasa, istilah jodoh atau fate itu enggak sekedar untuk urusan asmara, tapi bisa untuk banyak hal. Salah satunya adalah rumah.

Gue tinggal di rumah yang sekarang ini, di Kelapa Gading, udah sejak lahir. Sejak bonyok married (gue lahir di tahun yang sama), sampe sekarang, sampe udah melewati berbagai banjir, tetep aja tidak mau berpindah dari nih rumah (ataupun dari lingkungan Kelapa Gading).

Gue dan adek gue, cukup tahu lah 'sejarah' nih rumah. Kata-kata hoki/beruntung tuh erat banget dengan nih rumah. Gimana enggak, orang bonyok gue cuma tinggal bawa koper doang. Paling tinggal beli peralatan elektronik dan kompor. Semua furniture di rumah itu udah ada. Udah gitu, furniture-nya tuh dari bahan kayu, yang sepertinya, memang dibikin/didesign khusus untuk itu rumah.

Dan harga tuh rumah 7 juta.

Yup. 7 juta. Gue sampe ketawa ngakak waktu bokap cerita, Tz sampe nanya berkali-kali ("berapa??!!") yang dijawab berkali-kali juga oleh bokap ("7 juta!!"). Tapi ya tetep lah...7 juta untuk ukuran tahun berapa??? 1979 bo! Gede juga lho itu.

Awalnya enggak mau beli, tapi udah terlanjur falling in love, dan ternyata sama si empunya rumah, boleh nyicil 2x. Apalagi, waktu akhirnya setuju untuk deal, bokap enggak ngasih DP sama sekali. Jadi bener-bener based on trust! Padahal, anak yang empunya dah gak ngasih dan suruh batal aja. Gue gak tahu kenapa tuh anak gak ngasih, apa karena terlalu rendah atau karena bayarnya nyicil. Tapi, karene si Tante (Oma kalo gue yang manggil) udah mengiyakan, dia berpegang teguh dengan kata-katanya. A deal is a deal.

Begitu tuh rumah terjual/terbeli, tinggal para tetangga yang bingung, karena ternyata, mereka juga udah nawar tuh rumah, gak pernah dikasih. Eh, pas bonyok gue yang nawar, langsung dikasih. Emang jodoh.

Dan gak brenti di situ. Kata nyokap, setelah rumah itu terbeli, dan pembayaran udah selesai, seminggu kemudian terjadi devaluasi. Ada pemotongan duit. Hieh...bayangkan coba! Hoki banget 'kan? Emang jodoh!

Terbukti sampe sekarang, Kelapa Gading jadi super besar, super makmur, super rame dan sepertinya banyak orang yang masih pingin ke Gading, meskipun kemaren kena banjir hahahaha. Nyokap sebenernya waktu itu udah nawarin, setelah banjir pertama yang dulu, sebelum renovasi, apakah mau pindah atau renovasi. Semua milih untuk renovasi. Alhasil, kita tetep di rumah yang lama, dengan design yang baru.

Yah setidaknya gue masih punya ingatan/kenangan akan rumah lama. Thanks to all those pictures dan memang kebetulan renovasi juga pas gue udah gede.

Jadi, emang bener kata orang. Beli rumah itu enggak bisa dipaksa. Nunggu jodoh.

:D

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com