Sunday, March 13, 2011

Electronik

Well...seharusnya gue bercerita soal Java Jazz yang kemaren itu berhasil gue datangi (AKHIRNYA!!) bersama dengan Geraldina...tapi, berhubung foto-foto (yang tidak seberapa) itu masih mendekam di dalam kamera, jadi gue rada-rada males untuk cerita hahaha...jadi dipending dulu ya...

Awal bulan ini bisa dibilang bener-bener...WOW buat gue.

Jadi ceritanya awal bulan kemaren my mom berhasil beli tv Sharp Aquos yang 32", beli mesin cuci LG (dengan kapasitas 7kg saja), ponsel Nokia C5-03 (yang touch screen), dalam satu hari saja. Ckckckckc....tinggal gue yang geleng-geleng kepala. Memang sih, TV itu dia udah ngincer dari jaman dahulu kala...dan akhirnya kemaren beli karena lagi ada diskon. Mesin cuci juga sama. Beli karena lagi ada diskon (plus gue janji kalo ada mesin cuci gue yang bakal pake tuh mesin cuci bukan pembantu hahaha). Jadi ya sudah lah.

Eh apa mau dikata, ternyata rak tv yang di bawah, kurang tinggi. Jadi, terpaksa tv baru ditaro di atas, yang berarti jadi 'hak milik' gue sama adek gue hahahaha...dan nyokap kudu beli lagi. Sekarang kudu nabung lagi.

Dan tadi, gue sekeluarga pergi ke pameran fotografi karena gue minta supaya bokap beli kamera baru. Kamera dua biji di rumah ternyata kurang, apalagi kalo semua lagi pada pergi keluar kota dan merasa perlu untuk membawa kamera.

Setelah lihat kanan kiri, pilihan jatuh pada Panasonic Lumix atau Canon. Tetep memilih yang compact, bukan SLR.

Speaking of camera, jujur aja, gue pingin banget kayak orang-orang sekarang ini yang pada bergaya dengan kamera-kamera besar mereka, dengan lensa yang besar-besar. Keren gitu lho. Tapi kemudian gue yang jadi malu sendiri kalo gue ikut-ikutan kayak mereka. Lha gue gak ngerti apa-apa, kok ya berani-beraninya bawa/make kamera yang segede-gede gaban gitu? Jadi yah...lebih baik kembali ke yang compact saja :)

FYI, waktu itu yang beli tv tuh cuma gue sama nyokap. Dan seinget gue, belum pernah kita tuh beli yang namanya elektronik tanpa bokap. Kenapa? Karena urusan elektronik biasanya kan urusan bokap, dia yang banyak tanya ini itu, bisa sampe mendetail dan luamaaaaa banget dan akhirnya mengambil keputusan untuk beli or not. Nah kali ini bokap lagi enggak ada. Langsung gue mencari Angga. :D

Gue sendiri enggak inget kenapa gue milih untuk telpon Angga, mungkin karena di kepala gue dia ngerti soal komputer, jadi ya gue tanya-tanya. And it helped. A lot! Gue jadi tahu apa yang kudu dibeli, gue juga jadi tahu apa yang harus ditanya sama sales personnya dan akhirnya bisa mengambil keputusan untuk beli yang mana.

Hal yang sama juga terjadi sama waktu tadi beli kamera. Kali ini gue bertanya pada Eric. Kenapa Eric? Karena dia juga termasuk gadget mania(k) dan untuk soal kamera, dia emang ngerti jauh. Bokap sendiri sih ngerti. Dia ngerti banget soal istilah-istilah fotografi, dibandingkan gue yang emang buta.

Suer, tadi sempet pusing mau beli apa hahahaha...kebetulan emang cuma ada Sony, Canon, Nikon, Olympus, dan Casio. Casio langsung tidak menjadi pilihan. Sony, dengan berat hati juga tidak masuk pilihan. Kenapa tidak masuk pilihan? Karena 2 kamera terakhir kita Sony, kalau malam atau kurang cahaya, hasilnya kurang terang, makanya kita berpikir untuk beralih.

Berhubung Panasonic tidak ada, maka langsung lihat Canon. Kemudian melirik Nikon, tapi langsung disarankan untuk tidak dipilih oleh Eric. Too bad, karena ada satu yang gue taksir hahaha...apalagi warnanya merah, meskipun kalo beli enggak mungkin warna merah sih...kan bakal dipakai bersama. Jadi gak jadi lah beli itu Nikon.



Next Olympus. Dari yang disarankan Eric, jujur gue kurang tertarik. Mungkin karena penampilannya kali ya? Tapi kemudian kita lihat itu Olympus Pen yang baru itu. Dan harus gue akui, gue cukup tertarik untuk beli. Karena yah selain memang memiliki fitur SLR, seperti lensa yang bisa diganti-ganti, dia juga bisa automatic. Tapi ya itu...kudu belajar beneran. Karena harganya yang emang cukup tinggi, nyaris seharga Canon seri EOS (yang mana memang SLR beneran). Wah ya jiper lah gue. Gak berani banget. Enggak deh kalo gitu. Dari penampilan emang standard banget ya? Kayak kamera jaman dahulu, tapi sebenernya udah digital. Menurut Eric, untuk sekarang ini Olympus yang memiliki image quality paling bagus untuk saat ini.


Setelah melakukan rundingan berempat, nyaris diambil keputusan untuk tidak beli kamera. What?! Tinggal gue yang bengong. Please deh...dah muter-muter, nanya kanan kiri, enggak jadi beli? Setelah gue 'agak ngotot' bilang kalo emang kudu beli kamera, akhirnya pilihan jatuh pada Canon Powershot SX30 IS.


Eric menyarankan Canon Powershot S95


Sayang banget, yang disarankan sama Eric ini barangnya lagi habis. Dari spesifikasinya, terlihat memang yang S95 ini lebih dibandingkan SX30, meskipun harga enggak tralu beda. Meskipun dari body gedean SX30 hahaha.

Trus sesudah lunch, gue mampir ke mangga dua untuk bertemu dengan Ingrid dan Angga, karena gue titip minta dicarikan speaker untuk PC gue. Dipilihin yang Altec Lansing aja gue! Kebetulan ada yang masih dalam range harga gue hehehe...jadilah tadi ditemenin beli. Dan hasilnya memang tidak mengecewakan!! Hahahaha...gue sampe terpana tadi waktu dengerin lagunya Chris Botti hihihihi...

Well..dari seluruh rangkaian perjalanan beli barang-barang elektronik ini...gue cuma bisa bilang bersyukur banget punya temen-temen yang emang ngerti sama elektronik. Gue jadi tidak tertipu atau salah memilih produk. Emang kudu cari tahu, banyak tanya, dan beli sesuai sama kebutuhan (dan kantong juga tentunya). Dan yang bikin gue malah jadi memorable adalah banyaknya info yang gue dapet dari temen-temen gue ini soal barang-barang elektkronik. Thanks guys :)


No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com