Wednesday, July 14, 2010

Sisterhood



Hahaha....nyari gambar sisterhood, ketemu gambar di atas, maen gue copy aja. Udah ditaro di sini baru baca :) agak kontradiksi ya kata-katanya?

Gue agak lupa apa sebabnya, tapi tadi tiba-tiga gue keinget sama buku karangannya Enid Blyton, serial Mallory Towers. Have you ever read that book? Have you ever read any books by Enid Blyton?

Enid Blyton merupakan salah satu pengarang buku favorit gue. Dulu, waktu masih SD, jamannya belum ada teenlit dan gue belum fanatik dengan buku bahasa Inggris (waktu itu belum ngerti bahasa Inggris), Enid Blyton adalah pengarang yang bukunya pasti gue beli dan gue baca. I just love her! Mau cerita dongeng, mau cerita bukan dongeng, pokoknya kalo yang ngarang Enid Blyton, pasti gue baca deh.

Dari sekian buku yang gue baca, salah satu yang menarik hati gue tentu serial Mallory Towers. Mallory Towers merupakan nama tempat, Menara Mallory, sekolah berasrama yang isinya putri semua. Karena settingnya sekolahan yang isinya cewek semua, jadi udah pasti banyak kejadian-kejadian seru di sekolah-asrama.

Mungkin gara-gara baca cerita ini plus denger cerita nyokap, gue jadi tertarik untuk sekolah di Malang pas SMA dan ikut masuk asrama. The decision I NEVER regret.

Tentu, sekolah di Malang dan kemudian masuk asrama bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tahun pertama di Malang, gue gak sabar nunggu waktu liburan untuk pulang. Ada libur seminggu aja, gue pasti balik Jakarta dan tiap kali kudu balik Malang, gue pasti nangis di kereta. Tapi tahun kedua dan ketiga, enggak pulang ke Jakarta pun enggak masalah hahaha...yang ada malah di tahun terakhir, pas mesti balik Jakarta for good, gantian gue yang nangis pas di kereta. Dan the next time gue liburan ke Malang, pas pulang Jakarta gue pasti nangis-nangis lagi :)

Kalo sekarang sih udah enggak. I think. :D

Yang bikin berat tinggal di asrama itu...tahun pertama ya...adalah soal betapa sepinya Malang itu. Jam 9 malam, jalanan udah pada sepiiii...belum kayak jam 1 pagi di Jakarta sih, tapi kayak udah jam 11 malam aja. Aktivitas udah nyaris gak ada. Tapi selebihnya sih, gue enggak gitu merasa terlalu terkekang...mungkin karena udah terbiasa dengan segala peraturan-peraturan?

Banyak yang gue pelajari selama 3 tahun di asrama. Salah satunya adalah...belajar tinggal bersama dengan orang lain selama 24 jam, 7 hari seminggu, dan (nyaris) 365 hari setahun. Butuh waktu 3 tahun untuk gue (dan temen-temen gue yang lain) untuk bisa merasa 'senasib sepenanggungan'. And let me tell you, it's not an easy job to do!

Kasarnya gini. Kalo kita punya temen, even our own best friend, kita ketemu paling cuma beberapa jam. Okelah kita ngobrol panjang lebar, cerita sampe bibir dower, dia tahu rahasia tergelap kita, dia mengerti kita jauh melebihi diri kita sendiri, tapi ya 'cuma' itu. Masih ada waktu atau saat dimana kita bisa sendirian. Masih ada yang namanya 'me time'. Bayangkan kalo kita harus tinggal bareng. WOW. Dan bukan itu aja. Kita juga kudu tinggal bersama orang yang lebih tua dari kita dan atau yang lebih muda dari kita.

Pernah, gue sama temen gue tuh ribut besar. RIBUT BESAR!! Berantem sampe teriak-teriakan. Alhasil, sama suster asrama gue, dibikin sidang bersama, khusus satu angkatan gue. Dibukalah forum dan semua saling menumpahkan uneg-uneg. Selesai dari situ, anehnya dan untungnya, kita malah jadi lebih deket.

Waktu itu gue enggak ngeh, tapi sesudah keluar dari asrama dan kemudian ikutan PSUT dan kemudian kenal dengan temen-temen gue ndiri, gue jadi ngeh. Tinggal bareng sama orang itu enggak gampang. Butuh 3 tahun (lengkap dengan adegan ribut, berantem, ngambek, saling iri, musuhan, plus kemudian baekan) bagi gue dan temen-temen angkatan gue untuk bisa kompak satu sama lain. Dan kuncinya, selain emang dibutuhkan pengertian adalah...apa lagi kalo bukan komunikasi :) karena kadang yang terjadi cuma gara-gara miscommunication. Halah. Capek deh!

Ada saatnya memang kita saling kesel, tapi ada kalanya kita memang saling tolong menolong dan stand together. Gue inget banget pas lagi 17 Agustus. Tanggal 18 'kan pasti masuk sekolah seperti biasa, dan anak asrama angkatan gue waktu itu sengaja ke sekolah dengan rambut dikuncir menggunakan pita merah putih. hahahaha...yang menolak pun kita paksa. Dan udah gitu, keluar dari asrama pun juga kudu bareng-bareng, biar keliatan kalo sengaja kembaran hahahaha...norak sih, tapi emang gitu lah anak asrama.

Sekarang semua kebanyakan udah pada married...ada yang udah punya anak juga, dan kita tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, dan ada juga yang di Aussie. Saling kontak mungkin udah jarang, tapi setidaknya thanks to FB kita jadi tetep tahu kabar masing-masing. Life go on.

Dan sekarang...gue punya sisterhood yang lain lagi. Yang sama-sama keras kepala, sama-sama mandiri, yang (untungnya) belum pada married hahahaha...cuma 1 yang udah married sedangkan yang laen belum. Jadi lega kalo ngumpul-ngumpul hahahaha....

Mungkin tulisan diatas kudu diganti jadi...Lovers may come and go, but friendship and sisterhood lasts forever :D

2 comments:

mia said...

*acung tangan dengan semangat*
Saya fans berat Enid Blyton. Malory Towers juga merupakan salah satu buku favorit pas jaman rok merah dulu :)
DIpikir-pikir beliau juga salah satu orang yang berjasa dalam kegemaran membaca nih :p Dan gara2 bacaan kecil itu sedemikian memorablenya juga kali sehingga sampai sekarang aku juga sering baca buku anak2 ala seri Anne of Green Gables :)

Masalah friendship, oh somehow i envy you guys. *baca persahabatanmu, sufei, rani, dll. In my life, well they do come and go, dan dibandingkan persahabatan kalian, persahabatan kami kurang begitu teruji sepertinya. Hehe.

Unknown said...

Hahahaha...kalo denger cerita dari Sufei, or baca cerita di blog emang kesannya seru banget ya? Yah emang seru sih, tapi yah up and down juga kok :)

Gak perlu sering ketemu or sering main or sering kumpul, selama masih saling kontak, tetep tahu kabar or gosip terbaru, tetep saling berbagi dan saling membantu, kayaknya itu juga udah termasuk persahabatan yang baik.

Kebetulan aja, kami udah kenal waktu di padus untar dan entah kenapa kok ya pada cocok. Dan semakin lama jadi makin tahu kalo masing-masing dari kami tuh selain punya sifat yang mirip (keras, mandiri, bossy, organisator), punya kegemaran yang mirip (mostly hobby musik, buku, dan film, latar belakang keluarga kita juga ternyata enggak beda-beda amat. Jadi yah kaget aja pas pernah mencoba untuk mengerti eh ternyata emang saling mirip satu sama lain. Jadi yah mungkin emang udah dipilihin Tuhan :D

Tapi tetep...kalo lagi ribut or berantem mah ya ribut aja. Apalagi kalo udah keseringan ketemu hahahaha...itu tandanya kudu break dulu untuk sementara baru deh abis itu bisa rukun dan mesra lagi hahahaha...

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com