Monday, May 2, 2011

Blessed Pope John Paul II



Tanggal 1 Mei 2011 kemaren merupakan upacara pengangkatan Paus Yohanes Paulus II menjadi seorang Beata atau dalam istilah Bahasa Inggrisnya, Blessed. Kalo dalam Bahasa Indonesia, gue agak kurang tahu apakah dipake istilah "Yang Terberkati" atau "Beata", tapi berhubung gue lebih sering denger istilah Beata, jadi tebakan gue yang dipake adalah Beata Yohanes Paulus II.

Beatifikasi merupakan pengakuan Gereja Katolik terhadap orang yang sudah meninggal yang menunjukkan bahwa individu tersebut telah berada di surga dan mampu memberikan bantuan bagi mereka yang berdoa atas namanya. Well gue terjemahin dari wikipedia sih gini...kalo ada yang lebih tepat, tolong kasih tau ya.. :)

Intinya sih, pengakuan bahwa individu tersebut mampu membantu menyampaikan permohonan kita ke Tuhan.

Beatifikasi merupakan proses ketiga dari empat proses yang ada sebelum kemudian menjadi Santo atau Santa.

Seharusnya, proses beatifikasi terjadi lima tahun sesudah individu tersebut meninggal. Yang artinya, sesudah lima tahun, barulah kemudian dicari bukti-bukti yang mendukung pernyataan bahwa orang tersebut layak dan pantas mendapat gelar "Blessed". Tapi karena pada saat Paus Yohanes Paulus II meninggal massa banyak yang berteriak "Santo Subito!" atau "Saint Immediately" atau "Santo sekarang juga!" maka Paus Benedict XVI tidak menunggu lima tahun, langsung melakukan proses beatifikasi.

Alhasil, 6 tahun sesudah kematiannya, Paus Yohanes Paulus II dinyatakan sebagai "Blessed".

Buat gue pribadi, cukup seneng bisa lihat sepenggal prosesinya di tv (lupa waktu gue) dan setidaknya yang gue liat adalah pada waktu pemberkatan itu terjadi.

Dan yang buat gue agak tercengang, meskipun seharusnya tidak, adalah adanya pengumuman yang meminta para hadirin untuk tenang, tidak mengibarkan bendera selama Ekaristi berlangsung. Dan mereka pun tenang. Wow... ya tau sih ini sedang dalam proses Ekaristi, tapi tetep aja...ini kita ngebahas 3000 orang lho...tapi ya...keren lah :)

Sekarang, tinggal menanti apakah Paus Yohanes Paulus II bakal menjadi Santo.



pictures taken from www.ibtimes.com

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com