Friday, May 10, 2013

Rapid Fire Question

Oke...mau norak dulu sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan yang buanyak hahaha...

Mau norak karena...udah pernah liat yang model kayak beginian (saling lempar pertanyaan) dan seru juga pas baca di blognya orang-orang dan biasanya makin lama makin banyak yang baca...karena biasanya pertanyaan tersebut bakal digulir ke orang lain...dan gue seneng karena akhirnya ada yang ngajak ikutan hahaha...

Hm...mau ngomong lebih banyak sih...tapi mungkin nanti aja kali ya hahaha...kebiasaan banget nih ngoceh...

So...let's the questions be asked and answered!

Oh...I got this from my friend...Mia...thank you darling!

1. nambah atau ngurangin timbunan?
sejauh ini selalu nambah dan jarang ngurangin timbunan.  Kecuali kalo memang pas lagi clean up buku-buku lama (yang biasanya adalah buku-buku lama jenis harlequin yand dibeli taun 2000-an dulu)

2. pinjam atau beli buku?
90% beli buku soalnya males kalo kudu pinjem, suka lupa balikin.  bakal nyesel kalo ternyata demen sama ceritanya, malah berasa sia-sia kalo kudu beli lagi karena merasa udah baca.  lebih rela beli buku dan kemudian dikasih ke orang kalau kemudian enggak suka sama ceritanya.

3. baca buku atau nonton film?
selalu lebih memilih baca bukunya dulu baru nonton filmnya, tidak pernah nonton filmnya dulu baru baca bukunya.  memilih langsung nonton filmnya kalau enggka suka sama bukunya, tapi tertarik dengan jalan ceritanya dan filmnya (contoh Hunger Games - dsytopia is not my cup of tea)

4. beli buku online atau offline (ke toko buku yang temboknya bisa disentuh)?
kalo untuk urausan komik dan buku lokal, udah pasti langsung ke toko bukunya.  kalo untuk buku luar, 50-50.  Kadang ke toko bukunya, kadang online.  online kadang bisa lebih murah dan pilihannya lebih banyak.

5. (penting) buku bajakan atau ori?
hahahaha....tergantung.  buku ori jelas lebih bagus, tapi mengingat harga yang enggak bisa dibilang murah, buku bajakan jelas menggoda, terutama untuk pengarang yang belum pernah dibaca sama sekali.  Ujung-ujungnya, kalau memang tertarik banget, pasti beli ori-nya, apalagi kalau berseri.

6. gratisan atau diskonan?
hm...belum pernah dapet buku gratisan, tapi enggak nolak kalo dikasih.  diskonan? udah pasti kalap dan udah pasti belanja.  acara diskonan biasanya merupakan kesempatan untuk beli buku yang awalnya ragu-ragu untuk dibeli.

7. beli pre-order atau menanti dengan sabar?
sejauh ini, buku yang selalu beli pre-order adalah Harry Potter series, lalu satu kali (karena udah enggak sabar) Percu Jackson and the Heroes of Olympus yang Mark of Athena, dan terakhir yang akan datang Dan Brown punya karena iming-iming harga lebih murah. Jadi kalo disuruh milih antara pre-order atau menanti dengan sabar...kecuali Harry Potter bakal keluar lanjutannya, lebih milih menanti dengan sabar...toh tanggal rilis itu buku tetep sama antara yang pre-order dan yang tidak hahaha

8. buku asing (terjemahan) atau lokal?
buku lokal dan hanya pengarang tertentu.  Semenjak kuliah, sudah jarang banget baca buku terjemahan, terasa asing di mata *halah*.  Lebih milih langsung baca buku lokal daripada baca terjemahan yang kadang suka nyebelin terjemahannya.

9. pembatas buku penting atau biasa aja?
termasuk jarang yang pake pembatas buku.  entah kenapa.  mungkin karena enggak telaten juga kali ya, jadi selalu dibiarkan begitu saja.  

10. bookmark atau bungkus chicki?
bungkus chicki?? OMG! hahaha...enggak lah.  enggak dua-duanya juga :D

pertanyaan dari Mia
1. Haruki Murakami atau Pearl S. Buck
huhuhu...belum pernah baca dua-duanya...tapi kayaknya enggak dua-duanya deh...Murakami sepertinya termasuk kategori bacaan berat dan S. Buck too much drama dan puanjang....

2. buku motivasi yay or nay? kalau iya apa?
buku motivasi? sebenernya sih nay, tapi sempet baca the secret dan ternyata suka juga, meskipun enggak tamat juga sih bacanya hahaha.  tapi the secret termasuk buku motivasi bukan? 

3. review buku yang panjang, pendek, atau sedang.  alasannya?
semua buku.  panjang, pendek, atau sedang enggak masalah.  Kalao bukunya memang termasuk yang pantas dipuji (atau dicaci maki) ukurang enggak jadi masalah hahaha...

4. buku yang paling berkesan (yang paling lucu? yang paling bikin mewek?)
wah apa ya? yang paling berkesan...The Gargoyle by Andrew Davidson.  terlalu kompleks untuk dijawab disini, tanpa membuat jawaban pertanyaan ini menjadi review buku The Gargoyle.

5. beli buku di mana, pilih salah satu dan apa alasannya. Amazon, Kinokuniya, Periplus, Book Depository, Better World Books?
haduh...cuma boleh jawab 1 ya? milih yang mana ya....soalnya semua udah pernah belnja, kecuali BWB.  Semua ada pro dan kontra nya...tapi kalo suruh milih mungkin Kinokuniya.  Kenapa? Karena ini yang pilihannya paling banyak dibandingkan Periplus.  Meskipun Book Depository lebih murah, tetep lebih seneng ke toko bukunya langsung hahaha...

ok...sekarang lima pertanyaan dari saya...
1. pernah nyoba audiobook? kalau belum, apakah tertarik? kalau sudah pernah, apakah masih tertarik?
2. selain alasan review dan/atau ringkasan cerita di cover belakang dan/atau nama pengarang, apa yang mendorong buku itu dibaca atau dibeli?
3. kapan saja baca buku? setiap ada waktu luang? sebelum tidur? atau ada waktu khusus?
4. buku apa yang dibaca langsung dari awal sampai akhir tanpa istirahat (kecuali untuk makan dan mandi dan urusan kamar mandi atau hal-hal emergency)?
5. buku apa yang meskipun ada versi filmnya tapi memilih untuk tidak menonton versi filmnya? Dan buku apa yang tidak dibaca tapi lebih langsung menonton filmnya?

yak demikian dari saya...RFQ ini saya lempar ke 3 orang saja, yang memang saya tahu mereview buku...semoga RFQ ini tetep bergulir...

Olivia at Little Red Riding Hood
Fica at It's Time to Read!
Elisa at Elle Goes Nerd - just for you...I think it's alright if you want to translate this RFQ into english :D


Kalo udah dijawab...let me know yahhhh.  Leave a comment on this post.

2 comments:

Anonymous said...

Aheeey, sudah dijawab!

Makasih Zeniaa, dan memang pertanyaan pertama itu yang terlintas di kepala, nah loh, ini jangan-jangan Zenia ga milih nih :p

Gargoyle sudah ada bukunya, tinggal dibacanya kapan aja nih,sekarang lagi malas baca YA - fantasi dan beralih ke thriller, lagi coba baca bukunya Jo Nesbo. Dirimu lagi baca apa?

Unknown said...

Lagi nyoba baca The Great Gatsby.

Berhubung lagi mau main filmnya, dan TGG katanya termasuk sastra modern, jadi penasaran sama bukunya. Kebetulan dapet audiobooknya...jadi mau coba digabung baca dan dengar :D

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com