Tuesday, May 25, 2010

Dogs - Pets


Tadi siang gue nonton Oprah Show, pas kebetulan lagi ngebahas soal anjing.  Di awal acara, Oprah nanya sama penontonnya, siapa yang bukan termasuk pecinta anjing.  Beberapa angkat tangan kemudian ditanyain alasannya kenapa bukan termasuk pecinta anjing.

Well...jujur, gue juga bukan termasuk pecinta anjing.  I DON"T hate dogs, I just don't LOVE dogs, seperti temen gue Sufei, yang bisa lebih galak ke orang yang jahat sama anjing dibandingkan kalo ada orang yang jahat ke orang lain.

Gue pernah berujar kalo gue enggak bakal ngasih ijin anjing untuk tinggal di rumah gue.  I know...never say never :) but that's what I want.

Soalnya menurut gue, punya anjing itu bukan pekerjaan yang ringan ataupun tanggung jawab yang enteng.  Hell, not just dogs, but PETS! Having pets is BIG responsibilty.  Kalo enggak sanggup dengan tanggung jawab seperti itu, lebih baik enggak usah.  Dan gue memilih untuk tidak menanggung tanggung jawab besar itu.

Dan kadang, orang-orang suka lupa akan tanggung jawab itu.

Rasanya gue perlu berterima kasih ke nyokap gue yang menjelaskan alasan kenapa gue enggak boleh punya anjing di rumah.  Mungkin karena gue sendiri juga enggak gitu terlalu pingin, tapi setidaknya nyokap ngasih alasan why she said no at that time.

Nyokap bilang, rumah kita kurang besar.  Anjing butuh tempat untuk bertumbuh dan lari-lari, rumah gue kecil jadi kurang cocok.  Nyokap juga bilang kalo gue mau punya anjing berarti gue harus ngurus anjing itu sendiri, dari bersihin segala kotorannya, ngajak jalan-jalan, ngasih makan, mandiin dsb dsb dsb....  Untuk anak umur...hm...SD kelas 1 mungkin, pekerjaan itu terdengar berat.  Belum lagi soal mengurus kebersihan anjing.  No thanks.  Terakhir, nyokap bilang, kalo punya anjing, enggak boleh ditinggal sendirian selam berhari-hari, jadi kalo nanti orang-orang pada pergi keluar kota, gue harus tinggal sendirian ngejagain anjing.  WHAT? Gue ditinggal saat orang-orang pergi keluar kota? Ok then. No dog! :)

Oma gue sempet punya anjing, tante-tante gue juga punya anjing dan gue baik-baik aja dengan itu semua.  I'm having no problem with other' dog, selama bukan gue yang ngurus, semua baik-baik saja hahahaha.  Dan mengingat betapa seringnya gue keluar kota, pergi jalan-jalan hingga malem, dan di rumah enggak ada pembantu, ninggalin anjing sendirian kayaknya bukan hal yang bijaksana juga.  

Semakin besar gue semakin tahu bahwa punya hewan piaraan itu emang bukan hal yang enteng.  Dan bukan hal yang murah juga.  Jadi kadang gue suka marah sama temen gue yang lain, yang tidak menjalankan kewajibannya sebagai pemilik hewan peliharaan karena biayanya mahal.  Biaya harusnya dipikirkan sejak awal begitu memutuskan hendak memelihara binatang di rumah.

Tidak seperti manusia yang bisa ngomong untuk minta sesuatu, hewan peliharaan enggak bisa teriak-teriak minta sesuatu, so we the human have to provide for them.

So...let this be something to think about for you who want to have a pet or having a pet right now.  Sudahkan/mampukah anda memberikan yang terbaik bagi hewan-hewan peliharaan anda? 

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com