Friday, May 7, 2010

Tchaikovsky


Thanks to info from Mia, gue tahu hari ini ternyata ultanya Pyotr Ilyich Tchaikovsky, 7 Mei 1804. Dan gambar diatas adalah gambar icon google for today. Jadi iseng, di posting sekalian di sini :)

Kalo baca wikipedia, cukup banyak karyanya, tapi yang paling populer mungkin adalah ballet Swan Lake, The Nutcracker, dan Sleeping Beauty.

Gue sendiri 'berkenalan' dengan Tchaikovsky gara-gara waktu SMP temen sebangku gue, cowok tapi belajar piano, mulai mengenalkan gue akan lagu-lagu klasik...maka dimulailah perkenalan gue dengan lagu klasik. Bukan lagu klasik yang berat, yang satu judul bisa 7 - 10 menit sendiri. Bukan. Belum. Tapi memang yang ringan-ringan, yang familiar.

Betapa kagetnya gue ketika tahu bahwa lagu Disney' Sleeping Beauty, "Once Upon A Dream" diambil dari karya Tcaikovsky. Dan "Once Upon A Dream" menjadi salah satu lagu Disney yang gue suka.

Dan siapa yang tidak kenal Swan Lake? Ceritanya begitu populer dan bahkan balletnya pun selalu dinanti orang. Tapi jangan lupa dengan The Nutcracker, yang pementasannya selalu dimainkan setiap Natal di Amrik sono (kalo enggak salah ya)...cukup untung waktu itu sempet liat vcdnya dan gue tau kenapa itu balet menjadi balet yang juga dinanti oleh banyak orang.

Soal kehidupan Tchaikovsky...well...silakan baca wikipedia aja kali ya...cuma satu hal yang sempet gue inget dari film biografi singkat Tchaikovsky punya Disney, bahwa Swan Lake awalnya tidak disukai oleh penonton. Buat mereka balletnya terlalu lama, terlalu boring, dan terlalu kelam. Tapi sekarang...kalo ngomong soal ballet...besar kemungkinan Swan Lake yang akan muncul :)

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com