Saturday, May 15, 2010

Miss Saigon


Thanks to Dito yang memberikan gue satu dvd penuh dengan album-album Broadway, gue jadi tergila-gila dengan Broadway Musical.

Dari cerita tante gue yang pernah di Amrik dan baca di Wikipedia, Broadway itu ternyata nama daerah di New York yang memang penuh dengan teater-teater. Jadi mungkin bisa dibayangkan kalo di Jakarta ada TIM, GKJ, dan beberapa teater lain yang letaknya berjauhan, di NY ternyata teater-teater itu saling bersebelahan dan tiap teaer bisa dibilang mempertunjukkan sesuatu.

Buat gue yang belum pernah nonton pertunjukkan Broadway, tentu bakal bingung kalo langsung dengerin album musiknya begitu aja, jadi biasanya gue sambil buka Wikipedia dan baca sinopsisnya. Tapi memang harus diakui, ada beberapa lagu yang tanpa membaca sinopsisnya pun sudah kebayang jalan ceritanya.

Salah satunya adalah Miss Saigon. Inget Miss Saigon inget sama Lea Salonga yang langsung jadi terkenal gara-gara memerankan Kim (menang Tony Award), tokoh utama di Miss Saigon, yang kemudian membuat dia dapet peran di Aladdin sebagai Jasmine (singing voice).

Inget Miss Saigon membuat gue inget sama temen gue Nina yang tinggal di Aussie dan dia cerita pengalaman dia nonton Miss Saigon (hieh...enaknya!!!) dan dia bilang kalo ini cerita bagus banget, bikin dia sampe nangis-nangis.

Dan ternyata emang bener.

Miss Saigon merupakan adaptasi bebeas opera Puccini "Madam Butterfly". Mengambil setting perang Vietnam, diceritakan Kim yang bekerja sebagai bargirl, bertemu dengan tentara Amerika, Chris, yang tertarik dengan kepolosan Kim. Chris sendiri tertarik dengan Kim dan mengajak Kim untuk tinggal bareng supaya Kim tidak usah menjual diri lagi. Diceritakan Chris dan Kim pun menikah. Tapi kemudian Chris harus meninggalkan Vietnam, sementara Kim tertinggal. Bertahun-tahun berlalu (3 tahun kalo gak salah), Saigon udah ganti nama jadi Ho Chi Minh City, dan Chris sendiri menikah juga di Amrik dengan Ellen. Kim sendiri sudah punya anak hasil hubungannya dengan Chris. Untuk melindungi anaknya, Kim terpaksa membunuh dan dengan bantuan Engineer (pemilik bar tempat Kim dulu kerja) mereka bertiga melarikan diri ke Bangkok.

Chris yang terpaksa meninggalkan Kim tidak pernah tenang karena tidak tahu nasib Kim seperti apa. Salah seorang temen Chris, John, memberi kabar soal Kim dan soal anak Kim dan Chris. John memberi tahu kalao Kim ada di Bangkok dan meminta Chris untuk datang. Chris pun kemudian menceritakan soal Kim ke Ellen, dan mereka berdua pun ke Bangkok. Kim yang tahu bahwa Chris datang langsung senang karena tahu bahwa ia akan dibawa ke Amerika oleh Chris, meskipun John ragu tapi karena tidak berani bilang jadi John diem aja. Kim kemudian datang ke hotel tempat Chris menginap, malah ketemu dengan Ellen yang mengatakan bahwa ia adalah istri Chris. Kim patah hati dan tidak percaya bahwa Ellen adalah istri Chris, tapi kemudian menerima kenyataan tersebut. Kim meminta supaya mereka (Ellen dan Chris) membawa Tam (anak Kim dan Chris) ke Amerika supaya Tam dapat hidup lebih baik, tapi Ellen menolak karena ia tidak ingin memisahkan anak dan Ibu. Kim pun ngotot dan meminta supaya Chris mengatakannya langsung dan meminta mereka datang ke rumahnya. Setibanya di rumah, Kim bilang pada Tam supaya bergembira karena ayahnya telah tiba dan supaya menyayangi ayahnya, Kim pun berkata bahwa ia akan menjaga Tam. Ketika mendengar suara langkah kaki di luar, Kim meniup lilin, membiarkan Tam bermain-main di kasur/dipan, kemudian sembunyi di dalam kamar di balik tirai, ia memastikan bahwa yang datang adalah Chris, John, Ellen, dan Engineer, tidak lama kemudian terdengar suara letusan senjata, Kim muncul dari balik tirai terluka. Kim meninggal di pelukan Chris.


Awalnya gue cuma tahu lagu "I Believe" karena pernah denger dinyanyiin sama Jo Su Mi, tapi waktu tadi gue dengerin 1 album seluruhnya, mau enggak mau gue jadi terbayang juga. Lirik di Miss Saigon begitu kuat dan mampu bercerita banyak dari lagu-lagu tersebut. Jadi, baru denger beberapa track aja gue udah tertarik banget sampe akhirnya cari info lebih dalam di wikipedia dan buka youtube juga.

Dan gue liat adegan terakhir di Youtube, dan ternyata gue pun langsung ikut nangis, padahal tuh video di Youtube gambarnya enggak jelas. Suaranya juga, tapi berhubung sambil buka liriknya jadi bisa lah ngikutin. Dan tau-tau gue udah nangis aja.

Satu lagi pertunjukkan musik Broadway yang gue suka, setelah kemaren cukup tergila-gila dengan Wicked, kali ini Miss Saigon.

Jadi....Broadway Musical yang gue suka tuh ada...let see...Wicked, Rent, Miss Saigon, My Fair Lady (next time kalo sempet gue kasih ceritanya)...apa lagi ya? Tentu ada Broadway Musical punya Webber seperti Phantom of the Opera, Cats, Evita, dan Joseph yang emang udah gue tonton dan gue dengerin lagu-lagunya jadi agak-agak enggak masuk hitungan hahaha...

Sekarang masih mencari album-album Broadway lama atau paling tidak yang original Broadway Cast punya. Semoga masih ketemu lagi...

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com