Thursday, March 22, 2012

Mainan Baru...iPod Touch


Beginilah jadinya kalau punya barang baru atau mainan baru. Yang lainnya jadi LUPA!! Lupa ngeblog, lupa baca buku, sampe lupa bikin kristik.

Seperti yang udah gue ceritakan di postingan sebelumnya, akhirnya gue berhasil beli juga ini iPod Touch 4th Gen, 32GB. Timingnya bisa dibilang cukup pas, karena apple ngeluarin yang warna putih. Cocoklah dengan BB Gemini gue yang warna putih juga.

Dan dimulailah 'obsesi' gue akan apple app. Mengingat di rumah memang sudah ada iTunes (ada iPod Nano 2nd Gen di rumah yang gue pake), alhasil memang mau install app juga lebih mudah.

Kalo ditanya, gue pake iPod untuk apa...jawabannya...dipake untuk main. Hahahaha....parah banget dah! Soalnya, meskipun memang gue masukkin lagu, tapi setiap kali pergi gue masih dengerin pake iPod Nano gue. Jadi ya...kayaknya iPod Touch ini memang lebih banyak dipake untuk main.

Lambat laun, sama seperti hal-hal lainny, lama kelamaan toh udah enggak berasa baru lagi :D Dan gue mulai mengexplore hal-hal lain atau app lain yang cukup menarik untuk diinstall.

App apa aja yang ada di iPod gue? Dari yang standard seperti FB, Twitter, Skype (yang langsung gue praktekkan dengan melakukan Skype dengan Dito!!), sampe yang berhubungan dengan pelajaran Bahasa Korea :D

Dan semua tentu saja gratis hahahaha


Dan bukan Ze namanya kalau enggak ada Cinderella di dalamnya hahahahaha....


Or some Disney :D

Beberapa app yang belum lama ini gue install adalah "SplitTheBill", "Spendings", dan "Grocery Gadget".

SplitTheBill sesuai dengan namanya ya memang untuk membagi tagihan. Buat gue, yang lumayan sering pergi makan bareng temen-temen, dan (biasanya) gue yang bayarin dulu, app ini lumayan membantu. Memang sih, bisa aja langsung dibagi sesuai dengan jumlah orang, tapi kadang kan kita bayar sesuai dengan apa yang kita pesan. Hopefully app ini bisa membantu.

Spendings, again, sesuai dengan namanya mencatat pengeluaran kita sehari-hari. Berhubung masih baru, jadi gue cukup rajin nyatet...enggak tahu kebelakangnya gimana hahaha...

Grocery Gadget, well...ini sih cuma iseng doang. Maksudnya sih untuk daftar belanjaan. Yang bikin gue seneng sih, di app ini bisa masukin barcode barang-barang yang kita beli, dan otomatis nama barang itu akan muncul. TAPI tentunya barang-barangnya kudu barang-barang yang ada di luar sono dan kita konek dengan internet. Kalau ternyata enggak muncul...ya masukkin aja sendiri namanya. Plus bisa masukkin juga foto barang tersebut (foto ndiri) dan juga harganya. Kalo rajin sih...setidaknya jadi tahu kita bakal butuh berapa duit untuk belanja.

Ada banyak macamnya lha pokoknya untuk hal-hal yang seperti ini. Seru aja gitu untuk diinstall.

Nah yang cukup seru dan bikin gue jadi lebih seneng adalah...karena di sini ada iBooks. Nyokap kemaren udah beli iRiver, e-book reader. Gue...pingin juga sih hahaha...naksir Kindle Fire, yang harganya kurang lebih sama dengan iPod Touch ini...tapi gue lebih milih beli iPod Touch, biar lebih multifungsi.

iBooks, merupakan e-book reader bawaan apple. Jadi kayaknya ada di iPhone maupun di iPad. Untuk kenyamanan, tentu lebih enak baca di iPad, karena jauh lebih besar. Tapi mengingat gue suka banget baca fanfic di BB, jadi rasanya baca e-book di iPod Touch, enggak ada masalah.


iBooks, sama seperti e-book reader lainnya, menggunakan dua format, .pdf dan .epub; kecuali Kindle ya...sepertinya dia punya format sendiri, tapi tetep bisa baca .pdf dan .epub. Berdasarkan pengalaman, paling enak itu baca buku dengan format .epub. Kenapa? Karena dengan format .epub, kita bisa mengecilkan maupun memperbesar font. Sedangkan kalo format .pdf, yang bisa kita perbesar hanyalah tampilan layar keseluruhan. Jadi anggap aja kalo dengan .epub itu hampir sama seperti kita memperbesar font di MSWord, sedangkan kalo .pdf itu hampir sama seperti kalau kita memperbesar foto. Kebayang 'kan mana yang lebih enak?

Salah satu keluhan membaca buku di iPod ini adalah...warnanya yang terlalu terang. Apalagi untuk orang yang kayak gue, baca buku di kamar yang udah gelap, sambil siap-siap tidur, sinar dari iPod lama-lama memang bisa bikin mata pedes. Tapi kemudian ini toh bisa diakali :). Salah satunya adalah dengan mengurangi kadar Brightness dari iPod itu sendiri (ada di bagian Setting), dan kedua dengan mengubah tampilan 'theme' e-book yang kita baca.


Lumayan 'kan :D
Membuat kegiatan membaca gue agak sedikit terbantu. Kemaren gue dengan sukses selesai membaca buku J. D. Robb yang paling baru, Celebrity in Death di iPod ini.

Oh satu hal lagi yang menarik hati gue! Di iPod ini ada app Newstand, yang awalnya pingin gue delete tapi enggak bisa. Jadi gue sengaja meletakkan posisi app ini berada di paling belakang. Tapi kemudian, memang yah...gue ini paling enggak boleh bilang sebel, kualat bo!

Beberapa waktu lalu, gue nyari apakah ada app untuk Cross Stitch. Ternyata memang ada, tapi nyaris semuanya bayar. Termasuk juga di dalamnya adalah majalah Cross Stiitcher, yang (gara-gara Mia) cukup rajin gue beli. Karena udah tau bahwa majalah ini pasti bayar, jadilah enggak gue install. Tapi kemaren, iseng, gue install. Dan...hieh...jadi suka hahahaha

Bisa dilihat, bahwa ada 2 majalah kristik di sini, Cross Stitcher dan Cross Stitch Collection. Dua-duanya dijual di sini, dan kadang gue juga beli dua-duanya :D

Each edition dijual $4.99, sedangkan kalau langganan harganya beda lagi. Cukup murah sih, dibandingkan harga majalahnya bener, dijual Rp 119.000. Harga di Singapore lebih murah sih...sekitar 90-an ribu kalo enggak salah.

Setelah gue instal dan gue liat-liat, ternyata dia ngasih edisi gratis untuk diunduh! Yeay! Setidaknya gue jadi bisa liat, andai memang beli, kayak apa sih tampilannya.



Dan cukup menarik juga lho hehehe....




Tentu semuanya bisa diperbesar hingga menjadi lebih jelas.


Kelebihannya, selain lebih murah, jadi enggak terlalu banyak makan tempat juga di rumah. Cuma makan memory hahaha...

Kekurangannya, jadi enggak bisa ditandai mana yang sudah kita buat dan mana yang masih belum. Kalau bikinnya non stop sih masih lumayan lah. Tapi kalau kemudian kepotong-potong...wah agak ribet sepertinya.








Dan tadi gue dapet notification bahwa edisi terbaru Cross Stitcher udah keluar. WOW!! Langsung gue liat. Bagusnya lagi adalah, dia ada fungsi preview yang mengijinkan elu untuk ngeliat apa sih isi majalah edisi kali ini. Dan kita bisa lihat seluruh majalah tersebut, bukan sekedar sebagian aja. Jadi, andai pola-pola yang ditawarkan edisi kali ini kurang menarik, ya udah enggak usah beli. Enak ya!! Hahahaha...gue jadi kayak promosi gini coba!

Yah...ini sekilas (sekilas kok panjang bener!) tentang mainan baru gue :D Gue enggak ngebahas soal mainan-mainan gue yang banyaknya ajubile!! Apalagi setelah kemaren dikasih mainan yang udah diinstall sama Gerrie. Gue jadi minjem apple id-nya Gerrie deh. Tapi ya seru lah.

Gue sih masih nyari app lain yang unik-unik. Terutama yang memungkinan buat gue untuk nulis-nulis...sembari naro foto juga...yah mirip blog ini lah...tapi hanya untuk di iPod. Dan gratis. Ada yang bisa bantu mungkin :D

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com