Wednesday, March 21, 2012

Requiescat in Pace Oma


Oma gue, Margaretha Maria Mariana Jusup meninggal hari Rabu, 7 Maret 2012, di usianya yang ke-84. Udah 2 tahun terakhir ini memang Oma cuma bisa di tempat tidur doang. Mau ngapa-ngapain juga udah enggak bisa. Makan aja udah pake sonde (selang). Kalau diinget-inget, untung juga sih Tz waktu itu ngotot supaya kita (para cucu) bikin acara ultah Oma ke-82 dengan sedikit lebih meriah.

Tanpa bermaksud buruk atau apa, tapi bisa dibilang gue dah punya feeling Oma bakal meninggal. Menurut rencana gue, hari Rabu itu gue mau ke Plaza Indonesia/Grand Indonesia untuk ngecek tiket Disney on Ice. Hari Selasa gue dah bikin janji sama Yosi. Tiba-tiba Papa bilang kalo kudu ke rumah Oma, karena katanya Oma sesek napas.

Ya sudah, pergilah kita berdua. Tanpa pikiran apa-apa, tanpa ketakutan apapun. Tanpa bermaksud meremehkan, yang kayak beginian bukan hal baru lagi. Baru nyampe rumah oma, nyapa oma, kemudian duduk di sofa, tiba-tiba aja di kepala gue muncul pikiran, "Besok alamat gak pegi nih gue...Oma meninggal." Seperti yang gue ceritain Gerrie kemaren, abis pikiran itu muncul gue mencoba untuk mencari perasaan gue....apa ada perasaan takut, cemas, atau apa...ini enggak ada. Kosong. Ya udah, gue abaikan.

Pas lagi di sana, Oma memang susah napas, banyak slem sepertinya. Jadi kayak orang lagi pilek gitu lho. Kalau kita-kita yang masih sehat 'kan bisa secara otomatis mengeluarkan riak, nah karena Oma dah sakit jadi susah. Jadilah kudu di-suction. Selesai di-suction, baru napasnya enggak lagi bunyi (tadinya bunyi), tapi memang napasnya beratttt banget. Begitu napasnya dah gak bunyi, ya udah dong...pikir gue udah selesai. Pulanglah gue sama bokap.

Malam pas mau tidur, gue baru tidur jam 4, baru matiin lampu, tau-tau sekali lagi gue ngebatin, ,"Besok alamat enggak pergi nih gue." Dan langsung tidur.

Pagi-pagi dah dibangunin, nyokap bilang kalo kudu ke rumah Oma. Pas gue tanya, nyokap langsung bilang, "Oma meninggal." Respon gue cuma, "Aduh!" Gubrak banget gak sih?! Hieh...

Ya sudah, langsung buru-buru mandi, untung inget bawa kamera. Karena bokap baru inget soal kamera pas udah di tol.

Istrinya Om gue, yang memang rumahnya di daerah sana, dah langsung nyampe duluan. Oma gue dah dimandiin, lagi di dandanin, dan abis itu dipakein baju. Trus pas mau dipakein lipstick, lipstick gue aje yang dipake :) jadi inget waktu guru gue meninggal juga pake lipstick gue hehehe.

Pemikiran bahwa Oma meninggal bukan sesuatu yang....baru ya. Mengingat kondisi Oma belakangan ini, tiap kali kita berdoa bareng juga permintaannya udah bukan minta supaya Oma disembuhkan lagi. Tapi lebih kepada menyerahkan semuanya ke dalam kuasa tangan Tuhan. Menyerahkan semuanya kembali ke Tuhan. Tapi toh tetep aja pas harinya, air mata tetep mengalir dengan deras.

Prosesnya sendiri bisa dibilang berjalan dengan lancar. Surat kematian langsung diurus, orang lingkungan maupun warga RT/RW dengan cepat membantu. Bahkan sampe ikut membelikan makanan buat kita-kita. Cukup tersentuh juga gue. Ambulance kemudian langsung dipesan, Rumah Duka Carolus juga langsung dibooking, dan untungnya sedang sepi dan Oma bisa disemayamkan di ruangan yang sama waktu Opa dulu meninggal.


Ada kejadian 'lucu' waktu Tutup Peti. Selain sepupu gue yang cowok, gue juga ikut ambil foto. Hasil punya sepupu gue lebih bagus hehehe...dua foto yang ada ini hasil jepretan dia. So anyway, acara Tutup Peti itu udah pasti menguras air mata banget. Nah gue, biar muka dah jelek karena nangis, air mata mengalir dengan deras di pipi, tapi tangan tetep megang kamera dan gue masih jepret sana jepret sini. Hieh....

Misa Requeim diadakan malam itu, 7 Maret 2012.
Misa Tutup Peti, tanggal 8 Maret 2012
dan Misa Pelepasan Jenasah dan Penguburan, tanggal 9 Maret 2012, di Pondok Ranggon.

3 hari yang menguras emosi dan juga tenaga. Selesai dari kuburan, kita semua kembali ke rumah Oma. I still called it Rumah Oma. Malah pas masuk rumah, gue masih 'menyapa' Oma :) begitupun pas pulang. Small things...yang enggak tau kapan bakal brenti.

Dan hari Selasanya, tanggal 13 Maret, ada Ibadat Sabda, 7 Hari Oma meninggal di rumah Oma. Sekali lagi, acara berjalan dengan lancar. Tinggal nanti, acara berikutnya 40 Hari Oma meninggal.

Sedih sih...sampe sekarang pun kalo diinget-inget kemaren masih bisa nangis sendiri. But at least Oma sekarang dah sama Opa :D

No comments:

Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com