Wednesday, January 21, 2009

Stories....[Part 1]

Oke...let see if I can write about what happened for past few days...start with...I don't know...Saturday?

Hari Sabtu (17/1)...yang seharusnya gue habiskan dengan bangun siang, ternyata dimulai dengan bangun pagi...well around 9 am. Mesti pergi ke Salemba, YAI, untuk menjadi tester tes grafis untuk temen gue.

Suer, dari seluruh psikotest yang ada, gue paling benci tes grafis. Mungkin karena gue ngerasa gak bisa gambar. Padahal gue jelas-jelas tahu bahwa untuk tes grafis yang dilihat itu bukan bagus atau jeleknya apa yang lu gambar. Tapi yah...self conscius gue dah langsung sebel aja.
Tes-nya ada 3. WARTEGG, Draw A Person/Draw A Man, Draw A Tree, dan House, Tree, Person.

Tes WARTEGG itu kita diminta untuk meneruskan gambar. Intinya sih itu. Jadi ada 8 delapan kotak, yang masing-masing di dalam kotak itu udah ada simbol/gambar, seperti titik, garis, or setengah lingkaran, dsb. Tugas kita adalah membuat gambar di tiap-tiap kotak, tapi harus mengikutsertakan simbol/gambar yang udah ada itu. Boleh gambar apa. Sesaat sih terlihat mudah, tapi lama-lama susah juga.


Untuk DAP/DAM dan DAT, cuma disuruh gambar orang dan kemudian gambar pohon, tentu di kertas yang berbeda. Untuk gambar orang, gue disuruh nulis nama tuh orang, pekerjaannya apa, apa kelebihan dan kekurangannya. Nah...berhubung gue lagi nulis cerita, alhasil yang ada malah gue menuliskan data tentang salah satu tokoh yang gue bikin itu :). Yang gambar pohon, cuma suruh kasih nama pohon yang gue gambar.


Trakhir, HTP.
Meski agak ribet (buat gue) tapi ya sudah. Tugasnya cuma gambar rumah, pohon, dan orang. Terserah mau berapa orang, terserah rumahnya seperti apa, dan pohon juga sama. Kalo udah, gue disuruh cerita. Nah...bagian ini yang (pada akhirnya) bikin gue sewot. Bisa dibilang, sewotnya jaauuhhh sesudah test berakhir.

Temen gue ini bilang kalo gue disuruh menceritakan tentang apa yang gue gambar itu minimal 5 alinea. Gue sih cuma nanya balik, yakin dia mau nyuruh gue nulis 5 alinea? Dengan hobi gue nulis dan sedang ada unfinished story di kepala gue, nulis 5 alinea buat gue hal yang mudah (yang susah itu adalah menghentikannya). Karena temen gue ngangguk, gue iya aja. Jadilah gue mulai menulis.


Gue nulis dua alinea sebagai background story, sebelum mulai masuk ke inti cerita. Jujur, gue takut kalau gue bakal menghabiskan seluruh 5 alinea itu HANYA untuk background story gue aja, jadilah gue potong. Jadi pas di alinea 3, gue mulai deh 'menerangkan' tentang isi gambar tersebut. Maksud hati gue melanjutkan lagi jadi dua alinea. Apa susahnya sih? Buat gue sih gampang, tinggal tangan gue aja yang capek, nulis 'manual' pake pensil.


Selesai di alinea 3 gue brenti dan gue nanya sekali lagi, yakin nih lima alinea? Eh temen gue itu baru bilang kalo sebenernya dia tidak mengharapkan gue nulis lima paragraf (??????). Gue kaget? Hah? Bukannya tadi dia bilang 5 alinea? Trus dia bilang, gue cuma minta lima alinea (???)


Jujur, gue udah mau gebrak meja trus ngomelin dia, dan bilang kalo ALINEA itu SAMA dengan PARAGRAF! Dia ternyata TIDAK TAHU kalo alinea = paragraf. Trus dia bilang, maksud gue sebenernya cuma lima baris. Tinggal gue yang bingung lagi. Lima baris? Lima kalimat maksudnya, tanya gue memastikan. Baru dia ngangguk. Maksudnya lima KALIMAT.


OMG!!!! Please deh! Untung aja cerita tentang gambar gue itu udah gue masukkin di alinea ketiga, jadi gue gak perlu nulis lagi.
Tinggal gue yang geleng-geleng kepala dan (setengah) ngurut dada karena kesalahan bahasa seperti itu. Bayangin coba. Maksudnya lima KALIMAT, berubah jadi lima ALINEA, terus dia masih ralat dengan lima BARIS. Lha kalo tulisannya gede-gede? Atau ada anak/orang iseng cuma nulis 1 kata tiap baris, lha pas lima baris ya selesai sudah kewajiban dia?

Ya sudah lah. Gue gak mau tralu lama sewot, karena gue janji untuk pergi ke PS ketemu sama Freddy & Lisa. Rany katanya nyusul, sedangkan Yan (penggagas acara) malah berhalangan hadir (although at the end he showed up).


Ketemuan pertama bareng Freddy di Starbucks - Sogo. Kebetulan gue lagi nyolong laptop bokap, karena dapet kerjaan translate
toolbox Pramuka. Jadi, mumpung bakal ketemu Freddy dan lain-lain, gue pikir mau gue manfaatin hehehe...

Sayang, pas bareng Freddy gue cuma sempet translate beberapa kalimat, karena abis itu gue mengenalkan games Mystery File Case: Return to Ravenhearst, dan we ended up playing that game, sampe Lisa dateng. Begitu Lisa dateng, yang ada kita bertiga ngobrol ngalor-ngidul dulu, terus ke Kinokuniya, belanja buku.
YEAH!!! Puas banget akhirnya bisa ke Kinokuniya.

Rasanya udah cukup lama gue gak ke sana, trakhir emang 2008 sih hehehe...paling baru 3 minggu lah gue gak kesana...tapi yah gue udah kangen sama buku-buku-nya.
Dan untung juga sih gue ke Kinokuniya. Karena ada buku Julie Garwood yang baru (gue dah baca e-book-nya, tapi nyokap belum), kemudian gue beli buku lanjutan Inkheart yaitu Inkspell, terus beli buku Sally Lockhart Trilogy book 2, trakhir gue beli buku baru (2007 - paperback) The Mysterious Benedict Society. PUAS!!!

Kalo gue ada waktu, bolehlah ntar gue sedikit cerita tentang Inkspell (Inkheart Trilogy), Sally Lockhart Trilogy (plus 1 buku yang tokoh-tokohnya dari Sally Lockhart Trology juga), dan tentang The Mysterious Benedict Society. Tiga-tiganya kebetulan buku anak-anak, atau Young Adult, yang cukup menarik juga untuk dinikmati sama orang dewasa.

Kalo yang Julie Garwood sih....gak perlu kali yah...historical romance... :)




Anyway tiba-tiba baru kepikiran...gue 'kan sampe sekarang termasuk yang masih cukup rajin untuk tetap membeli buku-buku kategori Young Adult, padahal gue sendiri udah masuk kategori Adult (walaupun belum Late Adult), apa mungkin karena gue merasa bahwa waktu remaja dulu gue tidak bisa baca buku bahasa Inggris ya? Plus belum terlalu banyak toko buku bahasa Inggris pula...jadi sekarang kayak balas dendam gitu...kompensasi karena dulu belum bisa baca hehehe...yah gak papa lah...itung-itung investasi!

Oh ya...ceritanya sampe sini dulu ya...karena udah kepanjangan (menurut gue)...bersambung di part 2 hehehe

(Kayak banyak yang baca aja! Bodo lah...hehehe...toh terhitung jurnal gue juga...)

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com