Monday, April 5, 2010

The Secret - Julie Garwood

Dari sekian hal yang waktu itu kepikiran untuk gue tulis, cuma satu ini yang masih gue inget. Sedangkan hal lainnya...gue lupa. Mungkin udah gue tulis, tapi gue gak yakin.

Seperti yang bisa dilihat dari postingan gue..sebagian besar isinya tentang film dan buku, terutama buku. Dan yah...tiba-tiba kepingin aja untuk mulai memberikan review secara "benar". Maka mari kita coba :)


Kalo berkunjung ke Kinokuniya Plaza Senayan, maka dapat dilihat bahwa buku-buku dengan genre Historical Romance, memiliki jumlah yang cukup banyak. Dan cukup banyak para pembaca yang cukup suka juga dengan genre ini. Termasuk nyokap gue. Hm...kebayang gak sih kalo historical romance ini mengambil setting Indonesia jaman penjajahan dulu? Tapi jangan dibikin karya sastra...ada yang mau baca or bikin gak ya? :D just a thought...

Nah, The Secret merupakan salah satu buku Bahasa Inggris yang gue baca pada saat gue mulai bisa membaca buku/novel Bahasa Inggris. Dan buku inilah yang selalu or seringkali gue baca ulang di saat gue mengalami kebosanan dengan aktivitas gue dan gue butuh bacaan.

Dan diantara sekian banyak pengarang historical romance, gue selalu kembali lagi ke Julie Garwood. Gue baca juga bukunya Jude Deveraux, tapi entah mengapa gue lebih terkenang dengan tokoh-tokohnya Julie Garwood. Mungkin karena bahasa yang digunakan lebih halus? Belum lagi interaksi para tokoh-tokohnya dengan percakapan yang kadang bikin tertawa terbahak-bahak, membuat buku-buku Julie Garwood menjadi enak untuk dibaca.

Meskipun harus gue akui, semakin sering kita baca buku dari pengarang tertentu, mau enggak mau kita jadi bisa melihat 'pola' yang muncul di buku-bukunya. Dan hal tersebut untuk beberapa orang bisa menimbulkan rasa bosan. Untungnya hal itu enggak terjadi pada gue :) So far, gue udah punya nyaris semua bukunya Julie Garwood, dan semuanya gue nikmati dengan penuh kepuasan hahahaha...

Now back to the book...The Secret menceritakan persahabatan antara Frances Catherine of Scotland dengan Lady Judith of England meskipun pada saat itu England dan Scotland sedang terlibat perseteruan (akhir abad 12). Mau dibilang apa? Mereka langsung bersahabat sebelum tahu bahwa mereka seharusnya bermusuhan. Judit berjanji untuk mendampingi Frances Catherine melahirkan.

Orang Scotland pada waktu itu terdiri dari beberapa klan, dan kakak ipar Frances Catherine, Iain Maitland, adalah Laird (kepala klan, kalo gue gak salah tangkap) yang baru, dan menawarkan diri untuk menjemput Judith di England, meskipun mereka beranggapan bahwa Judith tidak akan mau ikut (orang England 'kan tukang bohong), dan karena beranggapan seperti itulah (bahwa Judith tidak akan datang) maka para tetua memberi ijin Iain menjemput. Betapa terkejutnya mereka ketika mendapati Judith sudah siap sedia untuk pergi berangkat ke Scotland. Dan petualangan mereka pun dimulai...

Lumayan banyak adegan-adegan atau peristiwa yang membuat gue terenyuh, tergugah, dan tersentuh, serta tidak lupa tertawa terbahak-bahak. Di kepalag gue penuh dengan adega-adegan yang seru, tapi enggak berani gue tulis karena takut jadi spoiler banget. Adegan paling memorable adalah pada bagian pernikahan. It's so funny. So confusing yet so funny! Bahkan meskipun gue udah tahu mengenai peristiwa pernikahan itu, tetep aja gue ketawa terbahak-bahak.

Dan di The Secret, tidak sekedar cerita roman saja, karena masih ada rahasia masa lalu Judith yang selama ini hanya menjadi rahasia Judith serta Frances Catherine, yang ketika akhirnya terbongkar menjadikannya peristiwa tersebut klimaks dari buku ini, apalagi kemudian sebelum masa lalu Judith selesai, Judith mesti harus menyelesaikan hal lain terlebih dahulu. Saat adegan ini terjadi, gue ikutan cemas...hieh...tralu mendalami...

Seperti yang dikatakan oleh salah seorang reviewer di Amazon.com, kalau belum pernah baca buku Julie Garwood, then read this book. Pasti bakal suka. Ceritanya hangat, full of love, dan lucu.

Buku yang gue punya, halamannya udah pada kuning semua. Entah dari tahun berapa itu buku ada di rumah, yang pasti sih udah pada kuning semua halamannya. Tapi setiap kali gue baca, selalu memberikan rasa hangat di hati, senyuman di bibir, dan keyakinan akan cinta (hahahahaha gombal banget!!).

Untungnya udah ada versi Bahasa Indonesia ya...karena selama ini gue sangat menyayangkan Julie Garwood belum ada yang translate. Eh...tau-tau muncul yang Bahasa Indonesia. Coba baca The Secret deh. Buat penggemar harlequin, ronance atau historical romance, this book is a must-read. :)

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com