Sunday, January 30, 2011

Guzaarish - Request

Pernah nonton film India? Suka dengan film India? Gue termasuk yang cukup suka dengan film India. Maklum, punya sahabat orang India mau enggak mau jadi ikut berkenalan dengan kultur dan kebiasaan orang India, termasuk film (dan ya, lagu India).

Gue enggak mau ngomong panjang lebar soal gue yang cukup suka dengan film India, karena udah pernah gue bahas di postingan yang lalu-lalu.

Nah udah cukup lama gue enggak nonton film India, bahkan "My Name Is Khan" pun tidak gue tonton, karena menurut gue ceritanya terlalu sedih, kasian gue nontonnya, jadi sampe sekarang gue enggak nonton. Penasaran, tapi mungkin nanti lah gue tonton.

Dan sekarang, gue nonton film India lagi :D, gara-gara waktu itu ke Mangdu dan Kim langsung menyodorkan ini film yang langsung gue iyain, tanpa tahu filmnya tentang apa, tapi karena waktu itu temen gue yang India lagi ada bersama dengan gue dan dia bilang filmnya bagus, jadilah gue beli. Dan tadi baru gue tonton bareng adek gue.



Judulnya Guzaarish, yang artinya adalah Request. Yang main si ganteng Hrithik Roshan dan si cantik Aishwarya Rai.

Yang gue suka dari film ini adalah...lagu dan musiknya. Yup lagu dan musiknya. Kenapa? Karena musik dan lagunya cukup berbeda dibandingkan dengan film India lainnya. Score music dengan full orchestra, piano, harpa, strings, yang musiknya soothing, tenang, dan juga dramatis. Kalau enggak tahu ini film India, mungkin bisa dipikir film Asia atau film Hollywood lainnya. Lagu-lagunya juga begitu. Enggak ada suara penyanyi cewek dengan nada tinggi melengking, yang ada hanya penyanyi dengan suara 'biasa' dan cenderung pop. Tidak ada indikasi dangdut di film ini. Jadi buat gue cukup mengejutkan dan yah terasa beda aja. Sekarang lagi unduh soundtracknya, cuma music score-nya yang belum dapet.


Guzaarish bercerita tentang seorang magician, Ethan Mascarenhas (Hrithik Roshan) yang cacat, quadriplegic (lumpuh dari leher ke bawah, termasuk tangan), yang selama 14 tahun telah berjuang untuk bisa hidup namun pada akhirnya memilih untuk bisa melakukan euthanasia, dengan mengajukan petisi ke pengadilan. Ethan memiliki seorang perawat yang selama 12 tahun terakhir menjadi perawat pribadinya, Sofia D'Souza (Aishwarya Rai), yang sangat tidak setuju Ethan meminta euthanasia.

Kehidupan Ethan sendiri bisa dibilang cukup berhasil, sebagai seorang guadriplegic setidaknya. Dia menerbitkan buku, memiliki radio show, dan menjadi panutan bagi beberapa orang. Jadi pada saat Ethan memutuskan untuk melakukan euthanasia, tentu banyak orang yang protes.

Pada awalnya, orang-orang di sekitar dia juga melakukan protes, namun pada akhirnya semua menyerah, dalam arti, mereka mengerti apa yang diinginkan oleh Ethan, mereka melihat bahwa ini adalah hidup Ethan, dan Ethan sudah tidak ingin lagi hidup menderita.

Ada beberapa bagian di film ini yang membuat gue mau enggak mau menitikkan air mata, apalagi filmnya dibuat moving backward and forward, dan adegan ketika Ethan akhirnya kecelakaan, gue cuma bisa nonton dibalik jemari tangan gue.

Adegan terakhir menurut gue yang paling cukup menyedihkan dan yah mau enggak mau jadi ikutan berpikir, "what would you do if you know today will be the last day of your life and tomorrow you will die?" Senang juga kali ya kalau bisa menghabiskan hari/malam terakhir lu bersama dengan orang-orang yang memang menjadi sahabat/keluarga lu.

Gue menikmati film Guzaarish ini, ceritanya berbeda dari film India yang pernah gue tonton, musiknya juga jelas berbeda. Hrithik Roshan bermain dengan super keren sekali di sini dan Aishwarya Rai sudah tentu cantik sekali hahaha. Setting filmnya pun juga menarik, terlihat berbeda dan terkesan sejuk dan agak-agak gloomy, mungkin karena banyak warna biru, hitam, dan warna-warna gelap lainnya. Overall..I kinda like this movie. Different.


4 comments:

Georgine said...

hritik roshan ganteng juga kayak gitu :D

CAROLINE said...

kayak Yesus tau...apalagi waktu ada adegan yang cuma ngasih liat separuh wajahnya dia...waduh...bener-bener kayak Yesus deh...

Claudia CeCe said...

wow.. aku juga suka... tp blm nonton.. susah nyarinya :(
udah ada officialny blm c??

CAROLINE said...

aslinya? waduh...belum pernah nemu juga tuh :) yah selamat mencari deh yang unofficial puna hahaha...

Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com