Tuesday, June 15, 2010

Have Fun Go Mad at KidZania Jakarta


Hieh...akhirnya kesampean juga gue berkunjung ke KidZania!!! Tadi, dalam rangka nemenin keponakan temen (Yosi) jadilah gue ikut main ke sana. Buat yang belum tau, KidZania adalah teman main khusus anak-anak dimana mereka bisa belanja maupun bekerja (dapet bayaran lho). Dan mainannya memang khusus untuk anak-anak.

Berdasarkan informasi dari Om Wikipedia, KidZania ini ternyata merupakan franchise yang berasal dari Mexico sana. Saat ini selain Jakarta, KidZania juga ada di Tokyo & Koshien (Jepang), dan Lisbon (Portugal). Tahun 2010 akan buka di Dubai (UAE) serta di Seoul (Korea). Jakarta merupakan satu-satunya KidZania di Asia Tenggara, menyusul akan buka di Malaysia dan Philippina.

Apa yang menarik dari KidZania? Well, pertama-tama, ini bukan sekedar tempat untuk bermain. KidZania merupakan tempat untuk belajar. Belajar mengenai berbagai bidang profesi, belajar menghargai nilai uang, belajar mengembangkan bakat, belajar bersosialisasi. Belajar banyak hal deh.

Tiket masuknnya memang tidak bisa dibilang murah. Apalagi untuk musim liburan. Orang dewasa maupun anak-anak sama-sama terkena harga Rp 155.000,-. Kalau hari biasa, harga tiket anak-anak maupun orang dewasa agak sedikit berbeda. Itulah sebabnya mengapa beberapa orang tua memilih untuk tidak ikutan masuk hehehe.

So...pintu masuk KidZania dibikin seperti layaknya airport, dan tiap-tiap anak diberi gelang yang dilengkapi dengan data usia serta jenis kelamin. Tiap anak, pertama kali masuk akan mendapatkan check sebesar 50 kidzos yang bisa diuangkan di BCA (bank). Uang tersebut juga bisa dimasukkan dalam bentuk kartu ATM dan dapat ditarik di mesin ATM di seluruh KidZania. COOL!!!

Nah, uang 50 z (kidzoz) itu bisa langsung dihabiskan untuk belanja (naik taksi, naik bus, belanja, dsb) atau dilipatgandakan dengan bekerja. This is the FUN part.

KidZania memiliki beragam profesi!! Dan masing-masing profesi memiliki 'gaji'nya masing-masing. Tinggal pilih mau jadi apa. Bagaimana kalau jadi...

Pemadam Kebakaran



Atau bekerja pada Blue Bird Taxi (tapi bukan sebagai sopir-nya ya...cukup sebagai operator telpon)



Atau mungkin berminat menjadi polisi? Cukup seru juga jadi polisi, karena kebagian ngejer penjahat dan menjebloskan penjahat ke dalam penjara :)



Atau mungkin ingin bekerja pada Pertamina? Boleh...


Terdapat begitu banyak profesi di sini. Bisa jadi wartawan koran, penyiar radio, pembawa berita, desainer, pembuat roti, dokter gigi, dsb...dsb...dsb...juga ada pabrik coklat, pabrik air minum, susu, wafer, dsb...dsb...dsb...there are so many professionals that 5 hours is not enough.

"Waktu" bermain di KidZania memang dibatasi. Session 1 dari 09.00 - 14.00, session 2 dari 15.00 - 20.00. Entah mana yang lebih rame, karena tadi gue pergi jam 9 pagi pun juga udah rame. Batasan usia KidZania itu dari 3 tahun (kalo gue enggak salah) hingga 16 tahun. Tapi kalo menurut gue sih, lebih baik tunggu usia anak paling tidak 6 tahun jadi pilihan permainan lebih banyak dan anak juga jadi lebih muda menangkap.

Peraturan dari KidZania adalah anak-anak dibawah 8 tahun wajib ditemani orang tua/orang dewasa. Dan untuk anak-anak diatas 8 tahun, boleh dijemput oleh ortu kurang lebih 30 menit sebelum masa bermain habis, dengan mengisi form. Tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman, karena di dalam udah ada yang jual. Tapi biasanya sembunyi-sembunyi sih gak papa hahaha. Agak susah sebenernya kalo gak bawa minum, apalagi bawa anak-anak.

Yang pasti sih, kenakan pakaian yang santai, sepatu yang nyaman, karena bakal banyak menghabiskan waktu dengan berjalan, berlari (terutama kalo mau ngekorin anaknya jadi Polisi trus ikutan ngejer maling) dan berdiri. Bawa kamera juga karena dijamin enggak pingin melewatkan kesempatan ngeliat anak-anak/adik/keponakannya mengenakan seragam dokter/polisi/petugas pemadam kebakaran/profesi lainnya.

Pergi hari biasa (bukan masa liburan dan hari Senin-Kamis) lebih enak, karena masa bermain lebih lama, biaya untuk orang tua juga lebih murah, dan kemungkinan lebih sepi. Tapi kalo enggak ada waktu selain masa liburan, ya mau ngomong apa lagi? :)

Overall...bermain ke KidZania membantu pendidikan anak-anak dalam banyak hal. Sekarang...tinggal gue yang gempor!!

2 comments:

teaqha said...

Wah seru bgt...haha^^
tapi gawat juga ya, kalo ortunya dua2nya ngebet pngn masuk jg, bisa berapa duit itu. haha mantab..

Unknown said...

hahaha...makanya agak lebih enak untuk pergi hari biasa, karena harga tiket antara anak dan orang tua beda jauh.

Yah kalo yang ngotot masuk orang tua masih maklum lah, daripada ngebayarin pembantu/suster? coba? mana berasa lebih rugi? hahahaha...

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com