Thursday, January 7, 2010

Happy New Year 2010!!! - Part 2

Well...sesuai janji...ini cerita part 2. Semoga masih tetap bisa cerita banyak, meskipun gue udah kadung ngoceh sama cukup banyak orang mengenai kejadian hari itu hehehe...

Sesudah semua barang diturunin, maka acara pun dimulai.

Seperti biasa, yang 'bertanggung jawab' atas makanan alias bakar-bakaran adalah Sufei dan Linyuk. Gue sih enggak ikut-ikutan lah soal makanan, yang ada gue tinggal makan aja. Sementara menanti gas dan kompor, Kim-Bab buatan Linyuk pun akhirnya dipotong-potong dan siap untuk disantap bersama.


btw ini Teh Depi lagi ngapain ya? Serius amat sih?

Selagi menunggu makanan siap dibakar, duren dan kembang api pun digelar, difoto terlebih dahulu sebelum kemudian menghilang tak berbekas karena dimakan maupun dibakar. Setelah dilihat-lihat (dan kemudian dimainkan) rasanya kok masih belum puas ya sama kembang apinya...tapi kalo diliat dari jumlah duitnya (350 ribu) udah LEBIH DARI CUKUP kali ya!!!


Setelah duren dan kembang api dikeluarkan, Sufei dan Linyuk asik mengurus makanan, mobil pun dimajukan ke dekat pagar, untuk memberi ruang buat kembang api. Sufei bilang kalo dia pingin liat yang model roket, sekalian tryout, jadilah itu kembang api yang model roket dicoba untuk dipasang. Secara otomatis, yang mendapat tugas untuk mengurus kembang api, siapa lagi kalo bukan Rany, sang jagoan :) Dibantu Imel dan kemudian Yan, ditanamlah kembang api tersebut dalam-dalam. Yang ternyata merupakan suatu KESALAHAN BESAR!!


Kenapa dikatakan sebuah kesalahan? Karena ini yang terjadi (kalo enggak salah inget); sesuai instruksi yang tertulis, maka itu kembang api (ada gagangnya) ditanam. Nah, untuk menghindari itu kembang api jatuh dsb-nya, maka ditanamlah dalam-dalam dan ditahan dengan batu bata di sekelilingnya supaya enggak jatuh. Udah mantap nih, maka mulailah disulut. Rany yang kebagian jatah untuk menyalakan. Sementara itu yang lain, langsung mengambil posisi aman, alias menjauh dari itu kembang api, ya katakanlah 3 meter ada kali menjauhnya.


Sumbu dinyalakan, kemudian sesudah sumbunya habis terbakar (apinya ngilang dong), kemudian muncul asap yang amat banyak, diikuti dengan semburan warna hijau, lalu suara ledakan DUOR yang amat sangat besar, lalu kemudian hening. Semua kaget dan terpaku, karena itu kembang api tetap ditempat. Padahal kita mengharapkan itu kembang api terbang. Itu 'kan kembang api roket.

Kemudian terdengar suara ocehan Sufei...

"Lu orang bego ya! Kenapa juga itu kembang api ditanam dalam-dalam?! Itu 'kan roket??!! Harusnya dia 'kan terbang?!!"

Yang dijawab dengan penuh kepolosan oleh kami (kecuali Linyuk mungkin), "Yah mana kita tahu? Katanya disuruh ditanam, ya kita tanem."

Dan dimulailah adegan nci-nci glodok yang sedang memberi instruksi atau demo tentang barang-barang yang dia jual. Apalagi kemudian Rany ingin memegang sendiri kembang api yang berbentuk tabung. Maka mulailah Sufei sibuk memberi contoh (dengan instruksi melalui kata-kata) bagaimana caranya memegang itu tabung.

[Jadi itu kembang api yang roket, harusnya ditaro di dalam botol, gagangnya itu yang dimasukkin ke dalam botol, jadi pada saat dia harus naik ke atas, bisa. Gitu sodara-sodara.]

Well...sayang sekali waktu itu handycam Rany tidak dikeluarkan, karena suer...gue gak bisa menuliskan apa saja yang diucapkan oleh Sufei. Yang pasti sih, kata Linyuk, suara Sufei mengalahkan suara kembang api tetangga, sedangkan Ressa (adik Rany) bercerita pada orangtuanya bahwa "Kak Siok Hui berisik!! Berisik banget!! Sampe rumah belakang aja masih kedengeran suaranya!" Sedangkan gue pada saat kejadian itu, memilih untuk duduk dan melihat Sufei memberi instruksi ke Rany, yang semakin dikasih tau (berarti suara Sufei semakin tinggi dan semakin cepat) makin enggak ngerti. It was hilarious!!!

beef, sosis, dan bakso ikan

In the end, kita menyalakan 3 kembang api. Dua roket (yang satu gagal, jadi diulang lagi), kemudian satu kembang api tabung. Rany udah jago megangnya, setelah dijelaskan dan ditunjukkan bagaimana cara memegang kembang api yang benar. Sementara itu, bakar-bakaran tetap dilakukan. Enggak lama, duren pun ikut dibuka (YAN BELAH DUREN!!! Hahahaha). Sayang, gue lagi minum obat. Dan kata mbah Dito, paling enggak 5 jam sesudah minum obat baru boleh makan duren. Begitu pun sebaliknya, paling enggak 5 jam sesudah makan duren baru boleh minum obat. Jadi inget-inget ya...jangan pernah mencampuradukkan duren dan obat. Dan juga jangan makan duren kemudian dilanjutkan dengan makan kambing. Deadly combination!!


Ketika makanan sudah selesai dibakar dan duren yang dibelah juga sudah dimakan, maka acara kemudian berpindah. Main mahjong di kamar Rany (karena ada AC) hahahaha...berhubung gue enggak bisa dan Rany pun juga enggak bisa, jadi kita berdua milih menonton saja...sambil gue berusaha untuk tidur. Obat gue ternyata belum juga bekerja. Dan kali ini handycam Rany pun mulai beredar :)


Cukup lama juga main Mahjong-nya. Kurang lebih main...hm...berapa set ya? 4-5 set lah. Sempet ada rencana untuk main monopoly, tapi toh akhirnya enggak jadi, karena ternyata udah jam 11 lewat, jadi kita pun keluar untuk melakukan persiapan. Kali ini seluruh kembang api yang ada akan dinyalakan. Jadi beberapa lubang kembali digali, tabung kembang api yang besar anak ditanam kuat-kuat (kali ini emang kudu ditanam dalam-dalam dan kuat-kuat)


Kami rupanya cukup tidak sabar menanti 12 tepat, jadi kurang beberapa menit beberapa kembang api toh dinyalakan juga. Sengaja menyisakan beberapa kembang api yang besar (bentuk kotak dan tabung) untuk jam 12 nanti. Yan dan Rany ganti-gantian memegang kembang api tabung yang masing-masing mengeluarkan 6-8 bola-bola api. Jadi selain asik melihat kembang api tersebut, kami juga menghitung. Kalau sampai terjadi kesalahan hitung, ataupun keragu-raguan apakah seluruh bola-bola api tersebut sudah keluar apa belum, maka biasanya kami berteriak pada yang memegang tabung untuk tetap bertahan dalam pose seperti itu. Yah kurang lebih 5 menit lah hahaha...


Untuk mengisi kekosongan, kembang api yang kecil-kecil, yang biasa dimainkan anak-anak, dinyalakan terlebih dulu :) sekedar untuk hiburan lumayan juga...






Menjelang pukul 12, beberapa kembang api mulai dinyalakan, sempat diselingi dengan adegan makan duren dulu hahaha... Terakhir, baru kembang api yang box itu yang dinyalakan. Memang harus diakui...kembang api yang box itu emang mantap abis. Sesuai lah dengan harganya yang cukup mahal, ketimbang kembang kembang api lainnya itu. Sempet terjadi adegan 'menarik' karena ada 2 kembang api yang nyasar, satu ke arah kami sedangkan yang satu lagi nyasar ke kolong mobil!! Untung aja tidak terjadi apa-apa :) cuma asapnya itu lho yang bujubuset!! Banyak bener!!!

And this is how we all look at the first day of 2010 :)))


Happy New Year guys!!!


(hieh...akhirnya selesai juga ini cerita gue tuliskan...paling enggak utang gue berkurang 1 hehehe)

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com