Sunday, October 5, 2008

My Wish for My Funeral

Gara-gara Freddy posting soal funeral "just_a_funeral", mau gak mau gue jadi ikut berandai-andai about funeral. Sebelum baca posting-an Freddy gue juga udah sempet kepikiran sih...biasa lah, kalo drama queen lagi kambuh, atau tiba-tiba ide cerita yang sad ending muncul (yang sampe sekarang BELUM juga gue kelarin!!), udah pasti kepikiran lah soal funeral.

Sebenernya udah lama juga sih ngebahas soal funeral ini, tapi karena gue baru ngebaca buku Divided In Death-nya J. D. Robb, terus nonton P. S. I Love You, jadi kepikiran lagi deh. Dan gue jadi punya ilham atau ide baru dari film P. S. I Love You itu. Btw, gue nangis lagi pas nonton tuh film...hieh..emang bagus!

So...
Freddy memberikan beberapa pertanyaan dan pertanyaan itu adalah...

Kalo meninggal, mau meninggal yang bagaimana? Meninggal pas tidur, meninggal karena penyakit, meninggal karena kecelakaan, ato yang gimana?

Seperti yang udah gue jawab waktu itu, gue memilih (emang bisa milih?) untuk meninggal karena sakit. Ya...ya...ya...gue tau, bakal menderita banget dan bakal gak enak banget. TAPI, gue kasian aja sama orang-orang di sekitar gue kalo gue tiba-tiba gone with the wind seperti itu. Lagian, yah...gue 'kan kepingin banget tuh sempet meninggalkan pesan-pesan gue ke orang-orang yang gue sayangi dan gue kasihi...intinya sih pingin mendapat kesempatan untuk say goodbye dulu.

Kalo uda meninggal, maunya diapain? Dikremasi ato dikubur?

Gue milih dikremasi. Gak ribet ngurus (maksudnya gak ngasih kerjaan ke anak cucu sodara gitu). Gue milih dikremasi, tapi abunya gak disebar. Boleh gak ya? Maksudnya, menurut tata cara orang bule sih...kayaknya ada tuh...maksudnya boleh. Tapi kalo tata cara orang Cina kayaknya kudu disebar deh...kalo gue minta sebagian aja boleh gak ya? Yah...tapi itu mungkin bisa diurus belakangan. Kalo emang boleh sih...pingin gak disebar. Or mungkin disebar nya di beberapa tempat kali ya...kayak sebagian di Malang, sebagian di Jakarta. Nyebar di Kinokuniya boleh gak hahahaha.....or titip ke Disneyland, Florida gitu hahaha...

Upacara kremasi ato pemakamannya, mau gimana? Yang mewah ato sederhana?

Gue yang pasti MENUNTUT Misa Requiem. It's a must. Sempet ngobrol banyak sama Dito dan sepertinya gue juga udah nulis di tempat Freddy, gue pingin banget pake ordinarium Requiem-nya Mozart (bener 'kan?)...cuma gue rasa bakal bikin semua orang bingung dan kelamaan juga. Jadi yah...gak jadi deh. Yang pasti sih...gak usah mewah lah. Lagian gue juga gak tau upacara pemakaman yang mewah itu seperti apa? Maksudnya, bukannya upacara seperti itu udah ada tata caranya...jadi standard 'kan? Gue sih cuma mau ada Misa Requiem, Pie Jesu, The Lord is My Shepherd, dan The Lord Bless You and Keep You (baru buka wikipedia gue hehehe). Oh ya...inget untuk menyajikan bubur ayam pas gue masih disemayamkan. Gak tau deh tuh pas tutup peti or pas kapan, pokoknya bubur ayam mesti dibagikan. Hehehe...bubur ayam itu 'kan salah satu makanan favorit gue. Trus...yah siapa tahu nyokap Sufei masih ada, siomay buatan dia sumpah enak banget!! Mungkin Sufei bisa bikin...hm....

Maunya, semua orang yang kenal lu dateng semua ato cuma orang2 terdekat aja?

Nah...kalo yang ini...gue mau semua orang yang kenal gue kudu wajib dateng. Terutama banget untuk orang-orang yang gue anggap dan menganggap gue sebagai sahabat. Kalo gak dateng, gue ngamuk! Terutama pada saat tutup peti dan penguburan. Nah...dua itu mesti dateng. Kalo gak dateng atau berhalangan, harus ngasih tau gue...lho...gimana tho? Hehehe...yah pokoknya gue mau banyak orang yang menghantar kepergian gue...tentu dengan beberapa tetes air mata ya hehehe...gak usah menangis meraung-raung, jadi norak. Tapi sedikit berkaca-kaca udah bikin gue seneng (hieh?). Lagian...come on...this is my...funeral...gue 'kan seneng banget kalo bisa mengumpulkan banyak orang!

Ada pesan2 tertentu buat seseorang?

Hm...sekarang sih belum ada. MUNGKIN....MUNGKIN...gue akhirnya berani mengatakan apa yang ada di hati gue selama ini (halah!! tetep aja!!)...or...yah sedikit berpesan kepada anak cucu supaya terus saling berhubungan, terus saling mengunjungi satu sama lain, terus saling menjadi sahabat baik satu sama lain. Untuk pertanyaan terakhi ini...gue malah belum ada kepikiran apa-apa. Mungkin karena gue merasa apa yang hendak gue katakan sudah gue tulis dalam sebuah surat terlebih dulu...


Yah...itu sih mau gue. Berharap banget, apa yang gue mau itu bakal terkabul. Sekarang, tinggal gue yang bingung. Siapa yang bakal nyiapin itu semua? Sukur-sukur kalo ntar anak cucu gue bisa dengan sigap mengurus itu semua...or temen-temen gue pada masih ada, yang bisa dengan langsung turun tangan....hm...kebayang gak sih Ingrid yang ditanya-tanyain soal upacara pemakaman gue, terus dia yang langsung dengan tegas-galak langsung take over hehehe..lucu kali yah?

Oh...satu lagi. Music. Music is always on. Mau satu cd diputer berulang kali kek, atau mau sepuluh cd kek...pokoknya harus selalu muter/on. Yah jangan lagu yang happy-happy lah...lagu rohani oke, tapi yang classics/classical crossover.

Semoga aja ada yang tetep inget sama request gue satu ini :)

3 comments:

Anonymous said...

Kurang dramatis Ze kalo dikremasi. Cuman dimasukin tungku, nunggu beberapa jam, trus baru kelar. Keburu basi pas nunggunya itu.

Kalo dikubur kan cepet. Ngeduk tanahnya nggak sampe setengah jam, jadi nangis2nya bisa dilanjutkan dengan sukses. Wakaka...

Soal lagu... ya we'll see lah. Kalo nggak ada, kita pasangin CUCAK ROWO aja jangan marah ya? WAHAHAHA...

Yaolo... jahat banget ga sih gue?

Tapi emang bener yang lo khawatirkan. Takut nggak ada EO-nya. Jadi, daripada ntar kelabakan nyari trus malah nggak ada yang bisa, mending salah satu anak lo aja dari kecil udah lo latih, kalo perlu lo indoktrinasi untuk menjadi EO yang baik. Hehehe...

Tapi iya nih. Jadi kepikiran. Kira2 dari kita semua, siapa yang bakal terakhir 'pergi' ya? Ditinggal mati temen satu kali aja udah nyesek, gimana kalo harus berkali2, dan bahkan yang terakhir kalinya udah cuman tinggal sendirian n udah nggak ada yang bisa menghibur gitu ya? Wew... Kayanya tragis deh.

Anonymous said...

Oh iya, usul! Tambahan acara!

Kalo temen2 lo masih banyak yang masih hidup, pas persemayaman bikin acara khusus buat temen2.

Semua harus keluar, kecuali para teman2 (berarti no families, no families of friends, no waiter, no one kecuali temen), trus pasang lagu Tears In Heaven.

Hiks...

Kayanya bisa banjir air mata kali ya? Wakakaka...

Unknown said...

Kalo soal kubur vs kremasi...yah emang bener sih, kalo dikremasi itu gak gitu berasa haru-nya. Kecuali lu pake cara orang Cina (seperti Bokapnya Sufei) yang emang masih ada upacara khusus di depan tungku dan gue aja nangis.

Sedangkan kalo dikubur, pas nurunin peti udah nangis. Terus kan masih harus ada acara lempar tanah dulu baru kemudian bunga, itu udah nangis lagi. Pas kemudian dikubur, itu juga dah pasti nangis lagi.

Jadi...kalo soal perhitungan nangis, emang lebih baik dikubur.

TAPI...ya itu dia...kasian kali anak cucu gue...mesti tiap kali ngebayarin biasa kuburan. Apalagi tanah di Jakarta 'kan mahal. Kalo masih ada tanah sih gak papa, lah kalo dah gak ada? Jadi yah...tetep lah dikremasi.

Soal EO....WAH!! Bener juga lu To! Gue perlu mendidik anak gue untuk jadi EO handal! Bener...bener...bener...kalo perlu, ntar anak Ingrid or Rani or Sufei or...siapa lah yang ntar punya anak duluan, gue latih jadi EO, karena 'kan dia bakal jadi anak yang paling tua. Iya 'kan?
Hehehehe.

CUCAK ROWO???!!!

Lu mau gue pelototin? Sampe Cucak Rowo berkumandang, gue tau pasti salah lu To!

Hehehe...

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com