Thursday, September 18, 2008

Blogging

Well...mungkin gue yang telat or emang sekarang jaman udah berubah. Whatever it is...kedua-duanya bener. Yang berarti adalah...gue emang telat dan jaman sekarang udah berubah.

Siapa yang nyangka coba, anak SMP sekarang mainannya internet? Dari friendster sampe blogging. Padahal Friendster itu 'kan minimal 18 tahun (seinget dan setahu gue yah) tapi tetep aja anak SMP dah pada bisa bikin account di FS. Kalo gak di FS, mereka main di facebook.

Hieh??!!!

Kemaren tau-tau gue 'dikenalkan' dengan seorang anak murid (yah...bukan murni anak murid, sih, karena gak sempet ngajar dia...tapi kebetulan ketemu di PK VIII) si Janice, yang punya FC. One thing lead to another...eh malah ketemu sama beberapa anak lain yang emang gue kenal, dan yang itungannya adalah anak murid. Halah!!

Tadi si Nilla baru bilang kalo Stella (ada dua Stella) juga punya blog. Sempet dicari (dan ketemu 1)...bikin gue sedikit banyak jadi agak bengong dan kaget dan geleng-geleng kepala dan sedikit speechles...

Gimana gak bengong, kalo gue ngeliat anak SMP udah pada ber-blogging ria. Menuliskan segala hal yang terjadi pada diri mereka hari itu...sedangkan gue?

Ya ampun! Belum ada setahun kali gue ber-blog ria di blogspot ini. Blog gue di FS aja juga cuma diisi begitu-begitu aja. Kalo di Multiply 'kan emang mostly isinya lagu, jadi gak gitu masuk itungan. Tapi yang di blogspot ini, yang emang murni untuk ngoceh...belum ada 6 bulan juga kali!

Seinget gue, waktu jamannya gue SMP, nulis tentang curahan hati gue masih di buku deh. Tulis tangan di buku diary, yang tebel, dengan kertas warna-warni, lengkap dengan kunci, dan di simpan di sebuah tempat rahasia. Dan tentunya cuma gue sendiri yang bisa baca.

Lha sekarang?

Buset dah!! Udah di ketik, di komputer, online, plus semua orang bisa baca dan berkomentar. Gile bener!!!

Dunia emang bener-bener udah berubah.

Not that I'm complain...cuma makin berasa kalo dunia udah berubah aja...dan gue udah tambah tua!!! Oh no!!!

Hieh...what a world...what a world...

10 comments:

Nilla Kartika said...

hahaha,,, yaa begitulah kak ,,
huahahaha,, menurut stella-telo *nama aslinya klo gk sala stella liyanto* yang punya blog http://monedkuning.blogspot.com "Anak2 jaman sekarang terlalu cepat dewasa,," hihihihi

Unknown said...

Oh...monedkuning itu punya dia? Sepertinya kosong deh...walaupun ada link aku di situ...coba ntar di cek lagi...

Halah anak-anak jaman sekarang :) itu 'kan angkatan kalian...anak-anak jam sekarang...

Nilla Kartika said...

makanya,, anak jaman sekarangnya ajah ngomong gtu,, hauhaahhahaahaha

Ditogendut said...

Ze, lo bukannya udah tua, you're just simply naive. Wakakaka...

Well yeah, tentu saja bukan naif dalam arti nggak pernah lihat buruknya dunia, tapi naif dalam arti: OGR, lo nggak tahu kalo anak SMP udah bisa main di dunia maya? Lo habis kemana aja mbak? Jalan-jalan pake mesin waktu ke jaman Pangeran Diponegoro? Hwahaha...

Masih bagus anak SMP Ze, gue kemarin waktu mau tes TOEFL ngeliat anak kecil (kalau bukan TK, mungkin kelas 1 SD) masuk ke Press Room (yup, ILP punya press room buat koran internal), dan di sana dia buka Friendster.

Hebat kan? Anak TK Ze. Anak TK yang gue nggak yakin dia udah bisa pake baju dan sepatu sendirian tanpa dibantu orang lain, udah bisa punya acc di Friendster!

Ntar anak kita gimana ya? Mungkin masih pakai popok tapi mainannya judulnya sudah 'mari merakit bom nuklir' yang tersedia dalam 2 variasi, yaitu Cold Fusion dan Hot Fusion.

ARRRGH!!!

Sukur kalo cuman komputer, gadgets mereka itu kan udah lebih parah dari kita yang udah bangkotan ini Ze. Kelewatan nggak sih?

Dulu kita ngebayangin kalo semakin modern, anak-anak bakal sekolah pakai lap top.

TEEEEETTT!!!

WRONG!

Gue kuatir nggak lama lagi anak-anak sekolah pake blackberry, udah nggak usah pakali laptop lagi!

Lha wong buku pelajarannya aja tersedia on-line, buat apa lagi pake buku? Sekalian aja ekstrim, nggak usah pergi ke sekolah. Kenapa? Sekolah tinggal pake WebCam! Atau mau lebih canggih lagi? Pake 3G, atau yang sekarang udah ada yang 3,5G!

Kayanya lama-lama anak-anak udah nggak usah diajarin menulis lagi kali ya? Begitu masuk TK langsung diajarin ngetik sepuluh jari.

Gue juga udah nggak ngerti lah. Biarin aja mereka maunya gimana. Generasi kita lama-lama sudah jadi old and obsolete. Mau ikut gue daftar di panti jompo Ze?

Unknown said...

Dito...dito...dito...hehehe iya yah kadang gue emang harus mengakui kalo gue itu cukup naive...yang gak akan gue bahas lebih lanjut karena gue jamin pasti bakal melenceng jauh dari topik.

So...about those kids...damn!!

Gue aja merasa sebagai anak yang cukup maju lho untuk angkatan gue maksudnya...mungkin karena gue di Malang juga kali ya, dimana waktu itu sebagian besar belum kenal dengan internet or komputer jadi rasanya SUSAH banget untuk meminta temen-temen gue punya e-mail.

Untung sekarang gak gitu :)

Tapi mungkin karena kita memandang anak-anak itu dari sudut pandang kita, jadi kita yang amazed. Kalo kita ngeliat dunia ini dari sudut pandang mereka yah yang aneh kita kalil ya? Sama kayak kita memandang dunia ortu kita, yang belum punya ponsel or internet or kamera digital.

Yah..namanya juga dunia udah berubah...apalagi mengingat pohon juga semakin menipis gak bakal heran deh kalo nanti anak-anak kita or cucu kita or cicit kita gak bisa nulis pake tangan, tapi langsung pake keyboard!

Ditogendut said...

Kalau gue sih bukan amazed kalo ngeliat mereka. Tapi iri!

IRI!!! AKU IRI!!! (baca dengan gaya bencong) SEBEL AKU!!!

Nilla Kartika said...

klo mo ngomongin malang, kak nia,,, sampe nilla lulus juga masih belom ter-internet-isasi, cuman ada FS *yg updatenya seminggu sekali aja uda syukur*, google*buat nyari bahan tugas*, sama game OL,, ceting?? alamakjang,, boro2,, nunggu keluar dari malang baru bisa tersentuh YM, MSN, FACEBOOK, BLOG, dan kawan2nya yg ngetren sekarang.

*sampe sekarang mo minta temen2 biar bertandang ke "cerita tentang nilla" aja susahnya minta ampun.

Unknown said...

Yah...kalo soal anak-anak Malang sih...gak heran juga kali yah?

Sebenernya, kalo dipikir-pikir, yang bikin mereka MALES online itu adalah, tidak lain dan tidak bukan karena internet itu menggunakan bahasa Inggris.

Coba internetnya bahasa Indonesia...wah...bisa tiap hari kali mereka online.

Suer deh, dulu tiap minggu (nyaris tiap Sunday) cuma aku yang pergi ke warnet atau mencari warnet, untuk sekedar ngecek e-mail atau browsing-browsing. Mana dulu belum ada FS, gak gitu kenal chatting dsb. Pokoknya standar buka e-mail doang. udah.

Ini temen-temen ku juga baru pada ber-internet ria sesudah kuliah semester atas...dan sekarang karena udah pada kerja...kalo gak...yah gak tau lah.

Susah lah daerah...mereka lebih prefer baca koran or denger radio or lebih concern ke masalah daerah mereka masing-masing.

Stella Liyanto said...

haa. berasa isi blogku biasa aja. tementemenku bnyk yg isinya keren2 dan pake bahasa inggris.

kalo di jamanku, jadi berasa cupu. hehe.

Unknown said...

Stella darling, penggunaan bahasa inggris dalam blog itu bukan merupakan suatu ukuran apakah blog itu bagus atau tidak...lagian ukuran bagus atau tidaknya suatu blog itu 'kan relatif, tergantung pembacanya...kayak blog ini...yang bilang bagus siapa? Paling cuma aku sendiri hahahaha... ya iya lah... lha aku pemilik ini blog... :)

Kalo buat aku, yang penting itu...ISI... kayak seberapa sering blog-nya diupdate... terus liat isinya... apa setengah curhatan seperti punya ku (dan sebagian besar pemilik blog) atau murni curhatan (bisa aja satu postingan isinya cuma "SEBEL") atau malah isinya link untuk download lagu/buku (seperti yang biasa aku cari)...

Jadi relatif lah...

Bagus kalo bisa pake bahasa Inggris semua...good for them... tapi pake bahasa Indonesia juga gak papa... lha kita 'kan tinggal di Indonesia :) Atau mau pake bahasa Betawi...belum pernah nemu tuh hihihi...

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com