Monday, September 22, 2008

Internet, Pramuka, dan film Hollywood

Menyambung celotehan gue soal Blogging, hari Minggu kemaren tgl 21 gue ke Benhil, nengok Oma.

Btw..bukan nyumpahin, tapi kayaknya Oma gue agak-agak sekarat deh...mungkin tinggal menghitung bulang...semoga sih masih bisa menghitung tahun...hieh...

Jadi...sewaktu gue ke kamar sepupu gue ini, Bertha, kelas XII IPA3 di Sanur, cerita kalo kelasnya punya blog. Bayangkan!! Kelasnya punya blog!!!

Kalo papan tulis (whiteboard) udah penuh dengan segala macam tulisan, maka pada waktu gurunya keluar kelas, maka sang empunya blog akan maju ke depan lalu..clik...clik...clik...foto tuh papan dan tinggal posting di blog dan ntar malem, tinggal anak-anak pada online dan baca di blog mereka. Ini blog mereka http://redhotwedges.blogspot.com. Bentuknya papan tulis, ada tand a matematika, klik aja salah satunya.

Gak cuma soal kegiatan kelas atau foto-foto kelas, tapi termasuk juga soal-soal latihan yang belum sempet dicatet, or soal catatan yang belum selesai, or soal tugas yang mesti dibikin dsb. Dan...gak berhenti sampe di situ, bahkan guru-guru mereka pun punya blog!!! Isinya? Apalagi kalo bukan soal?!! Yah gak melulu soal sih...tapi ada juga lho soal-soalnya.

Gue cuma bisa awe...amazed...and a little bit stunned!

Wow!!

Maksud gue, untuk ukuran anak-anak yang sekolah di International School mungkin ini makanan sehari-hari mereka. Bahkan kalo perlu semua soal dan tugas itu udah send by e-mail. Gak ada lagi tuh paperwork, buku PR/PS, catatan. Bener-bener gak ada.

Tapi ini 'kan SMA Santa Ursula. Salah satu dari sekian banyak Old School. Yang sekarang udah meng-embrace teknologi baru!

Hieh...gue masih amazed sampe sekarang.

Bukan berarti gue menolak yah...gue cuma gak nyangka aja.

Dunia memang sudah berubah dan cara mengajar pun juga udah berubah.

Bener juga tuh kata Dito. Lambat laun, anak-anak itu udah makin familier dengan istilah komputer, makin gape maen handphone, makin ngerti soal elektronik. Dan mungkin, mereka udah gak belajar menulis seperti kita dulu. Mereka gak menulis pake pensil/bolpen, tapi pake stylus dan yang ditulis pun bukan alphabet biasa, tapi alphabet untuk palm. Gak cukup sampe di situ, mereka pun nanti belajar di rumah masing-masing, dengan web-cam. Semua tugas, PR, ulangan diberikan secara online.

GILA!!!

Tapi yah...itulah dunia sekarang ini. Makin hari makin modern.

Yang membuat gue inget akan satu hal lagi.

Di hari yang semakin modern, kadang kita semakin tergantung dengan elektronik.

Kebayang gak sih, kalo tiba-tiba mati listrik...for a month? Atau internet tiba-tiba down seminggu? Atau provider handphone semuanya down tiga hari?

Internet mati sehari aja udah kalang kabut. Handphone ketinggalan di rumah aja (yang berarti kita gak pegang handphone 8 jam) kegiatan kacau balau. Rumah mati listrik 5 jam kita udah serasa mau maki-maki PLN.

Apa jadinya kalo tiba-tiba ada krisis dan semua...kita semua kembali ke erah 1980-an? (Kalo gue bilang ke jaman batu, kayaknya terlalu jauh).

Membuat lu berpikir 'kan? Andai gue ngerti morse...andai gue ngerti kata sandi...andai gue ngerti kompas...dsb...dsb...dsb...dsb...

Dan biasanya kalo udah gitu, yang ngerti cuma anak-anak yang dulu ikut Boy Scout atau Girl Scout. Harap diketahui dua hal tersebut merupakan dua organisasi yang berbeda yah...yang satu logonya Tali untuk Boy Scout, sedangkan yang satu lagi logonya Daun Semanggi untuk Girl Scout. Atau untuk istilah Indonesia Pramuka (kita ikut yang Boy Scout - pernah ikut Girl Scout, tapi karena gak pernah bayang iuran, jadi gak gabung lagi, kalo gk salah ya...).

Membuat lu berpikir bahwa Pramuka ada gunanya juga 'kan? Hehehe

Soalnya, jujur aja gue keinget sama film Transformer, di salah satu adegan yang mereka terjebak dan tidak bisa menggunakan handphone sama sekali terpaksa menggunakan radio CB (radio kuno)....hieh...untung ada yang bisa (Ya iya lah...namanya juga film!!)

Jadi yah sekedar mengingatkan juga kalo someday kita punya anak or cucu or cicit tetep harus dikenalkan dengan dunia kuno...dengan dunia tradisional...karena (amit-amit!) kita 'kan tetep harus prepare for the worst than can happend...iya 'kan?

BTW, baru main-main di blog-nya sepupu gue itu, ada blog salah satu gurunya dan gurunya itu (bapak guru) punya list blog anak-anak muridnya, IPS 1 & 2, plus Bahasa.

HIEH??!!!!

Itu nyaris seluruh muridnya punya blog lho!!!

Walah...weleh...waduh!!

Yuk Dito...kapan kita mau check-in di rumah jompo...gue berasa tua banget nih :(

12 comments:

Anonymous said...

Menurut gue sih nggak usah sampe pengetahuan pramuka kali ya? Terlalu ekstrim juga. Emang kita mau perang, sampe kehilangan tempat tinggal dan terpaksa mengungsi ke pengunungan gitu? Wew...

Cukup keahlian sehari-hari lah. Pelajaran tata boga, tata busana, dan elektro menurut gue berguna banget (meskipun dulu gue cuman ambil tata boga sama elektro sih, tangan gue nggak cukup trampil buat tata busana)

Yang penting bisa masak, bersih-bersih rumah, dll keahlian yang terpakai sehari-hari. Jadi kalau keadaan darurat nggak mati gaya aja.

Tapi jujur aja sampe sekarang gue masih belum tega motong ayam hidup buat dimasak.Padahal perlu loh keahlian itu.

Soal menulis, entah kenapa gue masih merasakan ketertarikan untuk menulis dengan tangan lho. Kelemahannya cuman nggak bisa rapi banget dan memang pelan kalau dibanding mengetik sih.

Yah, emang kita harus ngikutin jaman kali ya? Kalo nggak ati2 kita bisa jadi sesuatu yang obsolete,dan akhirnya dibuang.

TIDAAAKKK!!!

Unknown said...

Hahaha...emang bener gak perlu se-ekstrim itu, tapi analogi gue cukup bener juga lho kalo lu ngomongnya ke anak SMP. Paling gak membuat mereka (sedikit) menyadari kalo Pramuka dan pelajaran lain itu ada gunanya.

Yah...lu tau lah anak-anak jaman sekarang, kritis bukan main.

Tiba-tiba gue kepikiran, dulu ada pelajaran mengetik. MENGETIK. Pake mesin tik jaman dahulu kala, yang manual, bukan listrik.

Suer, semua anak pada ngoceh-ngoceh, bilang gak guna lah, buat apa lah, kenapa pake mesin tik bukan komputer, dsb...dsb...dsbnya.

In the end...well...gue BANGGA banget pernah belajar mengetik. Berguna man!!

Meskipun mengetik gue enggak murni sepuluh jari...tapi mengetik gue cepat dan gak perlu lagi tuh sambil ngeliat ke keyboard. Udah lumayan hafal!

Hm...kok jadi melenceng jauh ya hehehe...

Yah tapi paling gak, memang ada ketrampilan "ndeso" yang tetep harus kita punya. Iya 'kan?

Anonymous said...

Benar!

Tapi masa globalisasi juga sih Ze yang jadi masalah. Keahlian Pramuka (baca: keahlian praktis sehari2)pasti lebih fun untuk dipelajari dibandingkan sesuatu yang teknis, jadi kalau nggak hati-hati nanti malah kebanyakan pramuka trus nggak kejabanan belajar teknis komputer trus anak Indonesia nggak maju-maju.

Sebaliknya seperti di Jepang, yang pelajaran teknis di geber sampai mati-matian emang sih anak-anaknya jadi ahli banget. Tapi efeknya mereka bisa invalid kalau tiba-tiba nggak ada listrik.

Jadi? Pilih kanan atau kiri?

Sukur kalau bisa jalan di tengah. Tapi untuk hal ini sayangnya jalan ditengah bisa identik dengan setengah-setengah dan malah nggak ada yang sempurna belajarnya. Jadi trus gimana?

Masa masyarakat kita mau dibagi 2? 1/2 belajar teknis, 1/2 belajar ilmu ndeso? Ntar muncul kasta dong? Trus kita balik jadi seperti India jaman dulu gitu?

Kyaaa!!! Malah ngelantur!!! (tapi bisa jadi latar buat cerita tuh. Kisah cinta 2 orang dari kasta intelek dan kasta kuli. Wakakaka...)

Tapi sekarang juga udah begitu kan? Paling gak di sekolah sih udah seperti sekolah2 luar negeri. Ada para GEEK (kutu buku nan pintar tapi berbadan lemah), JOCK (pintar olah raga tapi nilai sekolah ancur), POPULAR (nilai dan olah raga serta penampilan masuk menengah ke atas), dan THE INVISIBLES (yang nilai, penampilan, dan keahlian mereka ada di bawah rata-rata).

Untung aja anak sekolah di Indonesia masih wajib pakai seragam. Coba kalau nggak, pasti keliatan banget tuh perbedaan kastanya.

Di UnTar sih untungnya cukup homogen, jadi nggak gitu keliatan. Tapi di UI cukup keliatan tuh bedanya geek, popular, jock, dan invisibles. Gue pindah2 antara geek, popular dan invisibles, tergantung kebutuhan. Hehehe... sayangnya gue sama sekali nggak nyambung sama jocks, oh well... nobody's perfect.

Kok jadi beneran ngelantur gini sih? Wew...

Nilla Kartika said...

klo gtu, kak nia,, anak2 pramuka sanmar, salah satu kegiatannya disuruh belajar IT juga ajah,, huehehehee,,, biar gak jadi kasta kuli,, huehehheehehe

btw, katanya anak2 sanur eamng wajib punya blog ya? sesuai tugas TIK+bhsIndo mereka,,,

Anonymous said...

Waks... wajiib? Gile. Trus anak-anak yang nggak punya akses ke internet gimana? Harus sering2 ke warnet gitu?

Unknown said...

Kemaren emang sempet nanya hal yang sama ke sepupu gue itu, Bertha, mengenai bagaimana dengan anak-anak yang tidak punya akses internet...yah keliatannya sih mereka yang harus ektra usaha lebih keras lagi.

Soal wajib punya blog or not yah gue gak tau juga yah...cuma ngeliat blog list di blog-nya pak guru itu sih...naga-naga nya semua pada punya blog. Gak ngerti emang punya akses internet di rumah, yang berarti jadi blogger aktif, atau yang emang cuma sekedar punya akses aja, jadi bisa liat tugas.

Nanti ditanya lebih lanjut lah ke sepupu gue itu...

Unknown said...

Oh ya..soal Pramuka...hm...ini yang agak susah...Inget gak Nil, waktu kemaren PK VII, yang aku mesti nulis keterangan dari CD itu? Nah itu pembelajaran untuk para pembinanya tuh...

Kadang, harus diakui, anak murid itu JAUH lebih jago dari gurunya sendiri, tapi mengingat di Indonesia ini menganut paham YANG MUDA HARUS NURUT SAMA YANG TUA, jadilah yang muda agak segen mengajar yang tua dan yang tua agak malu untuk minta diajarin sama yang muda.

Untuk anak-anak Jakarta, rasanya pelajaran Internet bisa agak-agak tidak perlu dipantau. Sejauh internet nya cuma sekedar buka e-mail, kirim e-mail, masukkin attachment (btw sepertinya si Wandi pernah nanya aku deh gimana caranya kirim attachment!), blogging, dsb...pokoknya yang standar sekendar untuk browsing.

Tapi...lain halnya untuk anak-anak di daerah.

Kenapa?

Ya...komputer aja masih merupakan barang yang asing. Belum lagi dengan segala instruksi yang menggunakan bahasa Inggris. Oke, adalah yang bahasa Indonesia, tapi seberapa banyak sih? Terus kalo rusak? Nah...udah pasti instruksinya bahasa Inggris 'kan? Ya udah deh...tambah ribet lagi.

Paling tinggal kita sebagai calon ortu yang membagi, bagaimana caranya supaya tuh anak-anak gak completely tergantung sama elektronik. Yah...sekali-sekali ngerasain hidup susah lah kasarnya...hehehehe...

Anonymous said...

Buat kita yang suka sama komputer mungkin menunda belajar hal2 baru tentang komputer adalah sesuatu yang harus dikategorikan sebagai 'hidup susah'.

Tapi buat orang-orang yang memang nggak suka komputer, yang mereka berhubungan dengan komputer hanya kalau amat sangat perlu, 'hidup susah' adalah disuruh melakukan sesuatu dengan komputer.

Yah, semuanya kan memang relatif. Tergantung orangnya. Kita terlalu fokus pada orang-orang yang maniak komputer, sampai lupa kalau lebih banyak lagi orang yang alergi dengan komputer.

Contohnya dari 4 kasta yang gue kasi tahu kemaren, kan cuman kasta Geek yang suka sama komputer. Populars, Jocks, dan The Invisibles mana ada yang suka deket2 sama kompi kecuali kalau terpaksa.

Hmm... tapi itu berarti kita udah jadi geek ya? Hiks...

Unknown said...

Eits...jangan salah To...okelah Geek ngerti bener soal komputer, tapi jangan lu kira yang lain gak demen komputer.

Mereka tetep memilih komputer sebagai tempat pelarian/shrine.

Untuk anak-anak Populer, wah...komputer/internet merupakan ajang bagi mereka untuk saling adu populer dan pamer.

Anak-anak Jock juga gitu...

Invincible...mereka gak suka jadi invincible...di dunia maya, mereka menjadi visible, entah menciptakan avatar atau identitas ndiri...

Jadi yah...gue rasa sih sebenernya kalo soal internet, semua pada saat ini udah bener-bener saling terkoneksi satu sama lain.

Sekali lagi, gue ngeliat ini 'kan dari sudut pandang anak Jakarta, yang menyadari banget bahwa kompuer+printer+internet merupakan benda yang sama pentingnya dengan ponsel.

Buat mereka yang tidak di kota besar, yang kehidupannya tidak mobile, yang tidak memerlukan informasi dari dunia lain (maksudnya kota lain or negara lain) yah keberadaan komputer+printer+internet sama sia-sia nya seperti memiliki ponsel tapi cuma dipake untuk sms doang.

Mungkin...mungkin...mungkin...mungkin 20 tahun lagi, 3/4 warga indonesia sudah bisa punya komputer, mampu mengoperasikan komputer, bisa berinternet dan mampu memanfaatkan internet.

Anonymous said...

Maka dari itu dalam komen gue sebelumnya ada kata TERPAKSA.

Populars, Jocks, dan The Invisibles hanya menggunakan komputer dan internet sebagai alat. They can live without them. Ya kan? The Populars have their parties, Jocks have their sports, and Invisibles... well they have their own things (hehehe...).

Tapi Geeks yang sudah merasakan nikmatnya komputer dan internet sudah menjadikannya sebagai bagian dari hidup mereka. Most Geeks won't find their life mates untill they're in the middle of their adult life, they can live without soul mates for half their lives, even more. In turn, they'll need something to fill in this gaping hole. And thus came Computers + internet to fill it in.

Cobain aja kalo suatu hari internet udah bukan sesuatu yang trendy lagi, apakah kasta lainnya masih mau tungtangtingting di dunia maya? Belum tentu.

Sekarang saja, jamannya naturalisme mulai membara lagi, para Jocks sudah mulai menjauh. Mereka semua kembali ke alam. Paling mereka cuman pakai GPS doang.

Tinggal tunggu waktu para Populars bener2 embrace the 'green' way, habislah sudah. Mereka paling pakai internet cuman buat YM-an untuk janjian mau ketemu di mana sama temen2 mereka.

The Invisibles tertarik dengan internet karena mereka bisa menemukan hal2 yang bisa memenuhi keingintahuan mereka tentang 'the visible parts of the world'. Setelah puas, mereka akan kembali ke dunia invisible mereka.

The Geeks... They live and thrive on internet. It's their pasturing grounds. The real geek yang ditaruh di kota terpencil nggak akan ragu2 untuk olah raga dan seolah2 berubah menjadi Jocks hanya sekedar supaya mereka mampu berjalan jauh menuju warnet terdekat. Kenapa mereka jalan? Karena uangnya mereka simpan untuk on-line. Wahahaha...

Now... do you see the difference between the four caste?

Populars:
Something bad happen, something good happen, anything at all happen, they call their friends.

Jocks:
Something good happen, something bad happen, anything at all happen, they do sports.

Invisibles:
Something good happen, they don't do anything, something bad happen, they commit suicide (they mostly had such depressing lives)

Geeks:
Anything happens, they write it in their blogs. The Ultimate Geeks do better, they made programs out of it.

Oh, tapi gue nggak menutup kemungkinan tentang adanya para HYBRID yang campuran dari para kasta itu lho. Tapi namanya manusia, para Hybrid itu pasti cuman bisa konsen sama satu aspek kehidupan mereka sehingga sedikit banyak mereka akan labih cenderung kepada salah satu dari 4 kasta yang ada.

Whew... kok kayanya gue seperti bikin latar budaya untuk sebuah novel ya? Hmmm... bisa nih dibikin cerita berjudul "War of the Caste", bikin 4 seri untuk masing2 kasta, dan 1 seri dari sudut pandang hybrid.

Wahahaha...

Ntar bikin spin off-nya. Judulnya Lord of the Geeks. Wakakakaka...

Unknown said...

Hehehe...bikin novel lagi? Yang kemaren aja belum kelar!

Gue juga sih...lagi mati gaya nih...segala skenario belum ada yang pas di kepala gue jadi untuk sementara di pending dulu lah...capek!

Beside...we have a WEDDING!!! Or...I have a wedding?

Beneran deh...dengan pengalaman gue (Gila!! Norak banget!!! Dibandingkan Lisa sama Freddy gue kagak ada apa2nya!!) mestinya gue bikin novel/cerita soal wedding ya?

Anyway, back to komputer....gue ini termasuk yang hybrid...antara popular dengan geek...hehehe boleh-nya milih!!

Abis lu tulis...
Something bad happen, something good happen, anything at all happen, they call their friends...itu 'kan gue!!!

Trus yang geek lu tulis...
Anything happens, they write it in their blogs...itu 'kan juga gue!!

Jadi...gue hybrid aja deh...soalnya untuk yang dua lagi, jelas-jelas gue enggak. Gak demen OR dan jelas-jelas gak bakal bisa jadi invincible! Gue, invincible?? Hieh...orang ada gangguan exhibitionism gini!!

Hehehe...

Gih To bikin novel tentang 4 kasta itu!!

Ditogendut said...

Hmm... jadi kepikiran, gimana kalau kita bikin cerita kolaborasi? Hehehe...

Lo nulis 1 bab, trus bab 2-nya gue yang tulis, trus lo bab 3, gw bab 4, dst. Peraturannya simple, kita harus menulis menyesuaikan dengan bab sebelumnya. Jadi nggak boleh lepas gitu aja. Dan harus tahu diri kalau memunculkan tokoh baru, gak boleh banyak2 n penokohannya harus bener2 jelas.

Hasilnya gimana ya? Wakakaka... lucu juga kali ya? Gue ngebayangin ntar jatuhnya nggak jauh-jauh dari guru BP yang bisa menghipnotis murid-nya supaya mau behave. Wakaka...

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com