Sunday, September 28, 2008

Menikah

Dulu, waktu masih di Asrama Putri Cor Jesu, yang berarti waktu gue SMA, gue punya seorang ibu asrama. Namanya Ibu Wien. Usianya waktu itu...hm...mungkin sekitar 27 sampe 30 tahun lah. Gue dan temen-temen angkatan gue cukup deket dengan Ibu Wien ini. Begitu juga dengan Suster Asrama gue, Sr. Alexandrine. Mereka berdua yang jadi orangtua kita selama di asrama. Dan layaknya orangtua, kadang yang satu lebih baik dibandingkan yang lain, kadang bisa dua-duanya galak, dan jarang dua-dua-nya baek hehehe...

Dari dua ibu asrama itu, hanya satu orang awam, yaitu Ibu Wien itu. Banyak cerita dan banyak kejadian yang tentunya gue inget sampe sekarang. Salah satunya adalah, tentang menikah.

Bu Wien pernah mengatakan kalau cewek pada usia >= 25 tahun, dorongan untuk menikahnya akan sangat kuat. Gue sendiri gak tau bener ato enggak, karena toh umur gue waktu itu masih 17-18 tahun. Apa sih yang gue tahu? Umur dengan kepala 2 aja belum, iya 'kan? Tapi toh kata-kata itu gue inget baik-baik, sekedar untuk jaga-jaga kalo tiba-tiba gue merasa bahwa dorongan untuk menikah tiba-tiba memuncak.

Ternyata sampe saat ini, sampe gue udah melewati 25 tahun dan umur 30 tinggal beberapa tahun lagi, gue belum merasakan dorongan yang amat sangat kuat untuk menikah.

Entah karena ini kesalahan atau emang gue yang telat. I don't know.

Apa karena gue ngerasa bahwa menikah hanyalah sebuah option dan juga merupakan sebuah optional? Apa karena gue ngerasa bahwa ada yang lebih penting dari menikah? Atau apa karena gue merasa bahwa tanpa menikah pun lu juga bisa bahagia?

Memang harus diakui bahwa menikah juga memberikan rasa nyaman, memberikan perlindungan, memberikan sense of belonging, menumbuhkan rasa cinta dan memberikan kebahagian, serta hal-hal positif lainnya.

Gue juga tidak menolak pernikahan. Gue juga mau menikah, to someone I really love. Gue juga mau menghabiskan sisa hidup gue bersama seseorang yang gue cintai. Mau banget!

Tapi gue tidak menjadikan menikah sebagai tujuan utama hidup gue. Itu aja. At least, not now. Mungkin dua tahun lagi hehehe.

Jadi, gue kasian banget sama dua orang temen gue yang mendapat 'tekanan' dari orangtua mereka untuk segera menikah. Bahkan pertanyaan sederhana seperti, "Jadi giliran kamu kapan [kawin]?" atau pertanyaan yang to the point "Kapan kawin?" menjadi beban untuk mereka.

Dua orang temen gue ini jadi 'terpaksa' untuk 'hunting' cowok dan begitu dapet mereka harus segera menikah.

Salah satu temen gue itu...sekarang sedang menghitung hari...karena bisa dibilang, tinggal 2 minggu lagi dia akan menikah, tapi tanda-tanda menuju pernikahan yang sakinah dan bahagia jauh dari pandangan mata. Mau mundur, undangan udah disebar. Mau maju, tapi kok terlihat suram dan serba tidak pasti. Semua jadi serba salah. Padahal, sudah tidak ada cinta lagi dari sisi temen gue ini, sedangkan pihak yang cowok...duh...pingin banget bisa GUE INJEK-INJEK SAMPE GEPENG!!!!

Semua jadi heboh, panik dan bingung. Temen-temen satu geng gue, yang isinya hewan semua, udah siap-siap untuk men-stampede tuh calon suami. Beneran deh!

Bapak Burung Hantu menyalahkan ortu temen gue ini...gue juga sih...sedikit banyak emang pihak ortu cukup bersalah. Seandainya kejadian ini ditangani semenjak awal, gue rasa tidak akan banyak jiwa-jiwa dan hati yang terluka.

Seandainya.

Sekarang...tinggal menunggu kabar. Tinggal menunggu kisah selanjutnya. Tinggal menunggu apa yang akan terjadi dua minggu depan. Dan banyak-banyak berdoa, semoga terjadi sebuah keajaiban.


7 comments:

Ditogendut said...

Pendapat gue adalah: SALAHKAN ORANG TUA!!! Kalau sudah tentang pernikahan, PARENTS ARE THE ROOT OF ALL EVIL!!!! (okay, lebay... hehehe...)

Tapi buat kasus temen kita itu emang bener kan. Coba kalo nggak karena dikejar-kejar sama orang tua, manalah dia gedubrakan cari suami. Kalo nggak ketemu sama calonnya yang sekarang itu aja, jangan2 kambing dipakein celana juga disamber sama dia.

Mau gimana lagi? Perintah orang tua men. Harus segera dilaksanakan. Capek deh!

Trus tentang keajaiban yang lo mau itu, gue tetep sama prediksi gue. Gak mungkin banget si cowok mundur, yang ada harus temen kita yang mundur (yang mana efeknya pasti... HUAH!!! Heboh kemana-mana)

Kalau sampai rencana tetap berjalan. Yah, kita mau gimana lagi? Keputusan ada di dia. Kita mah cuman bisa mendukung dan (yang paling penting) mengusahakan supaya pada hari perkawinannya nanti, kita nggak memandang ke arah dia dengan tatapan belas kasihan. Duh, harus pake topeng setebel-tebelnya deh nih.

Omong2 lo bilang ada 2 kasus, yang satu lagi siapa ya?

Unknown said...

Satu lagi? Yah...temen adek gue itu lah...'kan sama juga kayak temen kita yang satu itu...dah gue ceritain 'kan tadi?

Duh...mesti gimana lagi yah ngomongnya? Lu bener To...family pride vs individual happiness...dah pasti family pride yang menang...rasanya gak rela banget deh kebahagiaan temen kita itu jadi korban. Suer..gak rela banget!

Gue sama LK dah ngebahas, supaya pas lagi resepsi, kita salaman, tapi pas nyampe ke mempelai pria, kita ancem dia satu-satu.

Bu pau malah gak mau nyalamin. Dia mau langsung injek kakinya aja. Sambil berbisik, "TUnggu tanggal mainnya, TERORIS!!" gitu katanya.

Gue...gue milih nabok dia aja deh...gimana?

Lu To? Lu mau apain?

Gue sih dah bilang sama LK untuk cari cara lain untuk bisa mengancam si mempelai pria.

Ditogendut said...

Susah Ze...

Masalahnya kita nggak bisa yakin kalo dia rese karena memang maunya dia untuk rese.

Apa yang bikin kita yakin 100% kalau dia bukan sekedar boneka dari orang tua dia sendiri?

Kebayang nggak sih adegannya?

"Pokoknya mami nggak mau tau! Kamu harus bilang sama calon istri kamu dan keluarganya, kalau mereka harus mempersiapkan kamar dan undangan untuk om ini, tante itu, pakde ini, pakde itu, paklik, bulek, teteh, kokoh, cici, butet, ucok, tole, dll, dll, dll..." (lanjutkan sampai kira2 baru selesai 3 jam kemudian)

Kalo lo yang ada di posisi itu gimana? Kayanya gak mungkin banget nggak memperjuangkan kepentingan keluarga sendiri kan? Masa kita dapet tambahan keluarga baru dengan ongkos dimaki2 anggota keluarga lama?

Apalagi kalo udah pakai diancem2 segala!

Bbbbhhhh....

"Mau ditaruh dimana muka mami dan papi kalau mereka sampai harus menginap di hotel dan harus bayar sendiri-sendiri!? Mendingan mami nggak usah dateng ke kawinan kamu, jadi mami nggak usah tanggung jawab sama pakde, paklik, bulik, cici, kokoh, kungkung, popo, butet, ucok, tulang, dll, dll, dll, dll..." (lanjutkan sampai kira2 5 jam kemudian)

Halah, capek deh!

Apalagi temen kita itu ada di posisi tawar menawar yang lemah, karena si cowok udah setuju supaya dia nggak usah pindah ke Bandung tapi si cowok itu yang pindah ke Jakarta.

HIEH!!!

UDah kebayang kepala gue:

"Mami sudah rela supaya anak mami pindah ke Jakarta, masa sekarang cuman dimintain kamar dan undangan aja susah banget? Baru jadi calon mantu aja udah susah diajak kompromi, gimana nanti kalau sudah beneran jadi mantu? Apa kata paklik, bulik, teteh, om, tante, cici, kokoh, butet, ucok, tole, nduk, kungkung, popo, dll, dll, dll..." (lanjutkan sampai kira2 7 jam kemudian... melalui telepon!)

Pokoknya kalo mau kawin yang damai bener-bener harus pake rencana gue.

Akad nikah berdua doang, trus langsung umumin di koran, n ciao pergi honeymoon. Gampang, gak ribet, dan murah! Mwahahaha...

Eh... tapi tunggu... diumumin di koran ya? Itu sih masih Freddy punya ide. Kalo ide gue lebih parah, GAK USAH NGOMONG2 SAMA SIAPA2 N TIBA2 CINCIN UDAH PINDAH DARI KANAN KE KIRI! Habis perkara!



Hieh... lama-lama yang ada di Indonesia runaway bride/groom bukan karena takut komitmen seperti yang sering diceritain di film2, tapi karena takut sama calon keluarga tambahannya!

CHYAPYEK DYECH!!!

Unknown said...

Setuju...setuju...dalam arti, emang apa yang ada di kepala lu itu emang mungkin aja terjadi.

Dan gue sendiri, emang sempat terbersit pikiran itu. Dari cerita bu pau (yang dpt kabar langsung dari sumber utama) ttg si cowok yang kadang baek, mengerti apa yang dimaksud or diomongin temen kita itu, kadang bisa berubah jadi keras kepala dan mau menang sendiri.

Jadi seperti orang yang punya dua sifat.

Gak mungkin 'kan gue menduga MPD/DID (Dissosiative Identity Disorder)? Gue kepikiran kalo dia dapet pengaruh atau masukan dari orang lain (yang terbersit sih TEMAN) yang membuat dia jadi berubah.

Tz malah bilang, langsung, kalo itu adalah tanda-tanda bahwa si cowok disetir sama orang lain, yang berarti si cowok belum punya pendirian yang kuat.

Gue...tidak kepikiran sama sekali kalo itu adalah dari pihak ortu. Susah buat gue untuk ngebayangin ada ortu yang...bisa menekan anak demi kebahagiaan or kesenangan or pride diri-nya sendiri. Mungkin ada (yeah...look at those sinetron!), tapi buat gue itu hal yang sangat-sangat-sangat-sangat susah untuk dibayangkan.

Anyway...
Ya. Apa yang lu omongin emang bener. Sekarang, tinggal bagaimana kita 'melindungi' Rany dari situasi yang tidak menguntungkan ini.

Nyamuk sempet menanggapi hal ini (waktu gue ambil baju, berarti sebelum berita terakhir dari gue itu) dengan cukup santai. Tanggapan nyamuk bikin gue kaget, gregetan, dan (herannya) juga tenang. Yah...lu tau gue lah, drama queen, di saat semua hal gue tanggapi dengan heboh dan orang yang di sekitar gue juga heboh, ketika gue mendapati seseorang yang tenang, mau gak mau gue jadi ikutan tenang. Serasa dapat angin segar di tengah gurun pasir.

Nyamuk bilang, dan dia masih berpikir positif, kita enggak tau ke depannya pernikahan ini seperti apa. Bener banget.

Selama kedua orang itu masih mengutamakan ego masing-masing, yah...paling dua tahun lah bertahan. TAPI, kalau masing-masing mau kompromi, kerja sama, sama-sama mengalah, bukan tidak mungkin pernikahan mereka long lasting. Bener banget!!!

Jadi...at the back of my mind and deep deep deep waaaayyy deep deep down of my heart...masih ada itu yang namanya harapan sebesar 10%, yang menyatakan bahwa pernikahan mereka akan berhasil.

Dan kalau sampe emang mereka berhasil, gue nyanyi You're Still The One-nya Shania Twain on their 25th anniversary!! Atau perwakilan gue yang nyanyi :)

Soal what we're going to do on him...Tz cuma bisa nyindir doang :) buat dia, apa yang kita rencanain itu gak ada efek jangka panjang-nya..hehehe...

Iya juga sih, itu juga cuma bikin kita lega beberapa waktu aja.

Yah...sudah lah.

Kalau sudah begini, apa yang bisa kita lakukan?

Selain berdoa...berdoa...dan berdoa.

Iya 'kan To?!

Anonymous said...

Lha ya iya lah, kita cuman bisa ngedoain doang. Mau gimana? Yang masuk kamar penganten kan cuman mereka berdua doang, kita mau paling cuman bisa ngintip2 doang. Wakakaka...

Tapi gue masih tetep sama pendirian gue, PASTI ORANG TUA! Minimal SODARA! Gak mungkin banget temen bisa neken sampe begitu. Tapi kalo ortu n sodara udah neken, pasti nggak enak banget. Wew...

Pokoknya family and parents are the root of all evil in a marriage life!

Unknown said...

Hieh...semoga gue someday tidak mengalami hal seperti itu. At least tidak separah itu.

Waktu gue 'handle' wedding Ingrid, itu aja udah ribet dengan beraneka ragam permintaan ortu, gue sempet ngebayangin apa yang akan terjadi kalo TZ married. Dan komentar Ingrid sama seperti tebakan gue. Ribet!

Anonymous said...

Oh well... kita udah lewat umur 21 tahun juga. Gak usah pake wali juga no problem.

Pokoknya kalo gue mau nikah n keluarga terlalu banyak cingcong, langsung gue pake cara gue. Nggak usah pake permisi2 lagi.

Gue baru mau dipestain kalo keluarga uda mau menyerah dan nggak banyak nguik2 tentang acara kawinan gue.

Males banget gak sih? Maksud hati pengen punya "THE FAIRY TALE WEDDING", tapi malah dapetnya "WEDDING FROM HELL". Mending gak usah pake keluarga2 deh, kalo prospeknya seperti itu.

Toh mereka pentingnya cuman buat ngerame2in doang. Yang ngerasain rumah tangga-nya kan yang nikah doang.

Bener2 gak worth it kalo sampe awal perkawinan aja udah penuh intrik2 cuman gara2 keluarga.

DAN TOLONG YA!!!

Para mantan2 pacar jangan pada rese!!! Pas acaranya trus mereka mau nyanyi TENDA BIRU kek, atau nyanyi MENGHITUNG HARI kek, terserah mereka. Tapi jangan mengganggu terbentuknya perikatan perdata yang akan segera terjadi.

Gue tuntut dengan tuduhan penghasutan dengan tujuan tidak baik baru nyaho' semua masuk penjara, bayar denda, n bayar ganti rugi kerusakan materiil n non-materiil.

Dan buat yang pengen nikah, tapi masih punya feeling2 sama para mantan. JANGAN NIKAH SEKALIAN! Pathetic tau ga?

Btw, kok gue jadi marah2 di blog Ze ya?

Si cowok itu nggak punya blog sih. Coba kalo punya. Udah gue kirim2in SPAM sampe nge-lag tuh blog punya dia.

Menyebalkan...

Punya cucu udah susah2 digedein kok begitu mau nikah malah disia2 sama calon suaminya. Belom pernah ditelanjangin trus digantung terbalik dari lantai 17 untar kali ya? Sama si Laler aja kita tega guyur dia pake bedak, diiket di kursi, trus ditaruh di lift. Gimana sama orang menyebalkan gitu?

Udah sukur nggak dijadiin cadaver sama Ingrid. Hieh...

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com