Wednesday, September 24, 2008

Eat & Eat - New Place to eat @ MKG 5


Hari ini kita sekeluarga rame-rame nyoba tempat makan baru di MKG 5. FYI aja, Mal Gading ini sih terakhir setau gue baru nyampe nomor urut 3, entah nomor 4-nya kemana, tau-tau muncul MKG 5. Mungkin masih menganut sistem kepercayaan orang Cina, nomor 4 itu tidak baik kali yah? Oh well...(hehehe niru Dito)

Nama tempat makan yang baru ini adalah Eat & Eat.

Sejak awal buka, memang sudah cukup menarik perhatian gue, karena sewaktu masih dalam tahap persiapan, di dindingnya ada semacam maklumat (yang sorry banget lupa gue foto) yang isinya menyatakan bahwa para anggota Jala Sutra akan pindah tempat nongkrong ke MKG 5, plus ada namanya Pak Bondan Winarno, yang menjadi host Wisata Kuliner di TransTV.

Yang menarik per
hatian gue jelas adalah namanya Pak Bondan tersebut. Nama tersebut semacam stempel approval bahwa tempat makan tersebut sudah pasti Mak-Nyuusss lah.

Gak cuma itu aja, di dinding tersebut ada tulisan yang bunyinya adalah...

From Rujak Buah to hokkien mee, Hawker food celebrates our rich diversity a melting pot of colours, textures, tastes and aromas
that bind us regardless of class, race, language or religion



Food is our national passion.

While we're eating one meal,
often we discussing where to have the next.

Hawker food is truly amazing to eat & eat
and its quality,accessibility, cleanliness

and efficiency makes a truly Hawker food

Well...meski gak tralu ngerti bener (apa yang dimaksud dengan Hawker?), toh kalimat tersebut mau gak mau bikin gue mengangguk-anggukan kepala, setuju dengan kalimat tersebut. Seperti yang ditulis di atas itu...selagi kita menyantap satu hidangan, seringkali kita kemudian membahas dimana kita akan kumpul dan makan-makan lagi...apalagi mengingat gue dan temen-temen yang lain itu memang GEMAR makan...setiap kali ketemu pasti bawaannya cari tempat makan, baru nongkrong...

Dan ketika kita (yang berarti emak, bapak, dan adik gue Tizia) nyampe ke tempat yang dituju, gue cuma bisa WOW!!!

Suasanya beda. Setting tempatnya beda. Makanannya juga beda (meskipun gak terlalu berbeda, tapi memang lain dari yang lain).

Satu hal yang langsung menarik minat gue adalah, setting-nya yang
bener-bener membawa kita seolah-olah kembali ke masa lalu...and it's so Chinese!!



Nyaris di tiap sudut, atau di tiap pojokan, ada bermacam-macam aksara Cina, gambar gadis-gadis Cina jaman dulu, bahkan ada foto seorang Mak, yang gak tau itu Mak-nya siapa yang ditaro di situ




Gak cuma berhenti sampai di hiasan atau ornamen, tulisan pun serta istilah pun juga ikutan oldies

J
JANG MAO KE JAMBAN
LIWAT SINI

Suer, tulisan ini sempet bikin orang cukup bingung. Bukan hanya karena pintunya yang tertutup dan enggak ada gambar/icon/lambang sama sekali, tapi juga mungkin karena tulisan JAMBAN itu yang membuat orang agak bingung. Atau mungkin lebih tepat lupa. Dan gue cuma bisa tersenyum antara lucu dan geleng-geleng kepala sambil mikir, ya ampun...ada aja yah yang niat untuk bikin keterangan seperti itu!!!



Nah, kalo yang satu ini...well...bener-bener gak tau, selain tebakan gue dia jualan kaca marmer dan roepa-roepa

Di beberapa dinding juga ditempel (di dalam frame) iklan-iklan kuno alias jadoel, lengkap dengan tulisan kuno-nya campur dengan bahasa Belanda. Hm...jadi kepikiran, mungkin mirip dengan iklan sekarang kali ya, bahasa Indonesia campur bahasa Inggris hahahaha...

Ini ada beberapa iklan yang sempet difoto adik gue dan gue, cuma emang gak jelas...


Yang sebelah kiri, tentang jamu Nyonya Meneer, sedang yang satu lagi, tentang es
k
rim Baltic, kalo gak salah.

Sedangkan untuk stall tiap makanan dan tempat duduk-nya juga disesuaikan lah ya...




Overall, tempat makan ini emang beda dari yang lain. Paling gak, menurut gue dan setau gue, baru kali ini gue liat yang seperti ini. Entah ya kalo di tempat lain ada yang bikin seperti ini. Atau mungkin ini meniru Singapore, yah...gue gak tau lah. Yang pasti sih...seneng aja ngeliat ini. Bring back old memories...hehehe..meskipun tetep aja gue belum lahir pas tahun yang menjadi rujukan bagi setting atau atmosfer tempat makan ini.

Pingin banget ngajak anak-anak yang lain untuk ke sini...tapi mungkin next month kali yah...sesudah lebaran dan sesudah urusan Rany klaar...

Oh ya...soal makananya sendiri...berhubung gue tadi gak makan, tapi emak bapak gue sih makan, tizia juga makan, dan enggak ada complained dari mereka, bisa gue katakan so far makanannya masih enak dan harganya juga reasonable. Masih belum buka semua, ada beberapa yang belum buka, tapi ngeliat tempat yang udah disediain sih...yah...bakalan seru deh

Gading emang bener-bener surga makanan!!

So...silakan dateng, lihat dan rasakan sendiri, oke?!

Yang pasti sih, next time mesti bawa kamera digital!!!

3 comments:

Anonymous said...

Apa maksudnya "oh well" trus bilang itu niru gue? Hehehe...

Lho Ze, bukannya di Malang juga ada rumah makan yang temanya JADOEL gak karuan gitu ya? Saking jadulnya sampe-sampe segala hiasan di resto itu adalah spanduk2 dan plang2 toko yang dari jaman tahun 40-an gitu.

Duh, gue lupa namanya tuh resto. Tapi lo pasti motretin semua hiasan yang ada di sana.

Ada satu dinding yang nunjukin merek rokok2 jaman dahoeloe. Gue sampe bingung, karena nggak ngira kalo rokok jaman dulu ada segitu banyaknya.

Ada juga mesin ketik, radio, telpon, dll yang dari jaman dahulu. Jadi kesannya kaya persilangan antara resto sama museum. Wah, gue sih udah betah banget di situ.

Ada satu alat yang gue ngeliatnya sampe ajaib banget. Alat buat mengkeriting rambut dari tahun 40-an. Bentuknya udah kaya alat untuk mind probing gitu. Kabelnya buanyak banget, sampe kaya ubur-ubur. Gue cuman bingung gimana pakenya tuh alat.

Ada juga fosil tanduknya banteng prasejarah dipajang di situ. Tuh tanduk panjangnya bisa 4 kali tanduk banteng sekarang.

Trus batu-bata dari jaman majapahit juga dipajang di situ.

Pokoknya bener-bener berasa makan di tengah-tengah museum. Wakaka...

Tanya sama temen2 lo di Malang deh, mungkin mereka tahu. Resto-nya bener2 resto, bukan resto di mall gitu.

Unknown said...

Bukan toko Oen 'kan?

Soalnya kalo yang lain...kayaknya gue gak merasa pernah ke sana deh...di daerah mana To?

Anonymous said...

Bukan Oen. Kalo itu sih gue tahu. Ini resto yang relatif baru kok Ze. Coba tanya sama temen lo si Saphie itu atau yang lainnya yang emang native Malang. Gue nggak tahu daerahnya, tapi kayanya deket (bukan di sekitar) alun2.

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com