Saturday, November 28, 2009

Jalan-Jalan ke Bandung [Kehidupan Para Narsisisme] - part 1

(note: klik foto untuk gambar yang lebih jelas ;p)

Well...bisa dibilang ini cerita lama. Long overdue. Dan sejujurnya, udah agak males juga untuk cerita, tapi gue pasti bakal kecewa kalo ini kisah tidak dituliskan hahaha...apalagi emang enggak ada catatan apapun selama perjalanan ke Bandung kali ini, kecuali catatan bon hahahaha. So...here it goes.

Setelah perjalanan Bandung tahun 2006 yang lalu (dah lama bener ya!!!), dimana pada waktu itu bisa pergi dengan rame-rame dan nginep pula, kali ini kami pergi lagi. Dan kali ini cuma pergi berempat. Yup just four of us, gue, Rany sang sopir, Linyuk, dan Sufei. Kalau biasanya pergi beramai-ramai, kali ini cuma berempat. Menurut ingatan gue, pertama kali ke Bandung duluuuuuuu itu pergi ber-7, naik Taruna. Kedua ber-10, naik 2 mobil. Dan kali ini cuma ber-4. Jadi ya cukup terasa perbedaannya. Yang pasti sih, karena kali ini naik Panther (hm...tiga kali ke Bandung sama Rany, dengan mobil yang berbeda-beda terus!), dan yang pergi cuma berempat, jadi yah more rooms for us hahahaha....

Rencana pergi hari Jumat. Jam-nya masih tidak tahu. Awal pingin pergi siang, tapi ternyata Rany rapat. Pas rapat Rany dibatalkan, eh Linyuk mesti ngelesin. Ya sudah, akhirnya diputuskan untuk pergi dari Jakarta sekitar jam 6 sore. Gue sendiri udah ngerapiin tas-tas gue. Hm...coba gue inget-inget gue bawa berapa tas. Tas baju 1 (berhasil pake yang sedeng), kemudian shoulder bag yang besar, kemudian masih bawa tas kecil untuk makanan, gue iseng bawa Famous Amos dan pear Sinko Korea 2 biji, plus tripod. Tripod ini yang gak boleh ketinggalan. Bisa menyesal sepanjang masa kalo tuh tripod gak gue bawa.

Ok, rencana berangkat hari Jumat jam 6 sore, ternyata batal. Jam 11 siang gue ditelpon oleh Sufei, langsung disuruh bangun. Kebetulan gue emang udah bangun dari jam 10, tapi pikir gue baca buku dulu, toh pergi sore. Eh jam 11 disuruh bangun dan dibilangin kalo ada perubahan rencana. Sufei, yang aturannya masuk kantor, ternyata memutuskan untuk membolos! Bareng dengan Rany, mereka memutuskan untuk liat pameran buku di JCC sebelum jemput Linyuk yang selesai ngelesin around 16.30 pm. Jadi gue akan dijemput around 13.30.

Berhubung gue lagi in the middle of interesting story, jadilah gue kembali ke buku gue itu hahahaha....akhirnya gue emang telat sih ;) pas Rany udah mau nyampe, sekitar Rawamangun situ, gue bilang untuk jangan cepet-cepet. Yang ada malah gue udah siap sedia, Rany yang belum nyampe hahaha...tapi gak papa. Pas Rany nyampe, gue udah siap, tinggal masukkin barang-barang dan langsung menuju Gajah Mada untuk menjemput Sufei.

Pas kita tiba di samping GM, baru aja mau parkir sebentar, tau-tau ada yang ngetuk pintu belakang. Eh Sufei dah nyampe hehehe...jadi kita tidak perlu nunggu lama-lama. Baru aja mau meluncur menuju JCC tiba-tiba dapet sms dari Linyuk yang mengatakan bahwa...dia tidak jadi ngelesin, yang berarti bisa langsung pergi.

Weleh-weleh...langsung rencana saat itu berubah, kita kembali ke rumah Sufei untuk ambil barang-barang dia (rencana awal adalah liat pameran dulu, baru langsung jemput Linyuk, sedangkan barang-barang Sufei 'dikirim' ke rumah Linyuk), baru kemudian jemput Linyuk. Tapi, dasar Sufei, begitu nyampe rumah Linyuk malah turun dan minta buka Farmville dulu!!! Dia panen dulu! Dasar! Tapi sesudah itu, kita langsung jalan. Sempet kepikiran untuk mampir JCC dulu, tapi gak jadi dan langsung menuju Bandung.

Kalau catatan status di Facebook benar (gila hoki ada FB ya!!!), maka kita baru naik tol, lewat Bekasi around 16.45-an. Dan selama perjalanan, kita ngobrol-ngobrol terus, berusaha untuk saling menjaga sang sopir jagoan untuk terus terjaga dan terhibur hihihi.... Kita akhirnya berhenti untuk makan sekitar jam 17.15-an di Rest Area pertama yang kita ketemuin, yang emang masih cukup baru, tapi oke juga lah. Makan di Solaria. Selesai makan, masih pake belanja di supermarket mini-nya...Alfa ya kalo gak salah. Beli Kopi (untuk Rany), beli obat nyamuk, beli minum, dan beberapa hal lainnya, baru deh abis itu jalan lagi.

Gue gak inget jam berapa masuk daerah Bandung sana (kita gak masuk kota yang pasti), tapi kita keluar Kopo itu around 19.30 dan waktu berhenti untuk beli martabak itu sekitar pukul 20.30. Hanya satu jam, padahal jaraknya lumayan jauh juga.

Ada cerita lucu mengenai martabak. Begitu mulai masuk daerah Ciwidey (keluar Tol) dan mulai ketemu dengan 'peradaban' seperti warung-warung, restoran, Pizza Hut, dsb-nya, rupanya banyak juga yang jualan martabak di pinggir jalan. Dan Sufei, rupanya ngidam itu martabak. Pertama sih dia enggak bilang kalo mau martabak, biasa ciri khas Sufei, cuma nyebut eh itu martabak. Terus disebut-sebut melulu lah itu martabak. Dari yang tersirat, eh enak kali ya makan martabak, sampai yang to the point, eh brenti dong beli martabak, hihihihi.... Tapi, dasar emang temen-temennya ini lagi pada iseng, gak ada yang menggubris itu omongan si prumpan. Tiap kali ada martabak, yang mana pasti gue liat dulu karena gue duduk depan, pasti dilewatin gitu aja. Termasuk tukang martabak yang ada tepat di sebrang pom bensin. Padahal Rany memang mesti isi bensin (solar), tapi toh Rany tetep enggak berhenti dan tinggal Sufei manyun di belakang, sementara kita tertawa terbahak-bahak hahahaha...

Akhirnya setelah Rany isi solar, toh gue bilang sama Rany untuk stop over ketika ada tukang martabak. Sufei sih udah hopeless gak bakal ketemu tukang martabak lagi, karena emang udah mulai jarang yang jualan, tapi ternyata masih ada (banyak) yang jualan, deket sama taman/lapangan yang kalo malem emang dijadikan tempat jualan. Jadilah berhasil juga dia beli itu martabak.

Selesai beli martabak, perjalanan masih harus dilanjutkan lagi untuk mencari penginapan yang emang udah kita booking. Berhubung udah malem dan lampu di kiri kanan jalan nyaris tidak ada, jadi memang nyaris tidak ada yang bisa dilihat. Sempet melewati beberapa penginapan yang sempat ditelpon/dilihat dari internet dan posisi mereka ternyata masih cukup di bawah, masih cukup jauh dari daerah yang hendak dituju besok hari. Akhirnya toh penginapan kita terlihat juga.

Namanya Pondok Gembyang. Seperti yang terlihat di foto, memang kecil dan modelnya rumahan. Kita tiba sekitar setengah 10-an gitu, jadi situasi di sekitar penginapan pun sepi. Hanya ada 2 mobil lain di parkiran. Gue sendiri langsung ngurus pembayaran dan sesudah itu baru deh kita semua pada menuju kamar. Kamarnya tinggi bo! Jadi kena deh mesti olah raga dulu malem-malem, bawa barang dan naik tangga menuju kamar hahahaha...ketauan banget yang jarang olah raga karena begitu nyampe kamar langsung megap-megap kehabisan napas :))

Kamarnya sendiri...yah standard lah ya. Tapi memang terlihat kurang bersih. Yang sangat mengganggu adalah lampunya yang temaram alias remang-remang. Suer bikin sakit mata. Kamar mandi...yah masih bisa lah dipake untuk mandi (malam itu kita gak mandi hihihi baru mandi pas paginya). Salah satu kelebihan Pondok Gembyang ini kalo gak salah inget sih dia punya semacan mata air panas, jadi ya mau malem atau mau pagi, air panas selalu tersedia. Cukup membantu sih untuk mandi pagi :). Tapi gue sih mandinya enggak terlalu pake air panas, tetep dicampur sama air panas hehehe...

So, jam 10 malam kita semua udah di kamar, gue dan Sufei di kasur, sementara Rany dan Linyuk di kasur angin yang dibawa Linyuk, kita sibuk ketawa-ketiwi bercanda macem-macem, ngebahas macam-macam. Dari soal Miyabi sampe istilah pillow talk juga dibahas. Mungkin karena 'baru' jam 10 dan gak ada yang biasa tidur jam 10, jadilah semua pada bingung mau ngapain hahahaha.

Pagi jam 6 gue bangun. Giliran pertama gue untuk mandi, karena katanya gue yang paling lama siap-siap hihihi...gak papa, jadi 'kan gue jadi lebih santai. So jam 6 gue dah bangun dan mandi duluan. Rencana mau berangkat jam 8, dan menurut perhitungan gue, dengan 4 orang cewek paling gak seorang butuh mandi dan siap-siap tuh setengah jam-an. Pas 'kan jam 8?

Sementara yang lain pada mandi, gue bisa foto nih pemandangan :)

Selagi menunggu yang lain selesai, gue beres-beres barang dan sekalian nurunin barang, supaya enggak sekaligus jadi berat. Sempet minta air panas karena mau bikin pop mie. Cukup lama juga menunggu air panas, karena rupanya sekalian dengan dua cangkir teh manis dan 2 tangkup roti panggang. Lumayan lah buat isi perut pagi-pagi kalo makan pop mie enggak cukup. Kayak gue, tuh roti malah gue makan semua hihihi...abis isinya selai strawberry sih.


Jam 8 lewat lima, kita keluar dari kamar, barang-barang udah dimasukkin ke dalam tas, siap untuk jalan. Tapi eits tunggu dulu...sebelum berangkat, harus lah foto dulu di depan hotel hahahaha...maka jadilah itu foto pertama kami berempat di Ciwidey. Itulah gunanya tripod. Baru sesudah itu perjalanan kami lanjutkan.

Menurut saran Rany, tujuan kita langsung Situ Patengang. Jadi kita naik dulu ke atas, baru kemudian turun ke Kawah Putih dan menuju Bandung. Berhubung kita jalan jam 8-an, jadi jalanan masih kosong, hawa masih dingin dan seinget gue AC mobil pun tidak dipasang. Angin semilir enakkkk sekali. Dengan pemandangan kiri dan kanan perkebunan teh, mau enggak mau memang langsung teringat akan puncak. Tapi kalo mau dibandingkan, tetep perkebunan teh Walini ini lebih bagus :)


Sempet beberapa kali menemukan spot yang bagus untuk backdrop foto (ini isinya fotoooo mulu!), tapi masih ragu-ragu untuk brenti di pinggir jalan sekedar untuk foto-foto, lagipula Rany pun bilang kalo nanti kita akan lewat jalan yang sama jadilah kita enggak brenti. Agak lega karena nanti bisa balik lagi, tiba-tiba Rany brenti (di sebelah kanan, pas ada tempat parkir) dan kita diajak foto. Emang bagus sih hihihi... Setelah puas dengan foto-foto, barulah perjalanan dilanjutkan kembali


Akhirnya tiba juga kita di Situ Patengan. Sebenernya, ada keterangan mengenai Situ Patengan di depan "pintu" masuk. Tapi, berhubung rame orang duduk-duduk, jadi kita enggak mampir. Jujur, sebenernya enggak ada apa-apanya selain danau dan pulau di tengah-tengahnya. Pulau itu katanya berbentuk love, emang iya sih. Atraksi nya adalah pulau itu. Makanya cukup banyak kapal di sekitar danau. Tapi, berhubung kita masih mau ke Kawah Putih, kalau ke pulau cinta-nya takut enggak keburu, jadi kita puas-puasin dengan foto-foto lagi.



Rany, Sufei, dan Linyuk...with the trees

Dan sesuai 'janji' Rany, kita juga berhenti sekali lagi di tepi jalan untuk foto-foto, dengan latar belakang perkebuan teh tersebut hahaha...pokoknya sebisa mungkin menangkap pemandangan indah ini, dengan kami di dalamnya tentu :)


Well...lebih baik dihentikan sampai di sini dulu :) berhubung saya lagi capek dan ngantuk, jadi berhenti sampai di Situ Patengan. Besok or hopefully nanti, disambung lagi :)



1 comment:

Unknown said...

Wah, ulasan yang menarik. Jadi semakin pengen cepet2 ke Ciwidey.hehe
Kalo boleh tau, rate kamar di Pondok Gembyang berapa per malem? Ada no telfon yang bisa dihubungi.
Saya berenam berencana ke Ciwidey hari Jumat ini.
Terima kasih banyak.

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com