Wednesday, November 19, 2008

Karawaci

Hari ini gue ada side job di daerah Lippo Karawaci, Tangerang. Psikotest untuk anak SMP kelas 3. Mereka butuh hasil psikotest untuk daftar ke sekolah lain. Gue kira, tadinya, ini untuk penerimaan siswa baru. Ternyata gue salah. Jadi yah emang anak-anak yang ditest tadi gak gitu banyak. Cuma tiga kelas @ sekitar 26 anak. Gak gitu banyak 'kan. Tapi tetep...bikin capek. Mungkin karena sepatu gue juga terlalu tinggi kali ya? Abis mau gimana? Sepatu hitam yang gue punya (dan baru beli) yah cuma satu itu. Tapi yah...gak papa lah. Mungkin karena belum terbiasa aja. Paha gue jadi kenceng aja rasanya hehehe....

So...gue suka juga dengan daerah Lippo Karawaci ini. Meskipun jauh, tapi setelah dua kali ke sana...jadi terasa lebih dekat hahahaha. What I like was...mungkin daerahnya kali ya...kebetulan tadi pagi gue di dropped di depan Times Book Store (YEAY!!!), yang sayangnya masih tutup. Tapi, berdiri di situ, dengan UPH di sebelah gue, Times di belakang gue, dan semacam food pedestarian (bukan asongan/warung tapi resto beneran), dengan pohon-pohon yang tinggi, plus suasana tadi pagi yang agak-agak mendung berawan gitu, membuat gue seolah-olah lagi tidak di Jakarta. Yah...emang bukan di Jakarta sih, tapi feelingnya beda aja. Kayak di luar negeri sono kali ya... Kapan-kapan gue foto deh. Or, mungkin aja karena gue baru pertama kali ke Karawaci, jadi gue masih agak amazed.

Side job ini bukan job pertama gue. Maksudnya sebelum ini gue udah pernah ngetes orang secara klasikal gini. Klasikal maksudnya ada beramai-ramai, bukan satu-satu. Udah dua kali, dan kebetulan dua-duanya gue sebagai Tester. Maksudnya, gue yang memberikan instruksi, memegang stopwatch, pokoknya yang berdiri di depan dan mimpin jalannya test. Tapi, kali ini gue jadi observer. Selain tugas gue meng-observe jalannya test, gue juga yang nyiapin alat-alat test, ngumpulin lembar jawaban, dan membantu Tester supaya test berjalan dengan lancar.

Jujur, bukan pekerjaan yang gampang untuk seorang Caroline Zenia Ivana. Why? Yah...you know lah...gue 'kan orangnya bossy banget...jadi agak-agak susah untuk gue menahan diri hehehe...susah narsis!!! Tapi untung aja, semua berjalan lancar pada hari ini. Gue bisa menahan diri untuk tidak terlalu banyak bicara or take over begitu gue melihat ada yang kurang beres (menurut gue). Meskipun tadi memang ada saat dimana gue terpaksa harus bicara, karena kalo gak tuh anak-anak pada gak ngerti sama tugas yang harus dia kerjakan.

Meskipun begitu, yang bikin gue bisa menahan diri adalah, karena Meta (temen gue yang nawarin job ini) dari awal udah memberikan job desc yang cukup terperinci. Dari awal dia sudah membagi bahwa mereka yang S2 bertugas sebagai tester, sedangkan yang S1 sebagai observer. Selain itu, Meta juga udah memperinci apa saja tugas tester dan apa tugas observer. Jadi yah...gue juga belajar untuk bersikap profesional lah...gak lucu 'kan kalo tiba-tiba pas hari H ada semacam perebutan kekuasaan di dalam kelas? Malu-maluin aja!

Dan...pelaksanaan test dapat berjalan dengan lancar, menurut gue. Seperti biasa, yang namanya anak-anak, selalu aja rame, ribut, dan bawel. Apalagi kalo yang masuk kelas adalah orang-orang baru, yang masih muda-muda kayak sebagian dari kita tadi. Dan gue...yang diharapkan untuk menjadi galak, malah gak berfungsi menjadi orang yang galak sama sekali....hieh...yang ada malah Meta yang jadi super galak. Memang membuat anak-anak menjadi lebih diam dan tenang sih, tapi gue rasa malah bikin suasana jadi lebih tegang deh...:) yah tiap orang beda-beda lah menghadapi anak-anak.

Mungkin gue salah, tapi gue melihat perbedaan yang...cukup menonjol antara anak-anak ini, Sekolah Dian Harapan, dengan mantan anak-anak murid gue di SMP St. Maria.

Anak-anak SDH memang lebih...kritis. Mereka banyak bertanya. Bahkan pertanyaan yang, sekali lagi menurut gue, seharusnya tidak perlu dipertanyakan, tetap mereka pertanyakan. Somehow mereka tidak memiliki rasa takut terhadap respon guru-guru mereka, yang kebanyakan dipanggil miss or sir, karena gue sama temen gue langsung dipanggil miss. Bukannya gue menolak menjawab pertanyaan mereka, toh dengan bertanya membuat kita tahu apakah mereka mengerti atau tidak. Dan bisa jadi feedback untuk kita juga 'kan.
Cuma...di satu sisi gue melihat mereka tidak punya disiplin. Memang, pertemuan pertama tadi memang tidak bisa dijadikan ukuran. Tapi ngeliat cara mereka masuk kelas, melihat posisi tempat duduk mereka, dan bagaimana mereka bersikap, menunjukkan kalau mereka memang diijinkan/dibiarkan bersikap sebagaimana maunya mereka. Tentu dalam taraf kewajaran.
Sekali lagi, bukan berarti gue tidak suka sikap seperti itu, tapi kesannya jadi tidak dididik. Itu aja. Mungkin karena mereka terbiasa 'dibiarkan', jadi tidak ada tuntutan atau keharusan dalam bersikap/bertindak/bertingkah laku, dan mungkin, dalam mengerjakan tugas, jadinya yah...mereka cenderung santai.

Sedangkan untuk anak-anak mantan muridku yang tercinta...well...harus diakui mereka kurang kritis. Bukannya tidak kritis, tapi kurang. Paling hanya segelintir anak saja yang banyak bertanya, dan ujung-ujungnya, sorry to say, tapi malah mendapat cap sebagai anak bawel yang banyak bertanya. Ironis memang, dan so sorry kalo gue termasuk salah satu guru yang pernah ikut memberikan label tersebut. Walaupun jujur aja, pembelaan gue adalah, gue gak bermaksud untuk memberikan label tersebut dalam konotasi negatif hehehe...tapi ya itu lah anak-anak yang sekolah di Sanmar.
Di satu sisi, yang amat sangat gue banggakan dari Sanmar adalah tingkat disiplinnya yang emang gak bisa dan tidak boleh dipertanyakan. Ya ampun! Kalo dibandingin sama Sanur sih, Sanmar tuh masih jauuuuuuuuuuhhhhhhhh banget deh!!! Sanmar tuh masih bisa dibilang lebih santai dibandingin Sanur. Tapi itu yang bikin Sanmar jadi beda. Dan kita bukan saja diajarkan bagaimana menjadi anak yang pintar, tapi juga diajarkan bagaimana harus bertindak, sopan santun, dan bagaimana menjadi anak cewek or cowok yang punya manner.

Walaupun harus gue akui, melihat kelas-nya yang seperti itu (kelas bahasa inggris sih, tapi tiap kelas ada komputer untuk masing-masing guru dan ber-AC pula), membuat gue sempat berpikir ulang.
Dulu, Ingrid pernah nanya: Dengan banyaknya sekolah dengan embel-embel bertaraf international, gue bakal menyekolahkan anak gue dimana? Di sekolah international tersebut or di sekolah biasa seperti Sanmar dsb. Jawaban gue waktu itu, sebagai seorang Serviam sejati (halah!), tentu langsung gue jawab SANMAR!!!
Tapi tadi waktu ngeliat kelasnya, dan ngeliat salah satu buku yang dipake, untuk sesaat gue sempat berpikir ulang.
Dan kembali berpikir ulang begitu ngeliat anak-anak muridnya hahaha...

Ada kejadian yang lucu yang juga membuat gue terheran-heran. Entah karena mereka terbiasa berbicara bahasa inggris atau gimana, jadinya bahasa Indonesia mereka itu...jadi agak kurang.
Ini ada beberapa kata-kata yang mereka tidak tahu. Entah tidak pernah dengar atau sekedar lupa.

Jambangan
Kelakar
Lencana
Pandai besi
tempa
cendikiawan

Well...gue...kaget dan heran. Shocked a little juga.

Maksud gue...ya ampun!!! Gue juga termasuk orang yang sekarang kalo bicara udah campur-campur bahasa Inggris. Dah jarang banget gue mengucapkan kata 'atau' karena lebih sering dan lebih cepat bilang or. Juga termasuk orang yang merasa bahwa kata-kata dalam bahasa inggris kadang lebih bisa menggambarkan perasaan gue. TAPI bukan berarti bahasa Indonesia lu jadi jeblok/jongkok 'kan? Kalo lu tinggal di luar negeri sih maklum banget. Lha ini tinggal di INDONESIA tetep aja gak tau? Lagian itu 'kan bukan bahasa tingkat tinggi. Mati gak sih lu??!!

Gue cuma bisa geleng-geleng kepala dan yah...itu...terheran-heran.

Tz, adek gue juga bengong. Apa mereka tidak dapet pelajaran peribahasa? Atau pantun?
Tinggal gue yang bilang, kalo tadi sepertinya gue tidak melihat ada guru untuk pelajaran bahasa Indonesia!!! Hahahaha....mungkin gue yang salah liat kali ya...tapi kalo emang beneran gak ada pelajaran bahasa Indonesia sih...KETERLALUAN lah yauw!!!

Yah...tapi itu emang sekedar sisi lain/sisi yang lucu tapi aneh aja sih dari pengalaman hari ini.

Yang lainnya? Yah...paling gue ngeliatin tuh anak-anak dan jadi ingat waktu dulu masih jadi guru BP. Terus 'ngelabain' tuh para brondong-brondong yang suer cakep-cakep juga!!! Gue rasa dah gede pada ganteng-ganteng tuh! Hehehe...
Or ngeliatin mereka pada 'berkeluh kesah' waktu disuruh ngerjain Kraeplin Test - itu loh, tes yang lembarannya selebar setengah halaman koran, isinya deret angka dari atas sampe bawah dan tugasnya adalaha menjumlahkan dua angka dari bawah ke atas - dan selalu berkeluh kesah tiap kali mereka harus pindah jalur. Tinggal gue aja yang ketawa-ketawa ngeliat mereka ngerjain. Abis...tiap kali mereka harus pindah selalu aja menghela napas panjang dan komentar macem-macem hahaha...

Kelar dari test, gue Meta dan Yosi pergi makan di Supermal dulu, baru kemudian pulang naik bus Karawaci yang berhenti di Grogol. Dari Grogol (CL) gue lanjut naik taksi. Sakit pala dan kaki sakit bo...gak tahan gue.

Overall...hari ini fun aja. Ketemu anak-anak yang lucu-lucu itu, menyadari kalo gue gak bisa galak (hm...baru tuh!), menyadari kalo bahasa Indonesia tetep lah harus dikuasai secara baik, dan belajar untuk jadi observer yang lebih handal aja.

Sabtu besok, gue kembali 'bertugas' dan kita liat aja nanti seperti apa.

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com