Tuesday, November 4, 2008

A Loyal Character Dancer - Qiu Xialong


Akhirnya gue kelar juga baca nih buku. Awalnya memang agak...membuat ngantuk. Apalagi settingnya adalah Shanghai, China di tahun 1990...wah...gak kebayang seperti apa. Mungkin karena gue lebih sering baca buku dengan backgroun USA, jadi agak ribet juga baca buku ini. Tapi toh akhirnya kelar dan ternyata....HUAH!!! Gue suka!!

Hehehehe...mungkin gue suka karena tokohnya, Inspector Chao Chen, ketemu or diminta bekerja sama dengan seorang U. S. Marshal, Catherine Rohan, yang bikin nih cerita jadi menarik.

Kenapa menarik...well...karena hubungan keduanya jelas-jelas tidak mungkin dan agak-agak forbidden.

Why? Simply just because...Inspector Chao Chen merupakan seorang polisi China yang merupakan anggota partai komunis (or mungkikn dikontrol oleh partai), yang sangat nasionalis (meskipun tidak antiWestern), tidak mungkin dapat berhubungan dengan seseorang yang bukan from China. Intinya sih kurang lebih begitu.

Tapi, karena 'cinta terlarang' itu, which btw enggak terlalu diexpose soal 'cinta' itu, malah bikin gue jadi suka sama nih buku.

Anyway, itu cuma 'side dish' dari nih buku.

Yang pasti sih, meskipun pada awal buku ceritanya lambat, tapi harus gue akui, bener-bener membuka mata gue akan sejarah China. Gue sampe buka wikipedia untuk mencari tahu lebih lanjut soal Cultural Revolution China yang sangat terkenal itu dan rupanya memang membawa cukup banyak luka bagi mereka yang pernah mengalaminya.

Selain itu, buku ini juga memberikan penjelasan yang cukup mengenai beberapa tempat penting or historical or tourist spot di Shanghai. Gue malah kepikiran, kalo emang SOMEDAY jadi ke China or mungkin Shanghai, nih buku bisa dijadikan bahan referensi :)

Buku ini juga membeberkan or menggambarkan dengan cukup...berani mengenai hal-hal yang umum terjadi di China. Gak jauh beda dari Indonesia lah, seperti sogokan ke orang pemerintah, preman-preman (or Mafia dalam hal ini), pembajakan (baju/tas/dompet), prostitusi dalam kedok Karaoke/Club, dsb. Bikin gue agak sedikit...hm...apa ya...lega mungkin? Menyadari bahwa hm...emang dimana-mana sama aja hehehe...

Dan sekarang...saatnya gue untuk membaca buku selanjutnya :)

1 comment:

Anonymous said...

Hmm... nama tokohnya Rohan ya? Apalagi lo menyebut frase "Cinta terlarang". Kok gue jadi inget cerita tentang orang dengan nama yang sama ya? Hmm... Harus buka-buka wikipedia lagi. Wakaka...

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com