Sunday, November 30, 2008

Karawaci part...dua, deh!

Today, 29 November 2008, untuk ketiga kalinya gue kembali 'berkunjung' ke daerah Lippo Karawaci, Tangerang. Untuk ketiga kalinya, gue datang untuk mengetes anak-anak. Dan untuk ketiga kalinya gue mengunjungi daerah yang 'nyaris' tidak akan pernah gue kunjungi karena jauh-nya minta ampun dari Kelapa Gading Permai.

Yang berbeda adalah, Yosi hari ini telat bangun jadi gue baru berangkat dari rumah around 6.00 am, padahal biasanya 05.45 am. Tapi gak papa, karena hari Sabtu, jalanan kosong dan dalam waktu satu jam, gue udah tiba di depan sekolah.

Yang berbeda lagi adalah, lokasi sekolah dan anak-anak yang akan dites kali ini berbeda. Meskipun sama-sama Sekolah Dian Harapan (SDH), tempatnya kali ini di daerah perumahan "Himalaya" (kalo gue gak salah inget) dan anak yang dites adalah anak usia 2,5 tahun sampei 4 tahun.

YUP! 2,5 tahun!!!!

Aduh!!! Beneran deh! Gue salut banget sama engkau wahai para guru TK!!! Duh!!! Gue sih amit-amit ya!! Bener-bener gak tahan. HIH!!! Tuh anak-anak yang ada malah gue tabok-tabokin kali. Untung aja tadi enggak ada kejadian seperti itu. Tapi suer dah!! Kapok deh!

Kali ini gue bertugas bersama dengan Aurora. Jabatan gue tetap sebagai observer. Jumlah anak yang harus 'dites' gelombang pertama ada 5 anak. Usia mereka semuanya 3 tahun. Namanya juga anak kecil, tapi tentu saja perkembangan kemampuan masing-masing berbeda satu sama lain. Ada yang begitu disapa langsung menyaut, ada yang diem aja, ada juga yang pandangan matanya gak jelas. Ada yang bicara dengan jelas, ada yang (sekali lagi) diem aja, ada juga yang jawabannya gak nyambung. Hieh...dasar anak-anak. Untung aja bukan gue testernya!

Meskipun begitu, ada satu hal yang bikin gue bener-bener amazed banget.

Begitu gue (or Aurora) bertanya, sambil pegang crayon, "Warna apa ini?" bisa dibilang semuanya nyaris menjawab, "blue!" atau "red" atau "yellow".

Oh my God!! What's wrong with this kids? Don't they speak Indonesian anymore?

Hahahaha....

Gak...bukan itu yang gue keluhkan.

Gue cuma *WOW* dan sedikit taken aback.

Gue ngomongin anak umur 3 tahun lho ini. TIGA TAHUN!! Bukan lima tahun atau apalagi usia 12 tahun.

Apalagi mereka udah mengenal angka (sampe lima dan juga dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, tapi mostly belum sampe konsep jumlah), mengenal beberapa huruf (terutama S dan O), dan malah ada yang sudah bisa menulis (meskipun mungkin lebih pada meniru bentuk huruf). Tapi sekali lagi...ini anak usia TIGA TAHUN!!!

Gue cuma bisa berpikir, gila ya anak-anak sekarang! Gila ya sekolah untuk anak-anak sekarang! Gila ya!!!!

Perasaan dulu gue belum mengenal huruf deh. Kayaknya dulu gue belum tahu bahasa Inggris deh. Gue dulu gak kayak gitu deh! Duh...jadi minder ndiri!

Bener-bener deh!!

Selesai gelombang satu, gue dipindahkan ke Harry, karena jumlah anak yang akan dites di tempat Harry ada 4, sedangkan yang di tempat Aurora cuma ada tiga.

Sempet ada semacam 'hiburan' sewaktu menanti dimulainya gelombang dua.

Ada anak, namanya Terry usia 4 tahun, yang udah disuruh masuk oleh nyokapnya, meskipun anak-anak yang lain belum dateng. Dan sepertinya sudah menjadi 'kebiasaan' adalah langsung memberikan kertas kosong dan menyuruh/meminta anak tersebut untuk menggambar. Anything.

Eh...dasar tuh anak 'sok' pura-pura shy...jadilah sambil ketawa-ketawa dan geleng-geleng kepala bilang gak mau gambar. Gue, berusaha membujuk, menawarkan untuk menggambar beberapa benda...seperti awan (gampang bo!). Eh..sekali lagi dia menolak mengambar, tentu dengan senyum manis, dan bilang kalo gak bisa gambar awan. Alhasil gue lah yang gambar. Yang ada...ujung-ujungnya gue yang gambar!!! Gue jadi gambar matahari, laut, ikan, ubur-ubur, sampe kepiting!!! Dasar tuh anak!!! Masak gue dikerjain anak umur 4?

Hehehe...tapi emang anaknya dah pinter sih...diajak ngomong juga nyambung. Gue jadi lebih suka aja. Ganteng lagi hahahaha!!!

Oke.

Berikutnya nyambung di kelas Harry.

Mau ngamuk gue!

Begitu gue masuk, udah ada satu anak cowok yang sedang nangis dengan hebohnya (tapi dengan air mata yang minim) setengah berteriak kalo dia meminta main di luar. Untung aja di dalam ada bonyok-nya dia. Orang tua nya sih keliatan sebagai ortu yang well educated karena mereka berusaha sekali supaya tuh anak teralihkan perhatiannya. Untuk sesaat cara itu berhasil. Karena dia sempet diem. Setengah menit, sebelum akhirnya kembali berteriak dan menangis (dengan volume air mata yang bertambah) meminta untuk keluar.

Gue dan Harry keluar sebentar, karena bingung mencari anak-anak lain yang mau tes, kok kagak ada. Ternyata ada satu pasangan suami-istri yang masih muda, anaknya baru 2,5 tahun (bapaknya ganteng bo!) lagi menunggu. Akhirnya sama Harry dipersilakan masuk aja.

Jujur gue takut si anak yang baru masuk ini, A, bakal ikutan nangis. Tapi untung kagak! Dia anteng aja baca buku sama nyokapnya, sementara si bapak gue suruh isi data siswa. Aaron juga kemudian eksplorasi ndiri. Ngambil spidol, nulis-nulis di papan, ngambil barang-barang yang di deket situ, pokoknya cuek aja deh. Gak peduli sama anak yang sedang heboh (sekarang volume air mata udah maksimal plus ingus plus keringetan, padahal pake AC).

Sembari si M, akhirnya keluar. Gue minta sama ortu A untuk keluar. Bokapnya keluar dulu karena emang si anak gak ngeliat bapaknya. Dia lagi asik sama spidol dan papan tulis. Nyokapnya cuma bilang kalo dia mau ke wc jadi A suruh tunggu di kelas. Anaknya cuma ngangguk dan bilang "he eh", anteng aja, cuek terus.

Kemudian masuk anak cewek, T, yang nempel terus sama susternya. Disuruh turun dari gendongan pun gak mau. Ketika akhirnya mau pun, tuh susternya mesti ikut. Akhirnya gue suruh dia duduk agak jauh dari T.

Dimulailah tes.

Gak perlu gue jelasin mendetail, yang penting si A ini asli cuek aja, dalam arti positif ya karena dia mengerjakan tugas yang diberikan tanpa banyak bicara. Sementara itu suster T diem-diem keluar. T masih asik ngerjain tugas. Tiba-tiba dia nengok ke belakang, ngeliat susternya gak ada. Mulai deh...

Gue tau dia mau nangis, tapi suer gue penasaran sama cara dia nangis. Gue pingin tau gimana proses dia nangis. Keren lho hahahaha

Matanya bisa tiba-tiba berkaca-kaca...air mata itu menggenang di pelupuk mata, sebelum kemudian ujung-ujung bibir tertarik ke atas dan dia mulai sesenggukan yang diikuti dengan teriakan tangisan. Yang lucu...tangannya otomatis terangkat ke atas minta gue gendong dan minta keluar. Dan abis itu sesenggukkan kayak orang asma.

Hieh...dasar anak-anak.

Kemudian masuk satu anak cowok lain, C. Agak lebih mending, karena bisa masuk kelas untuk yah....mungkin around 5 menit tanpa menangis tapi kemudian mulai mencari...suster/mama. Ya sudah...bubar lah tugas yang harus dikerjakan.

In the end, cuma melakukan tes pada dua anak. A dan T. Gue sih lebih suka sama A. Anaknya tenang, ditanya bisa menjawab (meskipun masih agak cadel dan belum sepenuhnya mengerti) tapi mandiri. Sedangkan T...well...manja. Ditanya menjawab sih...tapi rasanya perlu didorong-dorong dulu deh.

Sedangkan C...well...masih belum bisa apa-apa. Belum mengenal angka, warna, bentuk, huruf, bicara aja masih belum jelas.

Kemudian, disaat semua sudah selesai baru masuk kembali si M.

Karena Harry sedang sibuk interview, jadilah gue yang ngetes.

Ya ampun!!! Bener-bener deh, kesabaran gue tuh diuji abis!

Gue suruh dia ngewarnain gambar ikan, kagak diwarnain. Udah gue kasih contoh, tetep aja kagak diwarnain. Yang ada malah dia gambar garis, bikin garis berzigzag, di luar gambar ikan. Padahal ada bokapnya udah mendorong, nyokapnya juga ikutan, tetep aja gak mau.
Tugas ke dua juga sama. Tugas ketiga juga sama. Paling waktu menunjuk warna aja dia mau. Selebihnya? Kagak!

Caphe deh!!!

Aduh...kalo dah kayak gitu ya...gue jadi mikir-mikir. Amit-amit deh, tapi gue baru mau nyekolahin anak gue umur 4 aja deh. Itupun milih TK yang...isinya main aja. Maksud nya...yah diliat dulu lah kemampuan anaknya. Kalo emang udah bisa baru lah disuruh sekolah, kalo enggak ya jangan lah. Kasian anaknya!

Hieh...bener-bener deh...pengetesan hari ini...bikin capek banget!!

Gue gak cocok jadi guru K-1 or K-2!!

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com