Saturday, December 19, 2009

AVATAR


Oke...awalnya belum mau menuliskan "review" tentang nih film, alasannya karena pada saat gue nonton nih film or the day I saw this movie bersamaan dengan hari dimana gue, Sufei, dan Yan tuh jalan-jalan...dan kalo jalan-jalan berarti foto-foto. Berhubung gue lupa bawa kamera dan yang ada adalah kamera Yan, jadi gue enggak punya foto-fotonya. Ada beberapa di hp, tapi berhubung kabel hp-pc juga lagi dibawa pergi bokap, jadi gue pun tidak punya foto :( sedih...

TAPI, berhubung tadi gue baca wikipedia mengenai ini film mau tidak mau gue jadi tergugah dengan apa yang gue baca dan menjadi lebih terkesima dengan apa yang gue tonton semalem. And here I am, giving my opinion about this remarkable wonderful great movie!!!

Buat pecinta film/cerita science fiction, kisah-kisah alien, cerita-cerita khayal dan imaginasi...wll this movie is definitely for you. Dengan setting di luar angkasa (yang pasti sih bukan di bumi), lengkap dengan alien (mahluk pribuminya, bangsa Na'vi), dan visualisasi yang completely blow your mind, ini film membuat gue dan Sufei terbengong-bengong selama nonton ini film.

Untuk sinopsis cerita, well gue rasa bisa baca di banyak tempat, wikipedia salah satunya. Jalan ceritanya sederhana, dan selintas memang nampak seperti Pocahontas. Dan jujur aja, gue awalnya agak ngeri kalo film ini kemudian memang seperti Pocahontas. Untung aja enggak, dan akhirnya gue bisa berhenti membandingkan film ini dengan Pocahontas (Disney' version of course).

Banyak orang bilang bahwa James Cameron (sutradaranya) membutuhkan waktu 15 tahun untuk membuat film ini. Dari 1994 James Cameron udah nulis scripment nya. Tapi waktu itu, teknologi untuk merealisasikannya belum ada, jadilah selama bebeapa tahun kedepan, dia menunggu sampai teknologinya ada (gue rasa dia bukan sekedar sit back and wait, tapi juga ikut menciptakan, memberi dorongan, dan kontribusi lain), apalagi kemudian bisa tercipta tokoh seperti Gollum di LoTR, King Kong, dan Davy Jones di Pirates of Caribbean. Dan prosesnya pun dimulai, termasuk menciptakan tradisi dan bahasa kaum Na'vi yang kompleks.

Yang membuat gue terkesima adalah ternyata, film ini bukan sekedar menggunakan CGI biasa. Kalo penangkapan gue enggak salah, bedanya Avatar dengan film lain adalah mengenai background settingnya, tentang environment dimana para aktor itu berinteraksi. Kalau biasanya digital environment itu ditambahkan SESUDAH para aktor berlaga, kali ini James Cameron bisa LANGSUNG melihat interaksi antara aktor dengan digital environmentnya, dan bisa langsung disesuaikan seolah-olah digital environment itu nyata. Gila gak sih???


Gue gak tau ini film berapa lama, karena suer terasa cukup lama juga lho...mungkin 2,5 jam kali ya? Harus diakui, ada beberapa kali gue sampai menitikkan air mata, hingga nyaris bener-bener nangis. Hieh...bener-bener film yang menguras emosi. Apalagi Sufei! Untung duduknya di tepi, jadi kita bertiga sendirian, kalo enggak wuih...bisa ditegor orang berkali-kali mungkin.

Pokoknya ya nih film mantap abis lah hahaha...gue bingung harus cerita apa lagi tanpa membocorkan adegan-adegan yang ada. Yang pasti sih, gue amazed banget sama alam yang ditampilkan di film ini. SOOOOO BEAAUUUUTIFULLL!!! Alamnya ini yang membuat gue ternganga (beneran ternganga) dan terkesima. Dan jangan lupa soal actionnya...Sufei sampai tutup mata di beberapa bagian pas waktu adegan action dan gue pun sampai setengah menahan napas dan ikutan tegang.

Senin besok rencana untuk nonton yang 3D-nya tapi hanya di Blitzmegaplex, karena dibandingkan 21 hehehe Blitz punya 3D emang lebih oke :)

Buat yang belum nonton...well it's a MUST SEE movie of the year (I think it's true), dibandingkan dengan 2012 apalagi New Moon, well dua film itu enggak ada apa-apanya deh :)

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com