Wednesday, March 11, 2009

Slumdog Millionaire


Gak, gue gak mau ngebahas tentang sinopsis nih film. Sudah banyak berita mengenai sinopsis-nya dan kalau emang kurang jelas, ya silakan ke wikipedia lah...lengkap dan jelas banget!

Gue cuma mau cerita, kalo tadi siang, gue [akhirnya] nonton nih film. Di Blitzmegaplex, Mall of Indonesia, yang menurut Yosi, kursinya lebih enak dibandingkan di GI dan senderannya lebih fleksibel (bisa agak-agak mundur gitu deh).

Gue tertarik dengan nih film mungkin pada saat Golden Globe yah, waktu di Sharukh Khan mengenalkan nih film sebagai salah satu nominees untuk best picture. Adegan yang ditunjukkan membuat gue...cukup deg-degan dan tambah penasaran. Ditambah lagi dengan cerita-nya yang sederhana [padahal proses-nya gak se-sederhana itu], yah membuat gue penasaran aja.

Niat nonton agak berkurang setelah ngebaca sinopsisnya di wikipedia. Seolah-olah gue baru 'disadarkan' akan cerita sesungguhnya dari film ini. Bukan cerita yang sederhana!

Seandainya tadi [or kemaren] Yosi gak bilang pingin nonton di Blitz, gue rasa gak bakal gue nonton nih film di bioskop, paling nunggu dvd-nya keluar, dan andai udah beli dvd-nya pun, gak bakal langsung gue tonton.

Why?

Karena gue tahu [or baca] bagaimana proses Jamal (Dev Patel) sampe bisa duduk di kursi panas "Who Wants to be a Millionaire", dan bagaimana dia bisa menjawab beragam pertanyaan tersebut. Sekali lagi, bukan proses yang sederhana, enteng, apalagi mudah.

Alhasil, pada saat nonton, ada kali gue tutup mata or memalingkan muka selama dua menit. Atau beberapa kali gue tutup mata. Malah sampe ikut tutup kuping segala [yang sebenernya gak gitu guna. Bioskop gitu lhoo!!], karena gue gak tahan ngeliat adegannya. Agak membantu juga, pada saat adegan-adegan tersebut, memang tidak ada percakapan. Kalo gak...wah...gak ngerti deh gue!

Gue sangking 'terganggu'nya dengan adegan-adegan tersebut, sampe nyaris mau keluar dari bioskop karena gak tahan! Untung gue tetep duduk, meskipun tutup mata.

Untung, begitu bagian Jamal udah agak dewasa, adegan-adegan yang membuat gue menutup mata berkurang. Dan gue mulai menikmati banget tuh film.

Emang bagus sih tuh film. Suer. Bukan hanya karena dia menang beragam penghargaan, tapi memang dari segi cerita, bagus. Gak rugi lah gue nonton hehehe...sempat menitikkan air mata di akhir film, karena di akhir film tuh seperti dibikin semacam summary perjuangan dia, meskipun kalo menurut gue kurang sedih sih, tapi paling gak mengingat itu semua membuat yah...cukup terharu lah.

Tinggal kemudian muncul semacam diskusi antara orang-orang yang duduk di belakang gue. Satu bilang keberhasilan Jamal karena kerja keras dia. Sedangkan yang satu lagi mempertanyakan dimana kerja keras-nya? Karena menurut dia semua jawaban yang diperoleh bukan karena hasil belajar, tapi karena itu hidup dia.

Tinggal gue yang kemudian ikutan mikir.

Iya juga ya...dia tahu semua jawaban itu karena hal-hal yang terjadi sama dia, yang bisa dibilang kebetulan. Tapi...di satu sisi, kalo dia gak kerja keras yah...dia gak bakal duduk di kursi panas itu. Jadi gue pikir gue akan melihat keberhasilan yang dia peroleh karena kerja kerasnya.

Hehehe...emang ngaruh sama filmnya?

Yah yang belum sempet nonton sih...gue rasa harus nonton deh nih film. Entah mau di bioskop or dvd, yang penting sempatkan lah nonton...

No comments:

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com