Friday, March 26, 2010

Ketika Ze Masak

Dengan badan yang tidak bisa dibilang kecil, udah pasti dong gue doyan makan. Dan ternyata selain makan, gue juga demen masak. Memasak merupakan sebuah kemampuan yang kudu harus mesti bisa gue lakukan. Namanya juga anak cewek. Dan bokap gue menekankan banget kalo gue dan adek gue, yang juga cewek, kudu mesti harus bisa masak. Malahan, dari kecil gue dan adek gue udah di'training' masak dengan dikirim khusus ke rumah Oma gue hahaha. Dan yah pengalaman 'belajar' masak di rumah Oma jelas bikin gue dan Tz jadi lebih mudah bergaul dengan dapur.

Di rumah, yang jago masak itu bokap. Yup, bokap. Bukan nyokap. Malah bisa dibilang, nyokap enggak bisa masak. Bisa lah dikit-dikit, tapi bokap lebih jago. Mungkin karena Oma (dari bokap) dulu jualan kue dan les bikin kue, soalnya semua anak-anak Oma gue pada jago masak semua (kecuali Om gue yang belum ketauan kemampuannya karena istrinya jago masak).

Nah, begitu gue ikut Pramuka, mau enggak mau kudu bisa masak. Terutama untuk persiapan kemping. Dan pelajaran memasak yang paling gue 'takuti' itu tidak lain dan tidak bukan adalah memasak nasi. Perlu belajar dulu tuh gue. Nanya nyokap (memasak nasi ini basic, jadi nyokap bisa), nanya bokap juga. Apalagi masak nasinya pake dandang, enggak pake rice cooker. Ya iya lah. Namanya juga kemping, mana ada listrik? Dan jaman dulu (buset dah jaman dulu?!) yang namanya makan waktu kemping, kudu disiapin ndiri, enggak kayak anak-anak sekarang yang makannya udah disiapin (suer bikin iri!!!).

So...gue bisa dibilang bisalah masak. Enggak jago-jago amat, tapi juga enggak bego-bego amat. Cuma ya...emang harus diakui, berhubung jarang ke pasar, maka pengetahuan gue bahan-bahan mentah itu rendah banget. Sampe sekarang gue masih rada gak jelas dengan yang namanya kunyit, lengkoas, laos, jahe, dsb-nya. Apalagi daun-daun-an. Wah...bego lah. Mau daun bayam, kangkung, caisim, kaylan, dsbnya...wah bodoh lah. Kalo bayam dan kangkung sih bisa lah bedain, tapi tetep aja pake nanya untuk memastikan. Daripada salah coba?

Selain itu, kemampuan 'kira-kira' gue itu jelek. Gue enggak bisa mengukur. Kecuali emang ada takarannya. Kalo enggak, ya berabe. Tz dan nyokap suka bilang, gue masak itu untuk satu asrama, karena selalu dalam jumlah besar dan berlebih. Mungkin karena takut kurang jadi malah berlebih :)

Nah, hari ini gue masak. Masak jamur goreng tepung dan bikin bakwan jagung.

Dua menu itu, menu ringan. Dua-duanya diajarin oleh Sufei. Kalo yang jamur pas ketemu, sedangkan bakwan jagung dilakukan melalui YM hahaha.

Dan akhirnya jadi juga dua makan itu!

Jamur goreng tepung

Yang sebelah kiri dan sebelah kanan berbeda. Yang kanan, langsung dilumuri bumbu (tepung Kobe plus 2 putih telor), lalu langsung goreng. Yang kiri, sesudah dilumuri bumbu yang pake putih telor, dibalur lagi sama tepung Kobe-nya, jadi "dibungkus" 2 kali. Gue doyang yang kanan ternyata, karena enggak gitu asin.

Sedangkan yang kedua adalah Bakwan Jagung


Yeay!!! Akhirnya bisa juga bikin hehehehe...sekali lagi, panduan cara masak maupun bahan-bahannya disampaikan melalui YM oleh Sufei hehehehe. Jadi juga ini masakan meskipun diinstruksikan dari Bali :)

Kata Sufei sih gue masaknya lama. Hehehehe iya juga sih. Lama pas di bagian udang. Karena udangnya gue bersihin dulu satu-satu, kotoran di punggunnya gue buang dulu. Sampe capek. Udah gitu, berhubung gue enggak mau ngicip adonannya, alhasil ngicipnya di bakwan yang udah jadi. Gue goreng dulu dikit-dikit, terus diicip. Kalo kurang garam, tambah. Keluhannya dari awal emang kurang rasa sih. Tapi abis itu kemudian berhasil hehehe.

So...berhubung udah bisa bikin bakwan jagung dan itu tepung masih banyak, jagung juga masih ada (cuma udang yang gak ada) mungkin next time gue bakal bikin lagi tuh bakwan. Enaknya pake apa lagi ya isinya?

Puas juga gue masak hari ini :)

Seandainya Sufei tadi ada webcam, or tadi ada laptop yang pake webcam, bakal lebih seru lagi kali ya hahaha...

2 comments:

Sufei-Lie 淑慧 said...

Hahahahahaha akhirnyaaa.... Kudunya loe bkn stepnya.
Btw liat blog Selby's food corner deh kereen jg.huaaah dsini portabello mahaall
Oh ya ini pk ‎​.. Cb ngetes bs gak ‎​​‎​‎​‎​‎​‎​♓έ♓έ:p♓e♓e

Unknown said...

Hehehe...tadinya emang sempet kepikir mau kasih step by step nya....tapi abis itu gue pikir gak lah. Gak brani juga hehehe...ntar aja kalo ada yang nanya hahaha...lumayan lah. Besok bikin lagi ah... :)

Free Delivery on all Books at the Book Depository
Please e-mail me directly if you have any question about things that I wrote in this blog at celotehze@yahoo.com